Mohon tunggu...
Alek Kurniawan
Alek Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Seorang penulis yang bercita-cita menapakkan kaki di lima benua.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Wajib Ada, 5 Teknologi untuk Hotel di Masa Pandemi!

15 Desember 2020   08:05 Diperbarui: 15 Desember 2020   08:06 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pada masa pandemi, hotel harus menerapkan beberapa teknologi untuk memastikan kebersihan lingkungannya. (Foto: iStockPhoto)

Dunia pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang terdampak pandemi Covid-19. Berwisata pada masa pandemi atau pascapandemi pun kini tak lagi sama seperti sebelumnya. Protokol kesehatan menjadi hal vital dan wajib dijalankan oleh semua pelaku wisata, mulai dari awal kedatangan di hotel sampai kembali ke kota atau negaranya masing-masing.

Pada saat kedatangan di hotel, wisatawan akan disambut dengan protokol pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan terhadap barang yang dibawa. Fasilitas umum dan kamar hotel juga harus selalu dipastikan kebersihannya karena yang menjadi prioritas adalah kesehatan dan kenyamanan tamu.

Untuk mewujudkan protokol kesehatan yang lebih ketat, pengelola hotel bisa memanfaatkan keberadaan teknologi. Beberapa waktu lalu, tim dari Schneider Electric secara aktif mengembangkan dan menerapkan berbagai solusi teknologi hotel untuk membantu memastikan masa inap tamu lebih sehat, aman, dan nyaman. Berikut ulasannya.

1. Pengendalian kualitas udara dalam ruangan

Kualitas udara adalah ukuran keselamatan utama. Pemantauan dan kontrol kualitas udara di lingkungan hotel yang tepat dengan sistem terintegrasi dapat membantu mengurangi risiko kesehatan, menjaga kenyamanan optimal, dan memberikan ketenangan pikiran bagi para tamu.

Dengan menggunakan solusi ini, operator hotel dapat memastikan tingkat kelembapan yang optimal, memastikan sirkulasi udara yang memadai, memantau tingkat karbon dioksida dan memastikan pembersihan yang memadai melalui pemantauan senyawa volatile organic compound (VOC).

2. Kontrol kualitas udara ruang tamu

Pada tingkat tamu individu, kualitas dan kontrol udara di dalam kamar memberikan lapisan perlindungan lain. Pengelola hotel harus senantiasa mengecek sistem heating, ventilation, dan air conditioning (HVAC) untuk membantu mengidentifikasi potensi risiko adanya virus.

Berdasarkan analisis tim Schneider Electric, operator hotel bisa menyesuaikan tingkat kelembapan yang bisa membatasi masa hidup virus atau meningkatkan penyaringan udara standar high-efficiency particulate air (HEPA) dan mengeset tingkat minimum efficiency reporting value (MERV) filter udara ke angka 12 atau lebih tinggi.

3. Pencahayaan ultraviolet (UV)

Pencahayaan UV adalah disinfektan untuk menghilangkan segala jenis jamur, bakteri, dan virus dari permukaan serta udara. Hotel bisa menggunakan ultraviolet germicidal irradiation (UVGI).

Selain itu, hotel juga bisa menggunakan pencahayaan UV portabel untuk melengkapi pembersihan rutin di area dengan lalu lintas tinggi. Solusi terintegrasi pun dapat dihubungkan ke sistem manajemen gedung sehingga seluruh ruangan dapat dibersihkan dari jarak jauh dengan hanya menekan satu tombol.

4. Aplikasi seluler dan cloud

Connected room solution merupakan teknologi dari Schneider Electric yang menawarkan kontrol otomatis yang dapat digunakan operator hotel untuk merancang pengaturan lampu, tirai, dan suhu berdasarkan waktu atau jumlah penghuni di dalam kamar.

Jika hotel memiliki aplikasi tertentu, hotel pun bisa memberikan tamu pengalaman terintegrasi yang memungkinkan mereka menggunakan perangkat seluler untuk check-in dan check-out, memesan layanan kamar, serta fitur ruang kontrol seperti pintu, penerangan, tirai, TV, dan sebagainya lewat aplikasi. Untuk menggunakan teknologi ini, pengelola hotel pun bisa memanfaatkan teknologi Schneider Electric’s Smart Connector dengan interface terpusat untuk aplikasi seluler dan integrasi berbasis cloud.

5. Kontrol suara

Kontrol suara akan memungkinkan aktivitas tanpa sentuhan. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan tamu. Solusi ini dapat digunakan untuk mengelola fitur dalam kamar, memesan layanan kamar, menjadwalkan pembenahan kamar, dan berbagai aktivitas lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun