Gresik – Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah di era pandemi Covid -19 sangat berdampak sekali. Bahkan tidak sedikit UMKM yang ada Di Kabupaten Gresik tidak bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi yang semakin memburuk.Â
Dengan kondisi pandemi seperti sekarang Universitas Jember (UNEJ) membuat kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa setiap semester yakni Kuliah Kerja Nyata yang memiliki tema Back To Village yang dimana mahasiswa yang berdomilisi ditempat tinggal masing-masing melakukan kegiatan KKN secara mandiri.Â
Albi Syihan Karrawanta (peserta KKN BTV 3 UNEJ 2021) mengamati UMKM yang berada Didesa Leran, Kecamatan Manyar dan berinisiatif untuk membantu salah satu UMKM yaitu Produsen Opak Tradisional milik Ibu Maimunah.
Â
Kegiatan KKN ini mengambil topik Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat terdampak Covid-19 yang dibimbing oleh Bu Wazirotus sakinah, S.Pd., M.T. (Dosen Pembimbing Lapangan). Terkait topik yang diambil ada beberapa program kerja yang dilaksanakan yaitu meningkatkan manajemen kualitas pada brand image dan sekaligus melakuakan revitalisasi umkm yang baik untuk kegiatan produksi.Â
Program ini dilaksanakan dan disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan dengan tujuan tercapainya manajemen kualitas pada brand image lebih mengutamakan pada proses produksi yang lebih bersih dan higenis serta mengoptimalisasi packaging yang lebih efisien seperti desain ulang label yang didalamnya memuat informasi tentang UMKM ini agar branding dari UMKM ini lebih menarik lagi.Â
Selain itu dalam revitalisasi umkm tersebut bertujuan sebagai sarana penunjang umkm ini agar lebih efisien dalam halnya merekomendasikan revitalisasi alat produksi, pemasangan plakat/banner agar calon konsumen mengetahui lokasi UMKM ini.
Kegiatan KKN BTV 3 UNEJ dilaksanakan selama 4 minggu yang dimana kegiatannya setiap minggu meliputi :
- Minggu pertama, Penerjunan Mahasiswa KKN oleh rektor via daring dan melakukan survey dan observasi UMKM yang akan dituju serta melakukan peninjauan permasalahan yang dialami UMKM yang dijadikan sasaran.
- Minggu kedua, mengamati proses produksi dan proses pengemasan, lalu disambung dengan berdiskusi ke pemilik usaha tentang program kerja yang akan dilaksanakan seputar peningkatan manajemen kualitas brand image dan revitalisasi UMKM.
- Minggu ketiga, melaksanakan kegiatan yang telah diprogram dan disetujui pemilik usaha mulai dari melakukan sosialisasi tentang kebersihan dan kehigenisan proses produksi, peningkatan brand image produk, inovasi pengemasan yang lebih efisien, dan merevitalisasi tempat usaha yang baik agar usaha yang dijalankan menjadi lebih baik.Â
- Lalu dilajutkan dengan kerja praktek yakni desain label baru, desain banner, foto produk, pencetakan banner dan label, dan pemberian alat-alat yang menunjang proses produksi UMKM.