berdiferensiasi adalah suatu pendekatan sistematis untuk merancang pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi adalah menciptakan suatu kelas yang beragam dengan memberikan kesempatan dalam meraih konten, memproses suatu ide dan meningkatkan hasil setiap murid sehingga murid murid akan bisa lebih belajar dengan efektif. Setelah memetakan kebutuhan murid maka langkah selanjutnya adalah menentukan strategi diferensiasi apa yang akan di terapkan.
1. Pembelajaran2. KONSEP DASAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang di buat oleh guru dengan berorientasi pada kebutuhan murid (Tomlinson 2001)
3. Strategi DiferenisasiÂ
Diferensiasi konten : Materi pembelajaran yang akan di sampaikan pada muridÂ
Diferensiasi proses merupakan alur jalannya kegiatan pembelajaran yang di laksanakan sistematis dan variatifÂ
Diferensiasi produk; Hasil dari suatu proses pembelajaran tentang sejauh mana pemahaman murid dalam bentuk produkÂ
4. Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebetuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal??
Â
pembelajaran berdiferensiasi yang terpenting adalah pemetaan awal siswa yang mana kita menjadi tau betul akan kebutuhan siswa yang sesunguhnya. maka dari itu kit sebagai guru harus peka terhadap murid dan merancang pembelajaran supaya sesuai dengan siswa butuhkan. RPP membantu kita untuk melaksanakan pembelajaran maka dalam hal ini kita harus benar benar membuat dengan berbagai macam teknik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H