Mohon tunggu...
MUHAMMAD NABIL ALBANI
MUHAMMAD NABIL ALBANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - 22107030035 [Mahasiswa Aktif UIN Sunan Kalijaga]

Tidak ada halangan bagiku untuk menjadi seorang penulis andal.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menuju Keviralan: Progres Event ADuin Festival 2024 yang Menginspirasi dari Panitia ADuin UIN Sunan Kalijaga

25 April 2024   15:30 Diperbarui: 25 April 2024   18:41 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi panitia ADuin

Kehidupan Mahasiswa selain mengerjakan tugas dari dosen adalah mengikuti agenda event yang dilakukan oleh berbagai kampus. Salah satu agendanya adalah Festival yang diadakan untuk menunjukkan kreativitas Mahasiswa dan sekadar hiburan. Banyak sekali kampus-kampus di Indonesia yang menyelenggarakan event seperti lomba, seminar, workshop, dan malam puncak (Awarding).

UIN Sunan Kalijaga, terkhusus dari prodi Ilmu Komunikasi peminatan Advertising, mengadakan sebuah event bernama ADuin. Secara garis umum ADuin sendiri adalah festival periklanan yang setiap tahunnya diadakan di UIN Sunan Kalijaga.

Bayu Skak menjadi pembicara di seminar ADuin 2019. Sumber : Tangkapan layar Instagram @aduinfest
Bayu Skak menjadi pembicara di seminar ADuin 2019. Sumber : Tangkapan layar Instagram @aduinfest

Kilas balik pada tahun 2019, ADuin menghadirkan Bayu Skak sebagai pembicara pada acara seminar. Lalu berlanjut hingga setiap tahunnya menghadirkan tamu undangan yang berbeda-beda. Pada tahun 2024 kali ini, ADuin hadir dengan beberapa rangkaian acara yang menarik. Rangkaian acra tersebut meliputi, Workshop, Seminar dan berbagai lomba yang menarik.

ADuin kali ini juga mengambil tema Nusantara dengan sub judul "Wahana Nusantara". Tak hanya itu, tagline ADuin kali ini menggunakan kalimat, "Show Your Ability, Beyond Virality". Menurut salah satu Koordinator Acara dari ADuin sendiri, ADuin 2024 mengangkat tema Nusantara karena sangat ingin menjunjung tinggi kebudayaan lokal.

"Kita panitia ADuin sendiri menggunakan tema Wahana Nusantara memang karena sangat menjunjung tinggi Indonesia dan merepresentasikan kebudayaan yang ada di Indonesia yang sangat kaya nan beragam. Pemilihan tagline yang kita gunakan adalah "Show Your Ability, Beyond Virality", mengartikan bahwa teman-teman semua (Mahasiswa) dapat menunjukkan bakat yang kalian miliki dengan mengikuti serangkaian lomba ADuin dan nantinya apa yang telah diupayakan oleh teman-teman peserta lomba dapat menjadi sebuah karya yang dapat melampaui keviralan (beyond virality)", kata Avicenna selaku koordinator acara ADuin Festival 2024.

Seperti yang dijelaskan di atas, ADuin kali ini terdapat rangkaian acara Workshop, Seminar, dan Lomba. Dari yang disampaikan oleh Avicenna dalam kutipan tersebut ADuin kali ini memang sangat menjunjung tinggi kebudayaan di Indonesia.

Workshop

Salah satu rangkaian acara ADuin adalah Workshop. Pada workshop kali ini mereka (ADuin) akan menghadirkan Bowen Sutanto untuk menjadi pemateri. Pada acara Workshop ini, Bowen Sutanto akan membedah poster dari salah satu konten You Tube yang sangat terkenal yaitu "Rewind Indonesia 2023". Bowen Sutanto sendiri merupakan personal yang mendesign poster Rewind Indonesia dari tahun 2021, 2022, dan 2023. Workshop sendiri akan dilaksanakan di Universitas Sunan Kalijaga pada tanggal 3 Juni 2024.

Seminar

Seminar sendiri merupakan rangkaian acara kedua dari ADuin Festival 2024. Dimana terdapat dua orang pembicara yang akan menyampaikan materi tentang Kebudayaan Advertising. Maksud dari materi tersebut adalah pentingnya sebuah periklanan dengan dipadukan dengan unsur budaya. Ardhi Iswansyah adalah salah satu pembicara pada acara seminar. Acara seminar sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2024 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.

Lomba

Lomba pada ADuin sendiri terdapat tiga jenis yaitu AdCraft (Video Iklan Kreatif), AdCo (Copy Writing), dan Poin (Digital Poster).

AdCraft (Iklan Kreatif)

AdCraft merupakan singkatan dari Ad (Advertisement) dan Craft yang mengacu pada keterampilan teknis dan seni dalam merancang dan membuat iklan yang menarik dan efektif. Dalam konteks ini, AdCraft (iklan kreatif) adalah salah satu media pemasaran dengan tujuan untuk penyampaian pesan dan pengenalan produk atau jasa pada khalayak melalui video yang dapat diunggah di sosial media.

AdCo (Copy Writing)

AdCo atau ADUIN Copywriting merupakan sebuah cabang lomba yang ada di ADUIN 2024 yang berbentuk teks advertising. Tujuan dari Aduin Copywriting adalah untuk mengajak khalayak untuk ikut melestarikan berbagai kekayaan dan keberagaman yang ada di Indonesia. Hasil dari terciptanya teks copywriting dapat disebarluaskan melalui platform digital yang terdapat di jejaring internet.

Poin (Digital Poster)

Poster digital merupakan karya desain grafis yang berisi gambar dan huruf, yang dibuat dengan komputer atau dipindai dar versi manual agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi poster ini adalah untuk mempercepat, mempermudah, dan mengurangi biaya percetakan. Hasil dari terciptanya sebuah poster digital dapat disebarluaskan melalui berbagai platform digital yang terdapat di jejaring internet atau dunia maya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun