Mohon tunggu...
Albertus Handy Widodo
Albertus Handy Widodo Mohon Tunggu... Lainnya - handy

@handyalbertus

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Bangkit dari Pandemi, Ini Strategi Pemerintah Bangkitkan Wisata Lokal

22 Desember 2020   11:01 Diperbarui: 22 Desember 2020   11:10 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pantai Ngetun Wonosari

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir setahun di Indonesia. Kita Ingat dimasa-masa sangat sulit dimana Covid-19 baru merebak di negara ini masyarakat dipaksa untuk melakukan aktivitas di dalam rumah tanpa diperbolehkan untuk keluar. Bahkan negara kita pernah menerapkan status lockdown secara besar besaran yang melumpuhkan banyak aspek ekonomi.

Pariwisata adalah industri yang paling berdampak pada masa-masa pandemi ini. Semenjak diberlakukanya lockdown dan karantina wilayah Industri pariwisata lumpuh total. Hal ini disebabkan karena pemerintah melarang masyarakat keluar rumah dan ditutupnya wisata yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

Hal yang terkena dampak pada pandemi ini sangatlah banyak mulai dari penggiat wiasata, pengelola tempat wisata, sampai wisatawan itu sendiri. Oleh karena itu, sangat diperlukan sebuah strategi yang dapat membangkitkan sektor industri pariwisata di Indonesia secara khusus agar pariwisata daerah tetap hidup walaupun berjalan ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Maka Pemerintah sebagai pemegang kebijakan mempersiapkan strategi untuk dapat mengembangkan potensi wisata ditengah pandemi. Dalam rencana strategis Kementrian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif dibuatlah kebijakan untuk memperbaiki pariwisata khususnya wisata lokal yang sangat berpotensi.

Berikut ini rencana strategis menurut kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menumbuhkan perekonomian di sektor pariwisata :

Melakukan Pengembangan Destinasi dan Produk Wisata

Destinasi wisata tidak akan berkembang tanpa adanya produk dari wisata itu sendiri. Produk wisata memiliki peran untuk menambah nilai jual untuk meningkatkan perekonomian wilayah di sekitar tempat pariwisata. Salah satu sumber kekayaan intelektual yang kita miliki paling besar adalah sumber daya alamnya yang tidak dapat ditemukan ditempat lainnya.

Sumber daya alam sebagai kekayaan intelektual bila dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat lokal didaerah akan menciptakan sebuah produk ekonomi kreatif yang dapat menjadi daya jual. Hal ini tentunya berguna juga bagi masyarakat lokal untuk meningkatkan perekonomianya dengan ikut berkontribusi kedalam perkembangan pariwisata yang dimilikinya.

Untuk mengembangkan perekonomian di sekitar objek wisata adalah dengan melakukan diversifikasi produk hasil dari kreativitas agar keanekaragaman produk dapat menguntungkan peningkatan potensi wisata.

Sebelum mengembangan produk ekonomi kreatif terlebih didalam industri pariwisata lokal wajib meningkatkan kesiapan destinasi wisata lokal. Kesiapan destinasi wisata dapat berupa kesiapan fasilitas yang terdapat dalam objek wisata, infrastruktur yang menunjang kemudahan ketika memasuki sebuah objek wisata, dan perencanaan pengembangan wisata secara berkelanjutan khususnya wisata lokal agar dapat bersaing dengan wisata lain yang sudah berkembang.

Melakukan Pemasaran

Setelah melakukan pengembangangan destinasi wisata dan produk ekonomi dalamnya harus memikirkan juga bagaimana strategi pemasarannya agar dapat mengembangkan sub sektor didalam pariwisata.  Mengembangkan sub sektor yang ada seperti mempromosikan tempat destinasi wisata yang menarik.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih banyak tersembunyi dan belum terekspose ke mancanegara, ini dapat menjadi salah satu strategi pemerintah bagaimana dapat membuat wisata tersebut dikenal oleh banyak orang.

Selain itu juga adanya peningkatan dalam iklan seperti menggunakan alat teknologi dalam memasarkan agar dapat menarik perhatian melalui mancanegara.

Indonesia memiliki akun resmi yang dimana hal ini langsung ditangani oleh kementrian pariwisata itu sendiri, maka melalui akun tersebut kementrian pariwisata dapat membagikan sebuah foto atau video yang dapat di lihat oleh mancanegara mengenal keindahan-keindahn alam yang ada Indonesia.

Turis merupakan salah satu wisatawan yang terkenal dengan adventurenya, dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia hal ini dapat dijadikan sebagai daya Tarik untuk meningkatkan pendapatan pada sektor pariwisata. Maka pemerintah juga akan melakukan sebuah pendanaan untuk memfasilitasi sektor pariwisata dalam bentuk pelayanan sehingga wisatawan dapat merasa nyaman ketika berlibur.

Pengembangan Industri Pariwisata Terintegritas

Untuk dapat mengembangkan industri pariwisata didalamnya diperlukan SDM khususnya masyarakat lokal disekitar wisata sebagai pengelola agar dapat berkontribusi dalam pengembangan pariwisata didalanya. Dalam hal ini pemerintah akan lebih mengutamakan dalam mengembangkan SDM serta Lembaga pariwisata itu sendiri.

SDM menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam memajukan dan meningkatkan pariwisata yang ada di Indonesia, oleh karea itu pemerintah menyediakan sekolah khusus pariwisata yang dimana mereka bisa mendapat pembelajaran secara langsung dan mengerti bagaimana dalam mengelola kawaan wisata yang ada maupun yang akan dikembangkan nantinya.

 Dengan demikian mereka memiliki sebuah gambaran seperti apa dunia pariwisata. Selain itu juga meningkatkan Lembaga pariwisata itu perlu adanya penguatan dalam hal mempromosikan wisata-wisata yang anda di Indoensia dengan melakukan sebuah iklan.

Promosi yang dilakuakan melalui iklan merupakan cara yang efektif dalam memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Indonesia. Melalui iklan tersebut dapat diadakannya suatu kompetisi terhadap SDM pariwisata itu sendiri, sehingga bukan hanya menjadi tanggung jawab Lembaga saja. Oleh karena itu hal ini dapat membantu dalam pengembangan SDM dan Lembaga itu sendiri dalam menjaga pengembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia)

Upaya untuk meningkatkan wisatawan di sebuah daerah, kelembagaan pariwisata yang ada di daerah tersebut harus ikut mendukung atau mungkin bisa ikut andil dalam hal meningkatkan wisatawan.

Lembaga pariwisata ini harus bisa professional dalam memberi edukasi atau pelatihan terhadap masyarakat sekitar tempat wisata, guna memiliki SDM yang baik dalam pengelolaan tempat wisata terutama dalam urusan daya tarik masyarakat terhadap tempat wisata tersebut.

Kerjasama antara lembaga pariswiata dengan msayarakat juga dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah tempat wisata baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, untuk itu pengelolaan SDM dari kelembagaan pariwisata ini harus terus dilakukan agar kompetensi dari SDM pariwisata tersebut dapat menambah daya tarik masyarakat dan bisa menciptakan ekonomi kreatif dalam hal pariwisata ini. Pengelolaan SDM ini juga membantu dalam menjalin relasi antar masyarakat agar memiliki daya saing.

Mewujudkan Kreativitas Anak Bangsa

Dalam mewujudkan kreativitas anak bangsa untuk mengelola industri kreatif pariwisata harus dilakukannya kerjasama dengan lembaga pariwisata, karena dengan adanya kelembagaan pariwisata anak-anak bangsa dalam kreativitasnya mengelola industri kreatif pariwisata anak-anak bangsa ini akan difasilitasi oleh kelembagaan pariwisata tersebut.

Kreativitas yang dimiliki anak bangsa ini juga perlu direalisasikan agar meningkatkan perekonomian dan kreativitas anak bangsa didukung dengan kemudahan pengklaiman hak cipta, sehingga anak bangsa tidak perlu lagi untuk takut menyuarakan ide-ide kreatifnya.

Untuk mendorong kreativitas dari anak-anak ini perlu adanya IPTEK guna mencari inovasi dalam hal pariwisata. Dengan ini anak-anak bangsa bisa membuat sebuah tempat wisata yang baik dan memiliki daya tarik masyarakat yang tinggi.

Peran IPTEK dalam mempromosikan hasil dari kreasi anak bangsa ini juga dibutuhkan agar ekonomi kreatif di sektor pariwisata terus berkembang dan meningkat.

 

Mendorong Riset dan Inovasi

Mendorong riset dan inovasi agar produk pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing, dikarenakan ketika pariwisata Indonesia melakukan inovasi, Inovasi tidak dapat dilakukan kalau tidak terlebih dulu melakukan riset peluang potensi wisatanya.

Indonesia akan memiliki ciri khas pariwisatanya sendiri yang membedakannya dengan negara lain, hal ini dapat menjadi daya tarik lebih agar para wisatawan memilih destinasinya ke Indonesia, hal ini juga dapat menambahkan wawasan dan kemampuan para pelaku pariwisata yang ada di Indonesia agar dapat lebih mengenali pasar dan pesaing yang ada, dengan ini mereka akan terdorong untuk terus maju dan mengembangkan sektor pariwisatanya.

Mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien, dengan hal ini pariwisata Indonesia akan lebih dikenal oleh negara lain sehingga pariwisata lokal akan go internasional

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital marketing, digital marketing juga dapat memotong biaya periklanan, hal ini merupakan suatu point yang sangat penting yang dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh pelaku pariwisata.

 Digital marketing dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, hal ini sangat efektif dan efisien bagi sebuah pelaku pariwisata dalam pemasarannya, untuk mengoptimalkannya pelaku pariwisata juga dapat bekerjasama dengan para influencer atau public figure yang memiliki pengikut  banyak di media sosialnya, hal ini akan meningkatkan brand awareness dan menjaring banyaknya wisatawan, karena dengan bekerjasama dengan para public figure ini, sektor pariwisata tersebut dapat membangun pasar yang lebih besar dan

Mengelola kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif sesuai dengan perkembangan pariwisata dan kebutuhan ekonomi kreatif negara. Dengan warisan budaya melalui seni dan karya kreatif Indonesia dapat membangun modal ekonomi dan budaya dari waktu ke waktu.

Dalam hal ini pengusaha pariwisata Indonesia perlu  mengenali proses yang tepat, cara yang efektif dan efieisen, dan perbuatan yang sesuai untuk menghidupkan atau meningkatkan kembali apa yang sudah ada di industri kreatif Indonesia.

Dengan menetapkan peraturan yang melindungi hak atas kekayaan intelektual untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin saja ditimbulkan dikemudian hari sebab perubahan model bisnis pengelolaan pariwisata digital akan memberikan peluang untuk mempertahankan dan memulihkan industri pariwisata.

 

Melakukan Birokrasi Pemerintah

Mewujudkan birokrasi pemerintah khususnya kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif dibutuhkan guna untuk meningkatkan kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah agar lebi memperhatikan pariwisata lokal. Karena hubungan masyarakat dengan pemerintah sangat berpengaruh besar terhadap kontribusi pariwisata dalam memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia

Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya ekonomi dan menjadikannya sebagai modal bagi pembangunan ekonomi kedepannya. Dalam hal ini pemerintah akan memusatkan pembangunan ke lima pilar strategis pariwisata dan ekonomi kreatif, yaitu Pilar destinasi pariwisata dan produk ekonomi kreatif, Pilar pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif, Pilar industri pariwisata dan ekonomi kreatif, Pilar SDM dan kelembagaan pariwisata dan ekonomi kreatif serta Pilar kreativitas.

***

Jadi, pemerintah tidak mengabaikan begitu saja sektor pariwisata meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dengan cara mengupayakan berbagai strategi-strategi yang diharapkan dapat membantu membangkitkan sektor industri ekonomi kreatif ditengah masa pandemik, setelah ini semuanya kembali lagi kepada pengelola sektor pariwisatanya,

Apakah akan memanfaatkan berbagai strategi yang telah disiapkan oleh pemerintah dengan berkontribusi mengembangkan sektor pariwisatanya dengan menambahkan ide-ide kreatif serta tidak lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan disekitar tempat pariwisata ataukah tetap berdiam diri menunggu hingga masa pandemi Covid-19 berakhir?.

  • Albertus Handy Widodo                         200907410
  • Antonius Praba Dwiaryanto                 200907365
  • Hervenia Febricha Heriyanti               200907419
  • Novita Caroline Ganit Faris                  200907377
  • Zeta Nisya Zain                                          200907401

    Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun