Mohon tunggu...
Hamdi Alfansuri
Hamdi Alfansuri Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Pemerhati Langit yang ingin terbang! http://hamdi-alfansuri.tumblr.com --- http://alfansuri-alfansuri.blogspot.com --- http://sajakharapan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tentang Traktiran, Rokok dan Tempat Makan

16 Oktober 2014   07:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:49 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Miris sekali, ketika kemarin sabtu saya diajak oleh seorang teman ke sebuah tempat makan yang cukup ternama. Kebetulan teman saya itu sedang berulang tahun sehingga ia mentraktir saya dan tiga orang teman lainnya.

Setelah kami memarkirkan kendaraan, kami pun masuk. Dan saya sedikit terheran dengan pertanyaan seorang pegawai di sana ketika menyambut kami yang baru saja masuk.

"Ingin smoking area atau tidak?"


Tentu kami menolaknya, lalu kami diarahkan ke beberapa kursi kosong yang belum ditempati. Yang muncul di fikiran saya, smoking area? tidakkah salah yang ditanyakan. Bagaimana tidak, kami para pelajar ditawari untuk menempatai smoking area. Tempat dimana pengunjung diperbolehkan merokok.

Apakah saya terlihat seperti ‘anak-anak’ itu? Atau karena menggunakan seragam sekolah kami dikira membolos? Atau entahlah..


Dalam penalaran saya, bukan hanya pelajar. Rasa-rasanya orang dewasa pun, akan sangat enggan untuk merokok di tempat makan seperti yang saya kunjungi kemarin. Ya, karena beberapa hal seperti ruangan yang ber-AC, menjaga tanggapan dari orang lain, dan tidak ingin mengganggu pengunjung lainnya.

Lagipula merokok juga bukan ‘makanan’ pelajar, bukan? Ya, seharusnya memanglah begitu. Walau kenyataannya masih ada juga disana-sini yang diam-diam bahkan juga terang-terangan.

Entahlah saya belum mengerti yang sebenarnya, mengapa tawaran tersebut di tawarkan kepada kami. Mungkin ada beberapa hipotesis yang dapat saya simpulkan.

Pertama, tawaran itu ditawarkan ke semua pengunjung. Agar pegawai tempat makan tersebut dapat mengarahkan tempat duduk bagi pengunjung yang baru datang.

Kedua, mungkin sudah ada beberapa orang pelajar yang meminta tempat duduk di smoking area. Lalu disini berlaku teori labeling. Bahwa sebagian besar pelajar yang mengunjungi tempat itu untuk merokok. Terutama beberapa orang anak laki-laki yang datang bersama-sama. Sehingga setelahnya tawaran itu juga ditanyakan kepada pelajar lain.

Tapi, ini bahaya loh! Karena bisa saja yang pada awalnya mereka tidak berniat merokok, malah ingin merokok karena adanya kesempatan. Dilain hari mereka kembali untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Merokok selagi tidak diawasi orangtua, guru, dan orang-orang yang tentu akan melarang mereka. Saya jadi teringat kata-kata Bang Napi yang dulu ada ditivi itu.

Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena niat pelakunya, tapi juga kesempatan. Waspadalah, waspadalah!


Kita memang benar-benar harus waspada benar akan hal ini. Senyatanya bukan hanya di tempat-tempat seperti itu saja pelajar tidak boleh merokok. Tapi disetiap waktu. Dan bukan hanya pelajar, melainkan kita semua.

Bukankah sudah banyak dibicarakan dan dibahas di media tentang bahaya merokok? Segala bentuk ancaman dan akibat dari merokok. Bahkan sudah termasuk pula dalam materi sekolah jikalau saya tidak salah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun