PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Psikologi perkembangan ialah bagian psikologi yang secara khusus mempelajari pertumbuhan dan pekembangan aspek fisik, kognitif maupun psikososial manusia sejak masa konsepsi sampai kematianya.
PENGERTIAN PSIKOLOGI SOSIAL
Psikologisosialialahpsikologiyang secarakhususmempelajariperilakudanproses kejiwaanindividudalamkonteksinteraksisosial
Faktor-faktormempengaruhi kepribadianÂ
- Fisik.
- Inteligensi. Individu yanginteligensinya tinggi/normal mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan
- Keluarga.
- Teman sebaya.
- Kebudayaan.Â
Masa mengembanganbentuk-bentuktingkahlakusosial.
- Pembangkangan
- Agresi(menyerangbalik)
- Berselisih/bertengkar
- Menggoda
- Persaingan
- Kerjasama
- Tingkahlakuberkuasa
- Simpati
Upaya-upaya membimbingperkembangnmoral
1.Memberikan contoh/teladayang baik,dalamberperilaku/bertuturkata
2.Menanamkan kesiplinanpadaanak,dalamberbagaiaspekkehidupan,sepertimemeliharakebersihan/kesehatan,dantata-krama/berbudipekertiluhur
3.Mengembangkanwawasantentangnilai-nilaimoral padaanak,baikmelaluipemberianinformasi,ataumelaluicerita,sepertitentang: riwayatorang-orang ygbaik(paranabidanpahlawa),duniabinatangyang mengisahkantentangnilaikejujuran,kedermawanan,kesetiakawanan/kerajinan
PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAKUMUR 7-12 TAHUN
1.Masaanaktengah(middle childhood)
2.Dimasaini,anak-anakkira-kiraberumur7-9 tahun.Dalambudayaakademis,merekadudukdi bangkusekolahdasarkelas1,2,atau3. SeorangtokohpsikologalirankognitifberkebangasaanPerancisdankemudianmenjadiwargaAustria, Jean Piaget menyebut masa kanak-kanak  adalahawalberadapadafaseperkembanganoperasikonkrit.
3. Kehidupansosialanak-anakpadamasainidiwarnaidengankekompakankelompoktemansebayayang berkelaminsejenis.Masaini,dalampandanganpsikoanalisSigmund Freud,berdapadatahaplaten(latency pashe)yaknimasatenangdannyaman,di manalibido seksualditekankedalamalambawahsadar,gunamemberikesempatanuntukmengembangakanpotensiintelektualmaupunsoialisasi.Olehkarenaitulah,pertumbuhanfisikanaktengahtergolonglambat.
4. Secaraspesifik,Erik Eriksonmenyebutmasakanak-kanaktengahsebagaimasaindustri.Anak-anakmulaimengembangakankepribadiansepertipembentukankonsepdirifisik,sosial,danakademis,gunamenopangperkembanganhargadiri,percayadiri,danefikasidiri
MANFAATMEMPELAJARI PSIKOLOGI PERKEMBANGANANAK-ANAK
1.Tersampaikanyaharapanyang realististerhadapanakdanremaja.
2.Pengetahuantentangperkembangandapatmembantukitadalammemberikanresponsyang tepatterhadapperilakutertentusesoranganak.
3.Mulaitersusunyapedomandalambentukskalatinggi-berat,skalausia-berat,skalausia-mental,danskalaperkembangansosialatauemosional.
4.Telahdiketahuikemungkinanperubahanpolanormal perkembanganyaitukearahmana.
5.Terlaksanakanyabimbinganbelajaryang tepat.
6. Mampu menjaditolakukuruntukkitasendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H