Mohon tunggu...
Aldy Santo Hegiarto
Aldy Santo Hegiarto Mohon Tunggu... Dosen - Lecture and Enterpreneur

Hobi yang saya tekuni adalah mengajar, menulis dan membaca saya adalah orang yg fleksibel dan mudah bergaul dan berkomunikasi dengan banyak orang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian

24 April 2024   02:05 Diperbarui: 24 April 2024   06:40 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

**STUDI LITERATUR PENELITIAN EKSTRAK BAB II

Pengaruh Marketing Mix TerhadapKeputusan Pembelian

Marketing Mix 8P

Menurut Kotler dan Amstrong (2021), marketing mix merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasarannya.  Marketing mix juga bermakna sebagai faktor-faktor yang digunakan, dikendalikan dan dikuasai oleh marketing manager (controllable factors) yang nantinya akan memengaruhi jumlah permintaan.

Menurut Lupiyoadi, (dalam Dyaloka, Vol 3 No.1-2020 hal 1-13) jenis-jenis marketing mix  terdiri variabel berikut:

  • Product (Produk)

Menurut Kotler dan Armstrong (2021), product (produk) merupakan segala sesuatu yang ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.  Kotler dan Armstrong (2021), mengemukakan bahwa klasifikasi produk berdasarkan berwujud atau tidaknya, yaitu barang dan jasa. Dilihat dari perspektif dan ketahanannya, terdapat dua jenis barang, yaitu barang tidak tahan lama, dan barang tahan lama. Selain dari segi daya tahannya, product (produk) juga dikelompokkan berdasarkan target konsumennya dan tujuan penggunaannya, parameter pada suatu produk terdiri dari kualitas atau keunggulan produk, variasi atau jenis produk yang ditawarkan dan desain produk

  • Price (Harga)

Menurut Kotler dan Keller (2021), price (harga) merupakan satu komponen dalam marketing mix yang menghasilkan pendapatan, sementara elemen lainnya mengakibatkan biaya.Menurut Fandy Tjiptono (2019) terdapat dua faktor umum yang perlu diperhatikan dalam proses penetapan harga, yaitu:

  • Aspek internal perusahaan, mencakup tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran, dan biaya produksi.
  • Aspek eksternal perusahaan, yang melibatkan karakteristik pasar dan permintaan, tingkat persaingan, kebijakan, serta regulasi pemerintah.

Adapun kebijakan penetapan harga melibatkan beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menetapkan sasaran untuk pengembalian investasi atau tingkat penjualan bersih.
  • Maksimalkan keuntungan untuk mencapai hasil finansial optimal.
  • Gunakan harga sebagai alat persaingan.
  • Terapkan strategi harga yang seimbang.
  • Gunakan harga sebagai faktor penentu untuk memproyeksikan kenaikan atau penurunan penjualan produk.
  • Place (Tempat)

Menurut Kotler (2021), place merujuk pada kegiatan-kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran. Tempat ini mencakup lokasi fisik perusahaan, saluran distribusi, stok barang, dan sistem transportasi. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi, sesuai dengan pandangan Kotler (2021), yakni aksesibilitas, visibilitas dan  ketersediaan sarana parkir yang luas.

  • Promotion (Promosi)

Menurut Kotler dan Armstrong (2021), promotion (promosi) adalah kegiatan yang bertujuan mengomunikasikan manfaat produk dan membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian. Menurut Ginting, (dalam Vania dkk, 2019 hal 882) mendefinisikan promotion (promosi) sebagai bentuk komunikasi pemasaran dan kegiatan yang bertujuan menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran mengenai perusahaan dan produknya.

  • People (Orang) 

Menurut Kotler dan Keller (2021), people merupakan individu yang menyangkut interaksi antara konsumen dengan para pegawai yang berada di perusahaan. Keberhasilan pemasaran hanya akan sebaik kualitas individu di dalam organisasi. Komponen-komponen dari "people" ini mencakup karyawan perusahaan serta konsumen. Setiap individu berperan sebagai pemasar paruh waktu, di mana tindakan dan perilakunya memiliki dampak langsung terhadap respons yang diterima oleh konsumen.

  • Process (Proses) 

Menurut Kotler dan Keller (2021), process (proses) melibatkan seluruh kreativitas, disiplin, dan struktur yang diterapkan dalam manajemen pemasaran. Proses dapat diidentifikasi melalui dua dimensi, yaitu kompleksitas, yang terkait dengan langkah-langkah dan tahap dalam proses. divergensi, yang berhubungan dengan adanya perubahan dalam langkah atau tahap proses.

  • Packaging (Kemasan)

Menurut Kotler dan Amstrong (2021), packaging atau kemasan merupakan aktivitas proses kemasan melibatkan desain dan produksi. Fungsi utama dari kemasan adalah melindungi produk sehingga kualitasnya tetap terjaga. Sementara itu, pendapat Fandy Tjiptono (2019) menyatakan bahwa pengemasan (packaging) merupakan proses yang terkait dengan perancangan dan pembuatan wadah atau pembungkus untuk produk tertentu.

  • Physical evidence (Bukti Fisik)

Menurut Fandy Tjiptono (2019), sarana fisik mencakup elemen-elemen yang memiliki dampak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli dan menggunakan layanan produk yang ditawarkan. Komponen fasilitas fisik melibatkan aspek lingkungan fisik, termasuk bangunan fisik, peralatan, logo, warna, dan unsur-unsur lain yang digabungkan dengan layanan yang diberikan, seperti tiket, penutup, label, dan sebagainya.

Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian menurut Kotler dan Keller (2021) merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk membeli suatu barang atau   dalam rangka mencapai kepuasan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Menurut Peter dan Olson, (dalam Syaiful, Mujito, 2021), proses keputusan pembelian konsumen terdiri dari beberapa langkah, antara lain: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

  • Pengenalan Masalah

Pada tahap ini, pembeli menyadari kebutuhan yang dipicu oleh rangsangan internal dan eksternal, dengan perbedaan antara status hubungan yang diinginkan dan yang sebenarnya menjadi dorongan utama.

  • Pencarian Informasi

Pembeli mencari informasi relevan dari lingkungan luar untuk memecahkan masalah atau mengaktifkan pengetahuan dan ingatan. Jika produk yang memuaskan tersedia dan konsumen termotivasi, kemungkinan pembelian besar. Sebaliknya, jika tidak, konsumen dapat menyimpan kebutuhan tersebut dalam ingatannya atau mencari informasi terkait.

  • Evaluasi Alternatif 

Pada tahap ini, konsumen mengevaluasi alternatif dengan mempertimbangkan kepercayaan utama mereka terhadap konsekuensi yang relevan, memahami bagaimana konsumen memproses informasi untuk membuat pilihan merek.

  • Pembelian 

Proses pengambilan keputusan untuk membeli alternatif yang dipilih menentukan apakah konsumen akan membeli atau tidak. Faktor lain seperti pandangan orang lain dan situasi yang tidak terduga juga dapat memengaruhi keputusan pembelian.

  • Perilaku Pasca Pembelian

Setelah membeli konsumen mengevaluasi kembali alternatif yang dipilih berdasarkan kinerja yang di hasilkan dan mengambil tindakan selanjutnya berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan setelah pembelian

           *** Penulis : Apriyani Regina Putri, Mahasiswa Universitas Teknologi Digital ( Digitech University).

                                                                                DAFTAR PUSTAKA

Armansyah. (2023). Strategi Pemasaran (A. T. Putranto, Ed.). Widina Media Utama .

Charviandi, A., Noviany, H., Suhartini, Y., Wijaya, A., Muhamad, & Abdullah, M. A. (2023). Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing) (Fachrurazi & I Ketut Edy Mulyana, Ed.; Pertama). Eureka Media Aksara.

Dherwahni P, L., Zamhari, & Oktalina, G. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Tb. Mitra Agung Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Jpmb), Stie-Ibek, 6(2), 129–140.

Fadilah, M. Y. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Pada Neighborhoods ID. Universitas Islam Negeri Muhammad Malik Ibrahim.

Gus Hidayat, C. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Beras Di Kios Beras Do’a Ibu. Universitas Nadhlatul Ulama Al-Ghazali.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Pertama). Unitomo Press.

Izzaty, W., & Imsar. (2022). Pengaruh Marketing Mix (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Halal Network International (Studi Kasus Masyarakat Desa Harapan Makmur Selatan). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi , 9(3), 1561–1576.

Khotimah, K. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Economics And Digital Business Review, 4(1), 237–252.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021a). Dasar-Dasar Pemasaran (A. Sindoro & B. Molan, Ed.; Jilid 1). Penerbit Prenhalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021b). Principles Of Marketing (8th Ed.). Pearson Education.

Pratama, Y., Fachrurazi, Sani, I., Abdullah, M. A. F., Noviany, H., Narulita, S., Hapsara, O., Zulkarnain, I., Fermayani, R., Rasita Sembiring, R. S., Abdurohim, & Islam, D. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran (Analisis Dan Strategi Di Era Digital) Penerbit (M. Silalahi, Ed.; Pertama). Eureka Media Aksara.

Senggetang, V., Mandey, S. L., Moniharapon, S. (2019). The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing. Jurnal Emba, 7(1), 881–890.

Silvya, S., Mandey, L., Tumbuan, W. J. F., & Maramis, B. (2022). Sejarah Pemasaran Dan Strategi Bauran Pemasaran (J. B. Maramis, Ed.; Viii). Cv. Istana Agency .

Sitompul, S. S., & Juwita, M. (2019). Physical Evidence, People, Process On Purchase Dicision Pt. Central Bearindo International Pengaruh Produk. Dalam Management Studies And Entrepreneurship Journal (Vol. 1, Nomor 2). Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Yustika Putri, T., Anggraini, T., Daim Harahap, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2023). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 11p Pada Umkm Tenis (Teh Nikmat Sidamanik). Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 37–48.

Zainurossalamia Za, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori Dan Strategi (Hamdan, Ed.; Pertama). Forum Pemuda Aswaja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun