Mohon tunggu...
Money

Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga di E-Commerce untuk Pengiriman Barang di Blibli.com

26 Oktober 2015   16:27 Diperbarui: 26 Oktober 2015   18:46 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Faktor - faktor yang mempengaruhi harga di e-commerce untuk pengiriman barang di blibli.com  

E-commerce

Istilah E-commerce atau (Electronic commerce) yang biasa disebut juga Perdagangan elektronik adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.


Contoh dari e-commerce dapat berupa pembelian barang elektronik, buku, pakaian, tas, jam dan kebutuhan tersier lainnya yang dilakukan secara online dimana pihak penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung.


Kegiatan E-Commerce dapat dibedakan menjadi dua bagian diantaranya yaitu :

  1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen)

 

E-commerce Merupakan Bagian dari E-Business

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll. Selain teknologi jaringan website, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, serta alat pembayaran untuk e-commerce ini.

 

            Pada umumnya tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem e-commerce dalam dunia bisnis adalah untuk memperoleh dan meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien dan efektif. Adapun manfaat dalam menggunakan e-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
  2. Mengurangi biaya operasional
  3. Memperluas jangkauan sehingga transaksi on-line dapat diakses oleh semua orang
  4. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang  tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  5. Mempercepat waktu pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
  6. Meningkatkan customer loyalty

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga di e-commerce untuk pengiriman barang di blibli.com   

 

            Blibli.com merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia yang menawarkan aneka produk, sepertifashion, produk kecantikan, gadget, elektronik, dan sebagainya. Dalam hal merek produk, produk yang ditawarkan di Blibli.com ada yang bermerek internasional maupun lokal. Semua produk yang tampil di Blibli.com adalah produk orisinal dan bergaransi resmi, sehingga konsumen terbebas dari produk tiruan ataupun pasar gelap. Blibli.com sendiri berupaya untuk menawarkan sistem online mall yang inovatif.

 

Desain web yang digunakan dalam Blibli.com sangatlah unik. Dengan adanya gambar-gambar bergerak memberikan warna lain dalam situs e-commerce ini. Blibli.com juga berupaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan menampilkan keunggulan kompetitifnya dengan adanya laman “what the experts say”. Laman ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada konsumen mengenai manfaat dari berbagai macam produk. Situs ini juga menampilkan berbagai tweet dari twitter yang berkaitan dengan situs ini. Selain itu, ada pula “let’s chat” yang memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola Blibli.com.

Dalam hal pembayaran, Blibli.com menggunakan sistem pembayaran online melalui berbagai layanan pembayaran online dari berbagai bank di tanah air. Layanan tersebut antara lain: BCA klikpay, mandiriclickpay, dan sebagainya. Di samping itu, dalam hal penyerahan barang kepada konsumen, Blibli.com juga berkerja sama dengan berbagai perusahaan yang melayani jasa antar barang. Contohnya adalah JNE.

 

pengiriman barang merupakan tanggung jawab diwitranspor yang terdapat dalam sesuatu perusahaan, agar barang dapat dengan selamat ke tempat tujuan, penyampaiannya pada alamat yang tepat dan waktu yang tepat. Keterlambatan atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan akan mengakibatkan biaya semakin besar dan citra perusahaan akan merosot dalam dunia usaha.

  • Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan angkutan barang dalam suatu pengiriman barang adalah sebagai berikut:

 

  1. Jumlah barang yang akan di angkut, sifat barang, dan persyaratan kemasan barang
  2. Total biaya angkutan dan penentuan besarnya tarif angkutan .
  3. Penentuan jenis angkutan yang tepat .
  4. Penentuan rute/trayek, bongkar muat transhipmnent.
  5. Jarak tempuh waktu dan perjalanan.
  6. Keamanan barang, resiko kerusakan barang dan asuransi.
  7. Dokumentasi dan administrasi pengiriman barang.

Faktor-faktor tersebutlah yang akan mempengaruhi harga di e-commerce untuk pengiriman barang.

 

M. Hasan Al Anshary

cek ongkos kirim

Sumber Referensi :

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun