Mohon tunggu...
Albert Christianto
Albert Christianto Mohon Tunggu... Guru - follow me @albertchristianto13

Ex-marketing English teacher

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa Manfaat Memiliki Bisnis Online?

2 Juni 2017   14:51 Diperbarui: 2 Juni 2017   15:01 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manfaat Memiliki Bisnis Online

Halo para sobat bisnis di seluruh tanah air, pada kesempatan ini saya akan mencoba membantu anda dengan sharing tentang manfaat dalam memiliki sebuah bisnis online.

Anda tidak perlu melakukan semua kegiatan bisnis dengan internet untuk mendapat manfaat dari bisnis online. Start-Up business mungkin hanya membutuhkan alamat email untuk berkomunikasi dengan klien, pelanggan, dan supplier secara elektronik. Bisnis online yang lain mungkin perlu menggunakan website untuk melakukan keseluruhan transaksi dagang sekaligus dengan payment-nya.

Beberapa manfaat dari menjalankan sebuah bisnis online, antara lain:

1. Dapat diakses secara global (kapanpun & dimanapun)

2. Meningkatkan layanan klien secara efektif dan efisien

3. Hemat biaya operasional

4. Pengiriman barang lebih cepat

5. Meningkatkan profesionalisme

6. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam bertransaksi

7. Kesempatan untuk menjalankan bisnis dari manapun.

Customer anda mungkin akan lebih suka mengunjungi website toko online anda untuk menemukan produk dan layanana anda, daripada mengunjungi anda secara langsung. Mereka juga akan berharap melihat alamat website dan email di kartu nama bisnis baik digital atau konvensional serta materi promosi lainnya sehingga dapat mempermudah mereka dalam menjangkau toko online anda.

Bisnis online yang anda tawarkan akan sangat bergantung kepada produk ataupun jasa yang anda miliki. Oleh karena itu, fasilitas internet yang anda miliki dapat anda gunakan sebagai cara untuk:

1. Menjalankan toko online

2. Mengatur persediaan (stock produk)

3. Customer caring untuk customer yang berkunjung ke toko online anda

4. Menawarkan jasa- jasa yang anda miliki

5. Memonitor keuangan anda (transaksi masuk ataupun keluar) seperti i-banking, dll

6. Melihat potensi kompetitor untuk produk atau jasa yang anda tawarkan

Yang perlu anda ingat adalah setiap marketing tools yang anda miliki harus selalu ter-update dengan situasi yang ada saat ini. Misalkan anda masih belum berencana untuk segera memiliki website ketika mulai menjalankan usaha, ada baiknya juga jika anda memikirkan apakah nanti anda membutuhkannya dan untuk apa anda menggunakannya.

Pada umumnya, semua pebisnis online akan memiliki sebuah website baik untuk company profile ataupun untuk bertransaksi dimana website tersebut akan langsung terintegrasi ke payment gateway yang anda miliki. Namun, masih banyak juga para pebisnis online yang tidak memiliki website namun sudah bisa mendapatkan omset yang cukup besar nominalnya dengan mengandalkan promosi via sosial media yang mereka miliki seperti Facebook, instagram, tweeter, dll.

Sekian yang dapat sharing-kan kepada seluruh sobat bisnis. Semoga sharing saya kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

Salam,

Albert Christianto

Digital & E-Commerce Marketer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun