Assalamualaikum wr.wb
Gimana kawan-kawan menjalankan ibadahnya termasuk puasa ramadhan ? Semoga kita diberi perlindungan oleh Allah SWT termasuk menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya amiin. Baiklah ayo kita ketahui apakah filsafat pendidikan progresivisme itu? Berikut panjelasannya.
A. Pengertian filsafat pendidikan progresivisme
Berbicara tentang progresivisme tentunya ini termasuk aliran filsafat yang berpendapat sesuatu yang benar pada masa sekarang ( kini ) kemungkinan besar tidak akan benar pada masa akan mendatang ( masa depan ).
Jadi aliran filsafat ini berpicu dengan qada' dan qadar Allah, apa-apa yang benar menurut manusia tentunya tidak akan terjadi jika allah tidak menghendakinya, manusia hanya bisa berusaha tetapi penentuan terbaik udah tercatat di skenario Allah yang disebut lauhil mahfudz ( manusia berusaha dan allah yang menentukan yang terbaik ).
Baca juga : Memaknai Filsafat Pendidikan pada Aliran Filsafat Progresivisme untuk Menuju ke Arah Positif
Berhubungan dengan pendidikan aliran progresivisme ini kurang menyetujui tentang adanya pendidikan yang bercorak otoriter padahal aliran ini termasuk pendidikan otoriter baik yang timbul pada masa kini maupun yang timbul pada masa akan datang.
Progresivisme lahir pada sekitaran abad ke 20 merupakan filsafat yang bersumber dari aliran filsafat pragmatisme yang diperkenalkan oleh john dewey dan william james.
B. Tokoh-tokoh filsafat progresivisme
Ada beberapa tokoh-tokoh filsafat pendidikan progresivisme yang terkenal dan termasuk rintisan dari cabang filsafat sebelumnya yang sudah kita pelajari, tokoh-tokoh tersebut mari kita ketahui dibawah ini:
Baca juga : Pendapat Progresivisme dalam Pendidikan
1. John dewey
Tokoh aliran filsafat progresivisme yang bernama john dewey ini merupakan tokoh yang terkenal dan sangat populer baik dari segi filsafat maupun dari segi sosial.
Pendapat john dewey tentang progresivisme adalah ia menekankan pada anak didik dan minatnya dari pada mata pelajarannya sendiri. Ia menerangkan pada bukunya adalah bahwa pendidikan itu adalah proses kehidupan bukan persiapan pada masa yang akan datang.
2. William james
Tokoh filosof terkenal yang berasal dari amerika ini mengemukakan pendapatnya tentang aliran filsafat progresivisme bahwa dia berkeyakinan otak dan fikiran harus mempunyai fungsi biologis dan nilai kegunaan hidup maka, dia menegaskan bahwa fungsi otak dan fikiran itu dipelajari sebagian dari mata pelajaran pokok di bidang ilmu pengetahuan alam.
3. Hans vaihinger
Tokoh progresivisme ini berpendapat bahwasanya tahu atau mengetahui itu hanya mempunyai arti praktis. Persesuaian dengan objeknya tidak mungkin di buktikan satu-satunya ukuran berfikir itulah gunanya.
4. Georges santayana
Georges santayana ini dilibatkan dalam aliran pragmatisme. Tokoh filosof progresivisme ini sangat sulit untuk membagi hasil pemikirannya, dikarrnakan banyak pengaruh betentangan terhadap apa yang dialaminya.
Sekian dari saya mohon maaf apabila ada tulisan yang kurang difahami mohon dimaafkan kita sama-sama manusia yang berproses belajar untuk menjadi baik. Kritik dan sarannya akan sangat bermanfaat bagi saya sekiian terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI