Mohon tunggu...
Alejandra Steven
Alejandra Steven Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Berbicara lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money

Ini 5 Strategi Marketing Terbaik bagi Perusahaan Startup, Salah Satunya Jadi Viral!

3 April 2020   08:35 Diperbarui: 3 April 2020   08:36 2594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti apa sih, strategi marketing terbaik untuk memasarkan produk dan jasa startup?

Pemasaran saat ini telah berubah dengan sangat cepat. Bahkan perubahannya telah sangat jauh dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan dengan 50 tahun sebelumnya. Lalu strategi marketing seperti apa yang harus dilakukan para pemilik startup agar mampu bertahan dan bersaing di pasar?

5 Strategi Terbaik untuk Pemasaran Startup

Sebagian besar perusahaan startup saat ini mengadopsi metode pemasaran digital. Namun tak melulu strategi yang dilakukan melalui pasar digital dapat berjalan dengan baik dan efektif. Beberapa bahkan tak mendekati keberhasilan sedikitpun. Berikut ini 5 strategi terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan perusahaan startup. 

1. Pemasaran Melalui Media Sosial

Media sosial telah menjadi alat pemasaran terkuat saat ini. Kamu bahkan dapat menjangkau pasar yang sebelumnya tidak kamu targetkan. Hampir 90% pemasar mengatakan bahwa media sosial sangat penting bagi perkembangan bisnis. Dan 89% pemasar mengindikasikan bahwa mereka mendapatkan eksposur untuk perusahaan dari inisiatif di media sosial.

Keuntungan memasarkan bisnis di media sosial:

  • Meningkatkan traffic dan eksposur perusahaan.

  • Membangun komunitas dari pelanggan yang setia

  • Membentuk pemikiran

  • Meningkatkan penjualan

  • Meningkatkan peringkat di pencarian dan mendatangkan prospek

2. SEO (Search Engine Optimization)

Pertama kamu telah membangun sebuah website perusahaan dengan sangat baik, mulai dari tampilan yang didesain sedemikian rupa menariknya, menyediakan halaman khusus untuk setiap layanan yang ditawarkan, lalu kamu pikir pengunjung akan datang begitu saja?

Website bisnismu bersaing dengan ratusan bahkan mungkin ribuan situs dari bisnis serupa dan target pasar yang sama. Temukan bagaimana caranya bisnis berada di peringkat teratas ketika pelanggan mencari dengan kata kunci yang relevan? Disinilah peran SEO dibutuhkan.

3. Influencer Marketing

Tren pemasaran dengan memanfaatkan pengaruh dari seorang tokoh di media sosial menjadi semakin meningkat. 84% pemasar diharapkan untuk meluncurkan kampanye iklan dengan melibatkan influencer setidaknya selama satu tahun.

Dalam sebuah survei yang dilakukan kepada pemasar, 94% diantaranya percaya bahwa influencer marketing bekerja dengan sangat efektif. Influencer merupakan alat pemasaran yang sangat efektif bagi startup untuk mengembangkan bisnis dan produk mereka.

Alasan mengapa influencer marketing patut diadopsi oleh startup:

  • Sebagian besar pelanggan sudah sulit dijangkau melalui pemasaran tradisional
  • Biayanya lebih murah daripada pemasaran tradisional
  • Pemasaran influencer mudah diterapkan
  • Membangun kepercayaan merek yang tinggi
  • Pelanggan akan terlibat dengan merek karena keaslian yang ditawarkan influencer

4. Konten Marketing

Konten marketing menjadi aspek terpenting dalam strategi marketing bisnis saat ini. 90% dari perusahaan B2C sangat berkomitmen dengan konten marketing. Dan lebih dari 80% pemasar sepakat bahwa konten marketing merupakan bagian penting dari strategi pemasaran.

Keuntungan mengadopsi konten marketing:

  • Meningkatkan visibilitas merek

  • Menguatkan hubungan antara bisinis dan pelanggan

  • Membangun kredibilitas dan otoritas

  • Meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek

5. Viral Marketing

Sebagai sebuah perusahaan startup, lebih baik kamu membuat massa yang kuat dengan menciptakan sebuah viral di internet. Menciptakan sebuah konten yang viral di internet akan membuat bisnis sukses bahkan dalam waktu semalam.

Terlebih lagi viral marketing merupakan hasil dari upaya gabungan dari teknik-teknik yang sebelumnya sudah dibahas. Lalu, bagaimana caranya menjadi viral?

Sederhananya, ciptakan sesuatu yang unik, lucu, menarik perhatian, dan menunjukkan banyak manfaat dari produk tersebut. Manfaatkan kekuatan media sosial untuk menciptakan konten viral.

Nah, dari kelima strategi marketing di atas, jika kamu dapat melakukannya dengan baik dan tepat, maka kesuksesan bisnis sudah pasti didapat. Tidak perlu terburu-buru, pikirkan dengan matang taktik dan teknik yang akan digunakan untuk melancarkan strategi pemasaran bisnis kamu.

Referensi: https://halojasa.com/ 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun