Sebelum memulai suatu usaha pertama-tama harus menyusun strategi yang matang untuk kemudian memulai usaha yang ingin anda bangun. Dengan adanya kerangka rencana atau strategi usaha tersebut tentu akan membuat tujuan bisnis anda lebih terarah dan anda lebih mudah mengawasi jalannya bisnis atau usaha yang anda buat.
Dengan strategi yang nada susun tersebut, anda bisa melihat mana langkah yang sesuai dan tidak sesuai dengan tujuan anda dan anda bisa menentukan langkah apa yang akan anda ambil selanjutnya.
Mengapa perencanaan atau penyususunan strategi di awal sangat penting bagi sebuah perusahaan?
Rencana bisnis akan membuat anda lebih fokus  dan terarah dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, tujuan anda merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang ditetapkan. Bisnis anda dapat berkembang dengan baik, dan mampu memberikan prediksi yang akan terjadi kedepan yang dialami oleh perusahaan tersebut.
Karakteristik dari Rencana bisnis yang baik
Rencana yang baik adalah rencana yang dapat diimplementasikan. Rencana yang realistis dan sesuai dengan target akan bermanfaat bagi kesiapan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda ingin mempromosikan produk Anda di desa-desa terpencil, Anda harus meneliti kehidupan masyarakat disana dan menemukan strategi bisnis yang sesuai.
Anda tidak mungkin menggunakan internet ebagai sarana promosi Anda, bukan? Sebaliknya, Anda akan menggunakan media yang lebih umum digunakan masyarakat pedesaan. Bahkan Anda mungkin akan pergi dan mengadakan demo produk di desa-desa terpencil.
Dalam membuat perencanaan, Anda harus menetapkan tugas-tugas, deadline, prediksi, anggaran, dan indikator. Hal-hal tersebut merupakan alat pengukur kesuksesan rencana bisnis Anda. Rencana Anda harus dapat mendeskripsikan dengan jelas setiap hal tersebut.
Contohnya saat Anda ingin menjual produk kecantikan, Anda harus mendefiniskan dengan jelas tanggung jawab setiap orang dan tugas yang dilakukan (seperti manager, sales, marketing, research, dll), membuat kalendarisasi untuk perusahaan (kapan produk selesai, launching produk distribusi produk, dll), menentukan indikator kesuksesan rencana yang dijalankan (misalnya melalui jumlah produk yang dibeli, jumlah subscriber website, dll), serta anggaran total yang dibutuhkan untuk keseluruhan rencana.
Rencana bisnis yang baik harus dapat dimengerti oleh seluruh anggota dalam tim. Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk membangun tim yang solid. Anda dapat membuat rencana yang kreatif, tapi belum tentu rencana Anda dapat dimengerti oleh tim. Jika pegawai atau tim tidak mengerti, bagaimana mereka dapat menjalankan rencana Anda?
Membuat rencana yang komunikatif sangat penting bagi pelaksanaan bisnis Anda. Ingatlah bahwa rencana Anda hanya dapat dimengerti oleh tim saja. Buatlah poin-poin rahasia yang hanya dapat dimengerti oleh anggota tim. Dengan demikian, Anda dapat mengkomunikasikan rencana Anda dengan tetap menjaga kerahasiaannya.
Fleksibel
Rencana bisnis yang baik harus bersifat fleksibel, dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Dengan demikian, usaha Anda dapat terus berkembang dan bisnis Anda dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H