Halo para sobat bisnis di seluruh tanah air. Saya pada hari ini akan membawakan sebuah materi untuk membantu anda semua dalam memiliki sebuah keyakinan untuk berekspansi dari dunia offline menuju online.
Sebuah topik yang sangat menggugah untuk saya pada awal karir profesional saya sebagai seorang digital & e-commerce marketer. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jaman sudah semakin beralih ke arah digital atau online. Jikalau anda memang ingin tetap survive di jaman modern ini tentunya anda harus mempertimbangkan potensi-potensi yang ada, khususnya dari bisnis online.
Kondisi ekonomi saat ini menunjukkan pergerakan-pergerakan yang tidak menentu, oleh karena itu jika anda tidak mampu menggunakan internet sebagai alat dalam membangun sebuah usaha secara online, maka dapat dipastikan usaha yang anda miliki akan gulung tikar secara perlahan tapi pasti.
Sebagai seorang pebisnis, maka anda harus memikirkan beberapa fakta berikut.
Berdasarkan riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI research mengungkapkan nilai belanja online pada 2014 mencapai 21 triliun.
Sedangkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai Januari 2016, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta, dimana 48 persen di antaranya merupakan pengguna internet harian.
Riset Markplus Insight dan majalah onlineMarketeers tahun 2013 menunjukkan, dari 74,6 juta pengguna internet di Indonesia, 20% melakukan belanja online.
Namun, untuk sukses di dunia online, bukan berarti anda harus memiliki sebuah perusahaan besar terlebih dahulu. Sebaliknya, pertumbuhan bisnis online menunjukkan bahwa usaha-usaha online yang berskala kecil mampu menjadi pendongkrak. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sebenarnya usaha skala kecil dan menengah lah yang merajai dunia bisnis online ini.
Untuk membangun sebuah bisnis online, anda bisa membaca artikel saya “Digitalisasi Bisnis I-VIII” (http://bit.ly/digitalisasibisnisI). Dalam artikel yang telah saya tulis tersebut, anda sudah bisa memulai membangun sebuah usaha skala kecil atau menengah secara online dan profesional.
Beberapa hal yang menjadi alasan kuat untuk mulai berekspansi ke dunia online adalah sebagai berikut:
a. Tidak ada batasan akses (selama ada internet, semua jalan).
b. Modal awal yang rendah.
c. Kemudahan dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan.
d. Biaya operasional dan maintenance yang rendah.
e. Kemudahan dalam melakukan transaksi-transaksi dagang.
Berdasarkan beberapa alasan tersebut, kita bisa mulai mengkalkulasikan tingkat efisiensi dan efektifitas yang dapat dihasilkan oleh bisnis online baik skala kecil, menengah ataupun besar. Untuk sukses dalam dunia bisnis online, yang wajib anda miliki adalah komitmen yang tinggi untuk menjaga konsistensi dalam berpromosi. Sebuah kunci sukses yang terdengar cukup simple, namun akan sangat sulit untuk dijalankan bagi orang-orang yang memiliki komitmen rendah.
Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sharing kali ini. Semoga sharing saya ini dapat membantu para sobat bisnis semua dalam memiliki pandangan terhadap potensi yang ada dari dunia bisnis online.
Salam,
Albert Christianto
Digital & E-Commerce Marketer
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H