Mohon tunggu...
Albertus Fandy
Albertus Fandy Mohon Tunggu... Editor - Saya Baru Belajar Menulis

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Melihat Karakteristik New Media dalam Portal Berita Tempo.co

3 September 2019   02:37 Diperbarui: 3 September 2019   14:02 590
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source: intothelightid.org

Perkembangan media online menjadi salah satu hal yang secara tidak langsung merubah gaya hidup masyarakat atau pola pikir manusia dalam mengakses informasi secara cepat. 

New media bisa menjadi salah satu terobosan baru dan tentu saja new media tidak lepas dari campur tangan teknologi. Media-media baru banyak bermunculan dan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi secara cepat dan luas. 

Salah satu terobosan new media di era modern ini adalah portal berita Tempo.co

Tempo.co merupakan salah satu produk dari Tempo Media Group yang ada sejak tahun 1995 dan berdiri sebagai pionir portal berita. Tempo.co hadir sebagai portal berita online yang menyajikan sejumlah informasi seperti berita nasional, olahraga, hiburan, teknologi, otomotif, politik, ekonomi, bisnis dan lain-lain. Tempo.co menyajikan konten berita yang menggunakan standar jurnalisme dan menerjemahkan secara cerdas serta seimbang.

Tentu saja Tempo.co tidak lepas dari visi dan misi yang dibuat oleh Tempo Media Group. 

Visi: Menjadi acuan dalam usaha meningkatkan kebebasan publik untuk berpikir dan berpendapat serta membangun peradaban yang menghargai kecerdasan dan perbedaan. 

Misi: Menghasilkan produk multimedia yang independen dan bebas dari segala tekanan dengan  menampung dan menyalurkan secara adil suara yang berbeda-beda.

Menghasilkan produk multimedia bermutu tinggi dan berpegang pada kode etik.

Menjadi tempat kerja yang sehat dan menyejahterakan serta mencerminkan keragaman Indonesia.

Memiliki proses kerja yang menghargai dan memberi nilai tambah kepada semua pemangku kepentingan.

Menjadi lahan kegiatan yang memperkaya khazanah artistik, intelektual, dan dunia bisnis melalui pengingkatan ide-ide baru, bahasa, dan tampilan visual yang baik.

Menjadi pemimpin pasar dalam bisnis multimedia dan pendukungnya.

Setelah mengetahui sedikit mengenai Tempo.co lalu, apakah Tempo.co sudah sesuai dengan karakteristik media baru?

Menurut Lister (2009), terdapat 6 karakteristik sebuah media baru yakni, digital, interactivity, hypertextual, networked, virtual, dan simulated. Mari kita ulik satu per satu karakteristik media baru yang terdapat dalam Tempo.co.

Berikut 6 karakteristik sebuah media baru :

1. Digital

tempo.co
tempo.co

Seperti yang kita lihat bahwa Tempo.co masuk dalam karakteristik new media yaitu Digital. Terlihat dalam gambar bahwa Tempo.co memiliki tampilan berita yang sangat simple dengan paduan warna merah dan putih sebagai warna dasar dalam menyajikan informasi kepada publik, kemudian Tempo.co tidak hanya menampilkan teks online tetapi menambahkan beberapa aksen foto dan video agar pembaca tidak merasa bosan . 

2. Interactivity

tempo.co
tempo.co

Tempo.co menyediakan layanan dan fasilitas kepada pembacanya untuk memberikan komentar dan sharing pendapat kepada sesama pembaca mengenai topik yang sedang di perbincangkan. Kemudian, Tempo.co memberikan layanan untuk berbagi artikel agar informasi tersebut menyebar keseluruh masyarakat. Tentu saja, ketika melihat gambar di atas Tempo.co masuk salah satu karakteristik media baru yaitu interactivity.

3. Hypertextual

tempo.co
tempo.co

Salah satu juga yang ada di dalam karakteristik media baru adalah hypertextual. Hypertextual merupakan rujukan teks yang dimana menghubungkan dan mengarahkan pembaca ke suatu halaman yang baru. Dalam hal ini, Tempo.co memenuhi karakteristik ini, artinya bahwa Tempo.co memberikan link cepat untuk mengarahkan pembaca kepada berita yang diinginkan. Ini menjadikan kemudahan bagi para pembaca dalam mengakses informasi yang cepat. Contoh berita populer seperti Zina dan Hubungan Intim Tanpa Nikah, Simak Penjelasan Doktor UIN.

4. Networked

Networked atau jaringan merupakan salah satu karakteristik yang penting. Karena networked dapat mempermudah pembaca dalam mengakses sebuah portal berita online atau akrab yang disebut sebagai media online. Internet menjadi salah satu teknologi pendukung utama dalam menghubungkan antara pengguna dan media online. Tempo.co memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mengakses informasi berita tidak hanya melalui situs mereka tetapi bekerja sama dengan beberapa portal berita seperti BBC Indonesia, Teras.id, Tablotbintang.id dan lain-lain.

5. Virtual

Dalam hal virtual, Tempo.co menyediakan sebuah fasilitas bagi pembaca atau khalayak yaitu video dalam berita. Video termasuk dalam karakteristik virtual karena video yang ditayangkan menyangkut dengan berita yang disajikan seolah-olah pembaca dapat berimajinasi tentang berita yang disajikan dan video yang ditayangkan sehingga khalayak dapat merasakan seolah-olah peristiwa tersebut terjadi. 

6. Simulated

Dalam hal ini, Tempo.co tidak memiliki karakteristik simulated, meskipun menurut Lister bahwa virtual dan simulated erat kaitannya dimana pengguna seolah-olah diajak untuk terlibat langsung, tetapi itu hanyalah sesuatu yang semu, 'tidak nyata'. Maka dari itu, karakteristik ini membutuhkan teknologi tambahan. Ibaratnya, seperti pesawat terbang simulator yang artinya pengguna dapat merasakan kejadian, suasana, dan situasi peristiwa  yang dialami tetapi itu adalah sesuatu yang tidak nyata.

Selain ke-6 karakteristik yang dikatakan oleh Lister, terdapat 3 karakteristik tambahan yakni:  

1. Content

Dalam karakteristik ini, Tempo.co memberikan kenyamanan kepada pembaca karena menyajikan sebuah konten berita yang mudah dipahami oleh pembaca. Hal tersebut dapat dilihat dari judul yang menarik, kemudian summary yang padat, singkat, dan jelas, menyertakan gambar dan sumber yang terpercaya,  menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menggunakan paragraf kurus agar pembaca dapat nyaman dalam membaca berita. Akan tetapi, kurangnya ialah Tempo.co tidak membuat quote dalam setiap artikel beritanya.

2. Functionally & Navigation 

Tempo.co memberikan kemudahan bagi pembaca untuk bisa mengakses informasi secara cepat. Maksudnya ialah dalam situs berita ini, terdapat pengelompokkan berita dan informasi sesuai bidangnya masing-masing. 

Penataan laman dari Tempo.co juga terlihat simple dan tidak terlalu sulit untuk digunakan sebagai wadah mencari informasi. Kemudian terdapat banyak fitur-fitur yang diberikan seperti kolom pencarian berita, berbagi artikel di media sosial, kolom komentar, dan fitur lainnya yang memudahkan pembaca.

3. Audio/Video Quality

Dari segi audio dan video, Tempo.co memberikan kualitas yang sangat baik mulai dari kualitas gambar dalam video, kualitas audio, pengambilan gambar serta pencahayaanya. Video dan audio yang dihasilkan untuk pemberitaan juga mempunyai kualitas dan daya tarik khalayak untuk menonton pemberitaan secara visual.

Dari hasil karakteristik yang telah dipaparkan diatas bahwa Tempo.co mencakupi 8 dari 9 karakteristik (termasuk karakteristik tambahan). Meskipun tidak semua karakteristik masuk dalam situs berita online seperti Tempo.co, akan tetapi Tempo.co sudah dikatakan layak sebagai media baru karena dapat memberikan pelayanan yang sesuai kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi internet.

Media online seperti yang kita tahu, memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat, luas, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Tempo.co memang merupakan salah satu perkembangan yang dilakukan oleh Tempo Media Group yang dapat memberikan informasi akurat dan memegang teguh visi dan misi yang telah dibuat. 

Tempo.co dikatakan sebagai salah satu dari sekian banyak media online yang fokusnya tidak hanya pada berita nasional, namun menyajikan berita-berita yang ringan atau soft news sehingga  menjadikan Tempo.co sebagai pilihan berita online yang tidak hanya membahas satu fokus berita melainkan banyak hal.

Sumber :

Lister. M. et al. (2009). New Media: A Critical Introduction 2nd Edition.New York: Routledge 

Tempo.co

korporat.tempo.co/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun