Mohon tunggu...
Suciarti Wahyuningtyas
Suciarti Wahyuningtyas Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger dan Food Fotografer

Content Creator | Blogger | Photographer

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kelola Stres Saat Pandemi dengan Melakukan Hobi

15 Desember 2020   23:49 Diperbarui: 15 Desember 2020   23:57 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melakukan Hobi Saat Pandemi (Koleksi Pribadi)

Hallo... Gimana kabarnya teman-teman? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, terlebih di saat pandemi sekarang ini kita harus tetap jaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Gak berasa sih emang ini sudah 9 bulan ya kita menjalani kehidupan ditengah pandemi yang sebenarnya tidak terpikirkan olehku sama sekali. 

Kebayang banget waktu awal-awal diberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau yang biasa disebut dengan PSBB ini membuat saya langsung memikirkan beberapa kegiatan yang harus dilakukan saat di rumah. 

Intinya sih tetap menyibukan diri walau di rumah gitu dan yang paling penting terhindar dari stres. Karena saat pandemi seperti sekarang ini orang jadi mudah sekali stres, belum lagi melihat pemberitaan di televisi atau media digital lainnya. 

Melakukan Hobi di Rumah

Berasa sekali semenjak pandemi ini banyak sekali tren hobi baru yang sebenarnya rasa lama, contohnya seperti bersepeda, bercocok tanam dan memasak. Yang mana ketiga ini sebenarnya sudah sering dilakukan sebelum pandemi tapi semenjak pandemi masyarakat banyak melakukannya. 

Saya pun mengadaptasi hobi-hobi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Intinya sih satu ya "gak mau stres di saat pandemi", pokoknya gimana caranya harus punya kesibukan. 

Yup, saya pun melakukan tren hobi tersebut dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini. Karena sebenarnya untuk mengelola stres saat pandemi itu adalah lawan terbesarnya adalah diri sendiri. 

Kalau dulu ditanya hobinya apa? Pasti saya akan jawab "motret dan jalan-jalan", iya sebelum pandemi ini memang hobi yang saya lakukan. Tapi bukan berarti saat pandemi saya berhenti motret, karena sampai hari ini pun memotret masih menjadi hobi yang selalu saya lakukan di rumah. 

Jadi hobi baru yang saya lakukan saat ini adalah menaman tanaman hias, ini yang dari awal saya tidak suka tapi karena pandemi dan melihat beberapa teman juga melakukan hal yang sama. 

Kalau dulu sebelum pandemi di rumah tidak ada sama sekali yang namanya tanaman hias kalau sekarang alhamdulillah karena tren hobi ini jadi punya beberapa anak hijau yang setiap hari selalu ku sapa.

Istirahat Sejenak Dari Akses Media

istirahat sejenak dari akses media (Koleksi Pribadi)
istirahat sejenak dari akses media (Koleksi Pribadi)
Salah satu faktor yang bisa memicu stres itu melihat berita di sosial media atau berita berita online, belum lagi bacain pesan dibeberapa grup whats app yang belum tentu benar. 

Salah satu hal yang saya lakukan untuk menghindari stres adalah istirahat dari akses media. Beberapa akun berita yang saya ikuti di media sosial pun saya unfollow, bahkan saya pun tidak menonton televisi demi jiwa yang sehat. Jujur bawaannya parno waktu awal-awal lihat berita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun