Mohon tunggu...
Alexander Ferdi
Alexander Ferdi Mohon Tunggu... Tutor - Tutor

Hai

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Teknik Storytelling, Teknik Marketing "Berbahaya"

8 November 2023   08:05 Diperbarui: 11 November 2023   12:00 948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: pemasaran secara online. (Sumber: PIXABAY/MUNEEBFARMAN via kompas.com)

Teknik marketing yang dimaksud ini cuma satu dan mungkin teman-teman paham dengan teknik ini.

Seorang pengusaha harus sejauh mana menjadi atau belajar storytelling ini untuk memasarkan produknya? Kadang pengusaha tidak melek akan problem statement, sejauh mana kira-kira cara membangun bisnis yang memang melekat pada storytellingnya.

Sekarang eranya bukan lagi seperti zaman dulu, kini U-S-P'nya sudah berubah, unique selling proposition menjadi unique story proposition. Contoh? 

Parfum Humans bisa dikatakan sudah menggunakan teknik eranya storytelling. Jadi gara-gara serba AI, serba penawarannya banyak, kalau produk kalian adalah tidak ada ceritanya, kayaknya valuenya tidak naik.

Sehingga   akan kecemplung di kubangan perang harga, lagi panasnya tiktok saat ini, yang bagus malah kalau kita lihat mereka teriak-teriak di tanah abang atau apapun itu pas di cek cara jualannya juga seperti masih zaman dulu.

Kenapa storytelling itu harus melekat pada si brand owner?

Storytelling itu luas dari ranah bisnis harus distorytellingkan, bahkan dari ranah documenter kalau di storytelling kuat mereka bisa giring kanan atau ke kiri.  

Documenter storytelling yang dimaksud, kita ambil satu saja sebuah kasus yang sempat rame "es dingin". Hal ini merukapan sesuatu yang dapat dikatakan (bukan sisi negative, mau konspirasi atau lainnya) gara-gara dulu ada sebuah putusan tahun 2016 bahwa mba J pembunuhnya.

Nah, kita gampang banget percaya, 'oiye bener ye muka begini begitu' , 'ohya begini begitu blabla', Cuma selama si J ini 7 tahun di penjara akhirnya muncul sebuah documenter (dar der dor). 

Bisa-bisanya berubah serentak (daaar~), ternyata bukan 'doi' , kalau dari documenter yang didapat ternyata benar condongnya (bukan condong catur) kesini kesana dll.

Bahkan asuransi biar cari 6x miliar dan lain sebagainya. Gimana? Bahaya tidak storytelling ini? Oke~ seakan-akan ceritanya begini-begini, tiba-tiba berubah. 

Pas shot kamera ke mba J 'edun bengis pisan mukanya, masih bisa senyum-senyum', nah, senyum aja bisa dipermasalahkan (pembawaan tahun 2016).

Sekarang? Gara-gara documenter storytellingnya dahsyat, seakan-akan kurang lebih 180% pindah (der), ternyata bukan doi. Kalau teknik ini dipakai kedalam bisnis sepertinya asik juga (dalam artian positif ye).

Ilustrasi: Pribadi
Ilustrasi: Pribadi

Mereka (netplik) jago dalam menggiring opini, documenternya itu memang suka-suka produsernya aja mau kemana sebenernya. Mereka menyampaikan apa yang mereka mau. Suatu hal positif, storyteller akhirnya membuka kasus ini Kembali, mungkin bisalah netplik buka kasus-kasus yang dulu. 

Kalau mereka bikin lagi pasti seru, ada pakar-pakar yang ngobrol lagi soal kasus terdahulu. Coba bayangkan keadilan datang dari tayangan netplik.

Kalau dimasukin ke ranah bisnis atau mungkin storytelling di sebuah ngejelasin suatu produk, apakah ada rumus-rumus tertentu yang dipelajarin? 

Oke kita ambil dari seorang Youtuber storyteller, dia di awal pasti akan menceritakan kronologisnya terlebih dahulu untuk mendekatkan suatu cerita dengan audiens agar tau background sebuah kasus dan ditengah-tengah dia akan kasih opininya.

Pertanyaannya kenapa gak dibalik saja? Karena kita sebagai audiens paham dulu mengenai permasalahannya (bisa dibilang objektif dulu baru subjektif). 

Kalau dilihat dari retention pasti audiens sekitar 50% atau 60% , semisal kalau opini terlebih dahulu, audiens kagak tau rumusan masalahnya seperti apa.

Mengenai storytelling, apakah memang harus tentang sejarah atau boleh yang lainnya? Tentu saja boleh, storytelling sekarang formatnya semakin pendek, kalian tinggal ngomong berapa menit, selesai. Kalau bahas storyteller apapun sekarang udah bisa, banyak perusahaan dengan marketing  storyteller brandingnya.

Apakah ada hubungannya dengan pergeseran perilaku atau customer behaviour? Contoh? Era dulu bisa dikatakan masih wajar atau masih mau konsumen disuruh baca, missal jualan buku, okelah masih dibaca atau keterangan lebih lanjut klik link ini atau iklan-iklan dikoran masih mau dibaca.

Era saat ini bisa dikatakan banyak pemalas, orang-orang cenderung jadi seperti maunya dilayanin, bikin video-video cepet, pendek, storytelling yang satset ga fafifu, pokoknya hadir dimuka kita, oke, swipe,swipe check out, kayak tiktok shop kagak mau dimentalin ke klik link dulu di bio dll.

Teknik jaman sekarang sangat kepake, maksudnya giniz kalau iklan jaman dulu sama saat ini bikin konten-konten promosi jaman dulu dan saat ini, sepetinya sekarang lebih effort karena yang dilayani dan hadapi adalah orang-orang yang manja.

Haruskah semua produk di-storytelling-kan?

Oke, kalau ngomongin game-game  dengan tema cyberpunk, nanti 90% majority dari apa yang kita lihat diluar tu adalah iklan. Kita harus mengkonsumsi lebih banyak konten iklan atau konten dalam waktu yang lebih singkat. Contoh? Tokyo atau Hongkon yang bisa kita lihat hampir semua brand dijalanan.

Kenapa bisa seperti itu? Karena kapitalis, maksdunya sekarang kita disuruh menikmati short content tanpa ada konklusi, kita bisa menyimpulkan diri sendiri tanpa ada riset yang lebih Panjang, apa tujuan kalau bukan kita lebih cepat mengkonsumsi.

Kalau kalian baca trackback, child labor itu nyata, kita ngomongin slavery-nya ada. bahkan kalau mengacu pada brand-brand besarpun banyak yang pada akhirnya pake produksi di China karena biaya labornya murah banget.  Gimana caranya kita bersaing kalau pabrik kita disini buat pekerjanya aman, ketimbang disana.

Membunuh UMKM? Aing percaya bahwa memang akhirnya Teknik marketing yang menang. Walaupun memang duit sebagai salah satu point. 

Ada artis jualan laptop, sebagai penikmat reviewer hardware dan game, melihat artis jualan laptop 'ya ini layarnya terang' kalau ga terang ya novel. Beli laptop bukan sekedar buka nyala, laptopnya terang.

Iklan judi pun sekarang storytelling, sekuat itu storytelling. Karena sekarang kan kita tidak mau cari ceritanya sendiri, maunya diceritain. 

Gara-gara ada pergeseran behavior sekarang generasinya seba teknologi kenceng (was wes wos), penawarannya banyak terus gadget dimana-mana, sehingga kita jadi seperti termalaskan.

Kalau waktu jaman dulu ada brand ngiklan, kita nelaah banget 'ni brand apaan', kalau sekarang penawarang (bang), ada yang kasih subsidi (dar der dor) gila-gilaan (untung ga sampe gila beneran). Artis pake, teman-teman pake, kita kagak tau brandnya apa udah maen sikat ae, belom lagi kalian kena goreng.   

 Ada tidak penghambat storytelling? Contoh? Kalian melihat satu storyteller tapi ternyata 'ah ini kagak bakal kena nih gayanya'. Maksudnya kita berangkat dari hambatannya, jadi kalian bisa tau bahwa melakukan storytelling do and doesnya, apa yang harus dilakukan dan jangan.

Kalau jangan, kalau macam ini kagak kena nih, mungkin kalian punya kebutuhan untuk jualan produk, kebutuhan nge-live tiktok, dll. Teman-teman bayangin yang live tiktok kalau mau berhasil itu yang rata-rata memiliki storytelling yang kuat. 

 Oke, storytelling itu juga harus sesuaiin market, storytellingnya tiktok kagak berlaku untuk audiens tertentu. Intinya storytelling, kalian harus menguasai materinya. 

Kesalahnnya adalah banyak yang mencoba storytelling itu bukan karena kemampuannya diawal, tapi karena memang melihat bahwa pasar storytelling itu lagi rame, padahal kemampuannya kagak disitu.

Selalu percaya bahwa kita tidak bisa menyuruh semua orang bisa jadi seperti orang lain, jadi kurang setuju dengan 'ah masa dia bisa aing kagak'. Nah, sebenarnya tidak terlalu percaya akan hal itu, karena everyone born with specialitynya masing-masing.

Jadi dibanding ikut-ikut seminar yang mempertajam sesuatu yang sebenarnya tidak kita punya. Lebih baik kita cari bakat yang benar-benar ada dan silakan tajamkan itu di workshop yang jelas. 

Makanya  tidak salah banyak yang bilang seminar workshop itu b*llsh*t, mereka keluar kagak dapet apa-apa, ya karena mungkin bukan spesialisasinya mereka.

Because people wanna hear people story. 

Story lawan story, sekarang hantamnya itu bukan lagi ngurusin harganya, maksudnya bukan lagi kecemplung di kubangan perang harga, sekarang lebih ke cerita lawan cerita. Seperti jaman dulu cola dan pepsi, apple dan Samsung. Kenapa UMKM masih asik tutup Lazada Shopee (mungkin mau balik ke jaman batu). 

Tiktok shop ditutup masih ada setujunya, kenapa? Karena saingannya jadi kagak fair, mungkin kalau Instagram bikin IG shop dengan cara main seperti itu, mungkin Instagram bisa naik juga dan cara mainnya kagak sehat, karena harganya kagak masuk akal (murahnya kebangetan, tapi asik).

Teknik marketing buikin FOMO, anak muda sekarang FOMO, maksudnya dengan banyak yang beli segala macam pasti ikut beli, walaupun kita kagak butuh barangnya. 

Nah, cara mainnya itu yang kagak disuka aja, karena mereka ngancurin MSRP, daya saingnya terus tiktok ini sosmed dan juga bisa berjualan.

Terima kasih telah membaca storytelling ini~~~

Bye~~~

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun