Mohon tunggu...
Akrivos Consulting
Akrivos Consulting Mohon Tunggu... -

Founded on 2011, Akrivos firstly served as import sourcing agent in China for Indonesia market. By having network in China, Europa, Middle East, and Baltic States, Akrivos expanded its business to International Trade Service to help Indonesia SME to sell and market their products to overseas countries. Handling a lot of SME consultation before using import or international trade campaign, Akrivos expands the business to SME Consulting which consist of business planning, marketing planning, human resource planning, and supply chain management. Our mission is to help our clients make distinctive, and substantial improvements in their performance and also business process. Working together, to build a great company that attracts, and sustains in the market.

Selanjutnya

Tutup

Money

Pemasaran secara Digital

20 Juli 2014   02:34 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:51 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek  dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan

Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaan internet  Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar

Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

1. Tipe pemasaran digital

A. E-mail

Pemasaran melalui e-mail disebut e-mail komersial. Penggunaan e-mail dalam bisnis dapat membantu pengiriman informasi (promosi) mengenai produk atau jasa pada receiver (penerima pesan). CAN-SPAM Act adalah sebuah hukum yang menetapkan aturan-aturan untuk e-mail komersial.

Persyaratan utama CAN-SPAM Act


  • Dilarang menggunakan informasi header palsu atau menyesatkan
  • Mengindetifikasi bisnis secara akurat.
  • Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu


Baris subjek harus mencerminkan isi pesan.


  • Identifikasi pesan sebagai iklan


Iklan harus diungkapkan dengan jelas dan mencolok.


  • Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan


Mengikutsertakan alamat yang valid berupa pos fisik. Pos tersebut harus terdaftar pada Postal Service.


  • Memantau orang lain yang mengatasnamakan perusahaan utama


Menyewa perusahaan lain untuk menangani pemasaran e-mail harus didasari atas tanggung jawab dengan mematuhi hukum yang berlaku.

Pemasaran tanpa internet


  • SMS


Salah satu pesan teks melalui ponsel. Pemasaran ini dimulai sejak tahun 2000-an di beberapa negara seperti eropa , Amerika Utara, dan Asia. Pada tahun 2005 alat komunikasi seluler (ponsel) menjadi bentuk pemasaran yang sah di seluruh dunia.


  • Iklan banner


Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog atau situs kliennya

3. Solusi pemasaran digital

Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan dorong. Hal ini digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan keterlibatan konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan reponsif dalam memenangkan konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui infestasi baru dalam teknologi daninofasi . Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai,retensi , dan pendapatan

Aturan dalam pemasaran digital :


  • Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunikasi virtual
  • Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
  • Gunakan harga yang kreatif.
  • Mengutamakan desain bagi konsumen.
  • Gunakan eksperementasi yang bersifat adaptif.
  • Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.

4.  Langkah-langkah pemasaran digital


Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).[9]


  1. Awareness (Kesadaran)


Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu dimedia onlain,


  1. Interest (Ketertarikan)


Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistemonline, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (google,yahoo dll) dan jejaring sosial (facebook, twiteer dll).


  1. Desire (Keinginan)


Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui melalui situs web.


  1. Action (Tindakan)


Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

5.  Kunci sukses pemasaran digital


  • Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action)


Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring social.

Source: http://www.akrivosconsulting.com/pemasaran-secara-digital/

www.akrivosconsulting.com

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun