Mohon tunggu...
Alabretta Zileiha E
Alabretta Zileiha E Mohon Tunggu... Lainnya - Diatas langit ada langit dan dibawah tanah masih ada tanah

Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI TKJ SMK Hidayah Banyumanik Semarang

19 Juni 2022   21:03 Diperbarui: 19 Juni 2022   21:21 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dari dahulu hingga sekarang, sebagian besar siswa tidak menyukai matematika. Tak hanya anak-anak di sekolah bahkan orang dewasa pun merasa pusing dan malas saat menjumpai pelajaran ini. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah memiliki karakteristik yang abstrak, logis, dan sistematis. 

Keberagaman rumus dalam pelajaran ini yang harus dipahami dapat menimbulkan rasa bosan, jenuh, dan tertekan pada siswa sehingga mereka selalu berpresepsi buruk terhadap pelajaran matematika. Salah satu yang membuat matematika terasa seperti tugas berat adalah tidak adanya pemahaman yang mendasar namun harus pindah ke materi selanjutnya yang tentu saja lebih rumit sehingga dapat membingungkan siswa.

Terlebih saat pandemi Covid-19 mulai menyebar ke berbagai negara, termasuk di Indonesia, yang berdampak pada segala aspek kehidupan terutama pendidikan. Penutupan sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi sebagai salah satu usaha kita dalam menghentikan penyebarluasan virus tersebut. 

Dengan berbagai risiko yang akan dihadapi, kita tetap harus menjalankan pembelajaran secara jarak jauh walaupun langkah ini kurang efektif dan kurang optimal dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diberikan . 

Dapat dirasakan bahwa keadaan ini makin menambah ketidakminatan siswa dalam belajar matematika.Tingkat kesukaran yang dialami siswa dalam belajar matematika, tentunya berbeda tiap individu karena adanya perbedaan kecerdasan dan kemampuan siswa. 

Terdapat beberapa permasalahan dalam jenis pembelajaran ini diantaranya sering terjadi ketidaksampaian materi dan pemahaman dari guru terhadap siswa.Selain itu, sikap siswa yang tertutup kepada gurunya meskipun dia mengalami kesulitan.

Sedangkan kita tahu bahwa minat dalam belajar dapat memengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kurangnya minat belajar matematika pada siswa mengakibatkan pencapaian hasil belajar siswa yang kurang baik pula. Selain diri siswa sendiri, Orang tua dan guru juga memiliki peran penting untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa tersebut. 

Ketika siswa memiliki minat belajar dan sikap positif terhadap pelajaran, dia akan menikmati proses pembelajaran dengan senang hati sehingga dapat diharapkan untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan bagi guru maupun siswa. 

Apabila dalam diri siswa sudah tumbuh minat dalam belajar matematika maka siswa tersebut akan terdorong untuk mempelajari berbagai materi baik di sekolah ataupun di rumah. Hal ini membawa keingintahuan terhadap pengertian, faktor dan ciri-ciri minat siswa pada pembelajaran matematika.

Pengertian Minat

Menurut KBBI, minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, dan keinginan. Aktivitas yang diminati seseorang pastinya akan dia lakukan secara terus-menerus dengan tanpa rasa jenuh dan rasa terbebani karena memberikan kepuasan tersendiri baginya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun