Mohon tunggu...
Alan Sah
Alan Sah Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Enjoy

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Efektifvitas Penggunaan Vidio Pendek di TikTok Dalam Penyampaian Informasi Publik

17 Januari 2025   11:30 Diperbarui: 17 Januari 2025   13:26 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto penggunaan TikTok (sumber pinterest.com )

Tiktok merupakan wadah bagi semua orang untuk menyebarkan informasi publik, oleh karena itu hari ini banyak sekali masyarakat yang memiliki pandangan dan pengetahuan terhadap isu tertentu, sehingga berpotensi menjadi sumber informasi yang mana ini berdampak akan pandangan masyarakat yang berbeda beda. Oleh karena itu kita harus selalu mengecek kebenaran suatu isu tertentu dengan mencari informasi di sumber lainnya.

Meskipun TikTok tidak dirancang khusus untuk menyediakan berita seperti platform tradisional seperti situs berita atau aplikasi berita, banyak pengguna yang sering membagikan informasi terkini melalui video-video pendek mereka. Beberapa pengguna bahkan memiliki akun khusus untuk menyampaikan berita atau informasi terbaru ( Samudra Sugiarto & Andini Nur Bahri 2024 )

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga asal London, 'We Are Social', pada April 2022, Indonesia berada di posisi kedua dalam hal penggunaan TikTok sebagai media sosial harian. Meskipun sering terjadi ketidak sesuaian antara isi, tampilan, dan jadwal konten di TikTok yang menjadi hambatan utama dalam pengalaman pengguna, hal ini tidak sepenuhnya mempengaruhi minat dan partisipasi pengguna di Indonesia. Terlepas dari ketidaksesuaian tersebut, Indonesia tetap menduduki posisi kedua dengan jumlah pengguna aktif TikTok mencapai 99,1 juta orang, yang rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 23,1 jam per bulan di platform tersebut.

TikTok memiliki format video pendek yang mana ini menjadi salah satu kesuksesan TikTok karena video pendek ini sangat ideal untuk menarik perhatian dengan cepat dan mudah dipahami oleh penonton. Video pendek juga menjadi salah satu tantangan bagi para creator unruk berfikir kreatif untuk meringkas berbagai konten menjadi menarik perhatian khalayak.

Dikutip dari MNEWS.co.id  “video pendek telah menjadi platform baru bagi masyarakat mencari informasi dan mengonsumsi konten, dengan tingkat penetrasi sebesar 70%. Tak hanya jumlah penonton yang bertambah, durasi menonton video pendek juga ikut bertambah, rata-rata mencapai 2,1 jam per hari.

Video pendek TikTok juga menjadi salah satu strategi konten Kreator atau penyebar informasi yang efektif, Ada beberapa alasan mengapa konten dalam format video pendek semakin menjadi favorit dan penyebar informasi yang efektif.

  • Cepat dan mudah dipahami

Video pendek memiliki durasi yang singkat, biasanya antara 30 hingga 60 detik, sehingga lebih mudah dan cepat untuk dikonsumsi. Hal ini sangat cocok bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan hiburan atau informasi yang dapat dinikmati dalam waktu singkat.

  • Bervariasi dan menarik

Video pendek menyajikan beragam jenis konten, mulai dari hiburan, informasi, hingga edukasi, yang membuatnya lebih menarik dan menarik minat masyarakat untuk menontonnya.

  • Menjangkau lebih banyak orang

Video pendek dapat dengan mudah dibagikan di media sosial, memungkinkan kontennya untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ini menjadikan video pendek alat yang efektif untuk menyebarkan informasi atau mempromosikan produk.

Sebagi contohnya informasi viral yang menjadi sorotan publik yaitu pada akun resmi tiktok tvOnenews pada hari rabu 15 januari 2025. menginformasikan vidio pendek berdurasi 47 detik tentang seorang selegram asal aceh yang membaca Al Qur’an yang diiringi music dj dan ini mendapatkan banyak sekali komentar hingga 5000 komentar dan 2,1 jt di tonton dan angkanya terus bertambah hingga sekarang.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwasannya TikTok terbukti menjadi salah satu media yang dapat menjadi wadah untuk menyampaikan informasi  public. Karena sudah terbukti pada era digital sekarang di Indonesia pengguna tik tok mencapai  91,1 juta orang, dan kemungkinan ini akan terus bertambah jumlahnya dan video pendek menjadi salah satu kekuatannya dalam menarik perhatian publik dan Tingkat penontonya mencapai penetrasi 70%. TikTok terbukti efektif sebagai platform penyampaian informasi publik dengan tingkat engagement yang tinggi.

Daftar pustaka 

 Samudra Sugiarto  & Andini Nur Bahri, Efektivitas Akun TikTok sebagai Media Berita dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Generasi Z: Studi Kasus di UINSU, Volume 23, Number 2, April 2024, Hal 65

View of Analisis Studi Kasus TikTok dan Pengaruhnya Terhadap Platform Media Sosial

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun