Mohon tunggu...
Alfa nawafilly
Alfa nawafilly Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa tadris IPS 2 IAIN Jember

سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran-aliran Filsafat Pendidikan dan Tokoh-tokohnya

24 Maret 2020   19:39 Diperbarui: 15 Juni 2021   15:02 1859
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal Aliran-aliran Filsafat Pendidikan dan Tokoh-tokohnya (unsplash/freestocks)

Aliran-aliran filsafat pendidikan yaitu ada 5 diantaranya:

1. Aliran idealisme

Aliran idealisme merupakan aliran filsafat tertua yang di cetus oleh plato, berawal dari pemikiran plato tentang kebenaran empiris menekankan moral dan realitas spiritual.

2. Aliran prenealisme

Aliran ini merupakan segala sesuatu yang ada sepanjang sejarah seperti sejarah tersendiri yang bersifat abadi dengan memegang norma.

Baca juga : Hubungan Ontologi dan Filsafat Pendidikan

3. Aliran esensialisme 

Aliran ini didasari oleh pemikiran plato dan aristoteles yang menginginkan manusia manusia kembali ke kebudayaannya yang lama.

4. Aliran progresifisme

Aliran progresifisme adalah suatu aliran yang menekankan bahwa pendidikan bukan hanya sekedar pengetahuan pada peserta didik melainkan juga dengan diadakannya praktek belajar seperti penelitian.

5. Aliran progmatisme

Aliran progmatisme merupakan suatu aliran modern yang mengajarkan bahwa yang benar apa yang membuktikan dirinya sebagai kebenaran yang bermanfaat secara praktis.

Baca juga : Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Filsafat Pendidikan

Tokoh-tokoh pelopor filsafat pendidikan yaitu 5 diantaranya sebagai berikut:

1. Plato

Plato mengembangkan filsafat pendidikan dengan cara membuka sekolah khusus pendidikan filsafat.

2. Aristoteles

Aristoteles mengembangkan filsafat pendidikan melalui riset pendidikan dalam artian penelitian pendidikan.

3. Ibnu khaldun

Ibnu khaldun menyatakan ilmu pengetahuan merupakan kemampuan manusia untuk membuat analisis sebagai hasil dari proses berfikir.

Baca juga : Pendidikan: Filsafat dan Radikalisme

4. Mohammad iqbal

Mohammad iqbal mengatakan pendidikan ideal adalah pendidikan yang mampu memadukan aspek dunia dan akhirat.

5. Ahmad dahlan

Ahmad dahlan berpendapat pendidikan bertujuan pada 3 hal yaitu baik budi, luas pandangan, dan bersedia berjuang untuk masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun