Mari lebih dekat mengenal BUMN Pertamina ini, sudah familiar semua orang pasti tahu. Sejarah pertamina di mulai dari tahun 10 Desember 1957 masih bernama PT Perusahaan Minyak Nasional di singkat manjadi PERMINA tanggal10 Desember diperingati menjadi hari lahirnya pertamina hingga saat ini Pertamina sudah berumur 71 tahun, mengabdikan diri di bumi nusantara. Perusahaan milik negara ini tidak-lah mulus perjalannya untuk sukses seperti sekarang,banyak terjadi perubahan nama, di tahun 1957 bernama PERMIN. Pada tahun 1960 PT PERMINA berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN) Permina kemudian, PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968. Itu lah cikal bakal nama Pertamina yang kita kenal sekarang, tidak mudah untuk menjadi yang terbaik tepat tahun 2017 lalu PT. Pertamina (Persero) Mendapat penghargaan dari  Anugerah  BUMN 2017 katerogi tata kelola terbaik (GCG) . Penghargaan ini tidak lepas dari semua stakeholder yang terlibat di dalamnya.
Peran pertamina sangat penting dengan kehadiran Pertamina dapat mengerakan transportasi untuk publik. Kita tidak bisa ke kampus atau bekerja bila tidak ada Pertamina jika kalau ingin jalan kaki. Semua trasportasi yang mengunakan bahan bakar minyak, entah bensin, solar, pertalite, pertamax, maupun pertamax Turbo Pertamina lah yang mengelola. PT Pertamina sangat-lah riskan terhadap masyarakat, jika BBM naik semua kemuniti akan naik juga kejadian tersebut akan membuat ibu-ibu di pasar akan mengeluh kenapa semua barang naik?. Mahasiwa tidak tinggal diam mereka akan turun ke jalan melakukan demostrasi menolak BBM naik. Itu salah satu contoh betapa pentingnya PT Pertamina hadir disetiap lini kehidupan rakyat Indonesia.
Kita pasti tidak pernah asing melihat  Truck besar berwarna merah dan putih lalu lalang di jalan umum. Itu adalah kendaraan menyalurkan BBM dari Anjungan Validasi Mandiri ke setiap SPBUM di seluruh Indonesia. Mereka bekerja sangat hati-hati karena pekerjaan ini sangat membutuhkan ketelitian. Banyak persiapan yang di lakukan oleh seorang supir tuck Pertamina sebelum menyalurkan BBM ke  stasion pompa Pertamina.
1. KESIAPAN & PERLENGKAPAN :
Siapkan fisik, dengan makan dan istirahat yang cukup
Menyiapkan perlengkapan kerja
Mengupayakan dukungan motivasi kerja dari keluarga
Teguhkan motivasi pribadi
Membina keselarasan visi dan kebanggaan profesi
Bina hubungan baik dengan rekan kerja
Periksa kelengkapan kerja seperti : Safety Helmet, Uniform, Safety Vest, Safety Gloves, Safety Shoes, dan ID Card
2. PEMERIKSAAN TRUK TANGKI :
Pemeriksaan tekanan udara dan kondisi Ban
Memeriksa APAR
Memeriksa Kabel Grounding / Bonding
Pemeriksaan kotak peralatan
Pemerikasan dan Pemasangan Flame Trap
Pemeriksaan air radiator
Pemeriksaan pelumas mesin
Memeriksa indikator dan lampu-lampu kendaraan
Penanganan bengkel jika ada masalah
3. PERSIAPAN PENGISIAN MUATAN BBM :
Mendatangi Anjungan Validasi Mandiri
Scanning Loading Order
Identifikasi Sidik Jari Elektronis
Mendapatkan penugasan baru
Menuju ke Gerbang Area pengisian muatan BBM
Pemeriksaan surat dan peralatan truk oleh Petugas HSSE
Menempelkan i-button
Masuk ke area pengisian muatan bbm
5. PENGISIAN MUATAN BBM :
Memarkirkan truk tangki di Filling Shed
Meletakkan APAR dan Ganjal Ban
Memasang Grounding dan Overfill Cable
Mengaktifkan Safety Valve
Memasang Bottom Loader
Mengaktifkan pengisian dengan i-button
Melepas dan menaruh kembali bottom loader
Mengembalikan Grounding Cablle dan safety Valve
Mengembalikan ganjal ban dan APAR lalu menuju ke Gate
6. PERSIAPAN MUATAN SEBELUM PENGIRIMAN :
Menghentikan truk tangki di Gate Out
Menempelkan I-button
TAS mencetak loading Order
Petugas Gate Out menyiapkan segel
Petugas memeriksa kompartermen tangki
Petugas menyegel tutup manhole dan hkeran bongkar
Melepaskan Flame Trap dari knalpot
Truk tangki mulai perjalanan
7. SAAT PENGIRIMAN BAHAN BAKAR :
Memilih jalan terdekat ke SPBU sesuai dengan maping Pertamina
Mematuhi batas kelas jalan
Mematuhi aturan dan rambu-rambu lalulintas
Tidak mengemudikan truk tangki melebihi batas kecepatan yaitu 70km per jam
Tidak menggunakan telepon selular
Tidak boleh merokok di dalam kabin selama perjalanan
Tidak berhenti di sembarang tempat kecuali dalam keadaan darurat
8. PERSIAPAN PEMBONGKARAN MUATAN
Memarkirkan kendaraan dengan baik dan benar
Memasang APAR, Grounding dan ganjal ban
Lapor ke pengawas SPBU
Memeriksa segel-segel muatan
Memeriksa kuantitas muatan BBM
Memeriksa kualitas muatan BBM
Memeriksa kapasitas tangki timbun
Menyiapkan pembongkaran BBM
9. PEMBONGKARAN BBM DI SPBU :
Menutup keran ke Dispensing Pump
Memeriksa saringan di fillpot
Memasang selang bongkar
Mengalirkan BBM ke tangki timbun
Melaporkan pembongkaran BBM sudah selesai
Menutuh manhole dan kran bongkar
Melepas selang bongkar dan perlengkapannya
Menandatangani berita acara dan terima LO
Truk tangki bisa kembali ke terminal BBM
      Kesemua kegiatan yang dilakukan oleh para supir Truk dan kernetnya dilakukan dengan iklas karena ini adalah profesi mereka. Ada fakta tentang Truk tangki pertamina yang jarang orang ketahui disini saya akan paparkan satu persatu pertama  jenis BBM di dalamnya beragam. Pertama : Truk pengangkut BBM dapat mambawa beragam bahan bakar tanpa campur. Dalam satu tangki dapat membawa solar, premium, bahkan pertamax dalam waktu yang bersamaan. Kedua Pengisian jenis BBM sesui permiantaan : Isi jenis BBM dibawa tidak juga selalu penuh dalam tangki. Jenis maupun jumlahnya ini disesuikan dengan permintaan pihak SPBU, karena mengingat kebutuhan SPBU berbeda beda. Ada pun daya tamping tiap mobil tangki yaitu :
8 kiloliter (kl) = 8.000 liter
16 kl = 16.000 liter
24 kl = 24.000 liter
32 kl = 32.000 liter
40 kl = 40.000 liter
Ketiga Truk Pengangkut Tidak Isi Bensin di TBBM :Truk Pengangkut BBM menggunakan bahan solar. Meskipun truk membawa BBM dalam jumlah banyak, nyatanya bahan bakar untuk mentenagai truk tidak berasal dari tangki. Truk pengangkut BBM memiliki tempat khusus untuk mengisi bahan bakar. Keempat sopirnya sabar dan profesional membawa truk berukuran ekstra besar sudah menjadi tantangan tersendiri. Terlebih lagi truk tersebut membawa muatan bahan bakar yang memiliki risiko terbakar. Sopirnya harus taat peraturan, sabar, dan profesional. Mengapa harus sabar? Dalam keadaan kosong kecepatan maksimalnya 60 km/jam, sedangkan dalam keadaan bermuatan maka kecepatan maksimalnya 40 km/jam.
Truk tangki Pertamina ini memiliki ukuran yang besar, perlu kehati-hatian para pengguna jalan saat bertemu ini Truk. Pandangan supir Truk terbatas dan tidak sempurna saat mengendarai Truk tangki. Hal ini bisa disebabkan karena batasan pandangan cermin / kaca spion maupun karena terhalang oleh pilar konstruksi mobi. Blind Spot pada kendaraan pajang "Long Vehicle" lebih banyak dibandingkan dengan jenis kendaraan yang lain. Dalam hal ini, saya  akan memberi penjelasan mengenai Blind Spot atau titik buta pada kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Pertamina.Â
Mobil tangki pengangangkut BBM milik Pertamina mengangkut bahan yang mudah terbakar untuk itu perlu perhatian kita bersama untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  Area disekitar mobil tangki memiliki titik buta yang tidak terlihat oleh pengemudi mobil tangki. Pada keadaan normal mobil tangki akan berjalan di sebelah kiri dan area sisi kanan mobil tangki merupakan area yang paling domininan karena area ini merupakan area yang paling banyak memiliki titik buta. Sedikit tips dari saya  untuk mengetahui apakah anda berada pada titik buta atu tidak adalah dengan cara melihat spion dari mobil tangki yang ada di depan kendaraan anda. Jika anda bisa melihat wajah dari pengemudi mobil tangki, maka anda tidak berada dalam area titik buta.Â
Namun jika anda tidak bisa melihat wajah pengemudi meobil tangki, maka anda berada di area titik buta.  Selain itu ada juga titik buta yang berada di belakang  mobil tangki, yang  harus dihindari dengan cara tidak mengemudi terlalu dekat dengan mobil tangki, untuk menghindari tabrak belakang. Sekian Blog dari saya, moga moga ini bermanfaat untuk kita semua dan tetap-lah berhati- hati di jalan.
Sumber
http://www.38setia.com/2018/01/tips-berkendara-menghndari-blind-spot.html
https://www.indoTruker.com/inilah-tugas-sopir-dan-kernet-truk-tangki-pertamina/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H