Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Tetap Bisa Memantau Kinerja Customer Service Walau Sedang Liburan

29 November 2021   10:44 Diperbarui: 29 November 2021   10:50 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Memantau kinerja customer service agent tentunya dibutuhkan oleh setiap supervisi atau pun pemilik bisnis. Hal ini agar memastikan bisnis berjalan dari dan komunikasi dengan customer atau audience juga lancar.

Namun, tentunya tidak mudah untuk dapat memantau customer service agent dengan mudah. Walau begitu bukan hal yang tidak mungkin Anda dapat memantau customer service agent dengan mudah loh.

Melalui platform komunikasi seperti WhatsApp Business API sebenarnya Anda bisa dengan mudah memantau kinerja customer service agent Anda. Bahkan Anda bisa melihat performa dari masing-masing agent yang ada.

Hal ini bisa terjadi karena pada WhatsApp Business API bisa dibilang terdapat fitur dashboard yang bisa sangat membantu Anda. Melalui dashboard ini Anda bisa memantau kinerja customer service agent dari mana saja loh.

Tak hanya sampai disitu, melalui dashboard ini juga sebenarnya berbagai hal yang berhubungan dengan komunikasi kepada customer atau audience bisnis Anda dilakukan yah.

Mulai dari membuat pesan yang ingin dikirimkan kepada customer hingga merespon mereka juga semua dilakukan melalui dashboard WhatsApp Business API loh.

Tentunya dengan adanya dashboard ini juga Anda akan semakin fleksibel karena bisa mengakses dashboard ini dari mana saja. Ini akan sangat membantu apabila Anda memiliki kegiatan diluar kota. Namun, tetap harus memantau kinerja komunikasi dalam bisnis.

Saat ini sendiri tersedia banyak penyedia layanan email marketing yang sebenarnya bisa Anda pilih untuk dapat menggunakan platform komunikasi WhatsApp Business API dalam bisnis Anda loh.

Tentunya berbagai fitur dan layanan disediakan oleh penyedia layanan WhatsApp Business API untuk para pengguna mereka. Mulai dari fitur chatbot, chat panel, broadcast messages, hingga schedule messages.

Nah, jadi Anda sudah paham bukan bagaimana untuk terus data memantau customer service agent bisnis Anda walau sedang liburan?

Ini juga bisa menjadi cara Anda untuk meningkatkan kemampuan customer service yang Anda miliki dalam bisnis loh!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun