A.Definisi Perkembangan Kognitif
- perkembanganmanusiadapatdidefinisikansebagaisuatuyang merujukpadaperubahan-perubahantertentuyang terjadidalamsepanjangsikluskehidupanmanusiasejakmasakonsepsi,sampaimatitidakdapatberulang,tidakdapatdiputarkembali.
B.Teori Perkembangan Kognitif
1.Lev Vygotsky
- Vygotsky(2012) Teoriiniadalahteoriyang sesuaidenganmodel pembelajarankooperatif,yang terjadiinterkasisocial antarapesertadidikdenganpesertadidikdanpesertadidikdanpendidik.
- Vygotskyyakinpembelajaranterjadisaatanakmengerjakantugas-tugas““zoneof proximal development”.
2. Teori Gestalt
TeoribelajarGestalt berlakuuntuksemuaaspekpembelajaranmanusia,sepertiyang diuraikanAkhmadSudrajat(2012) sebagaiberikut:
- Pengalaman tilikan (insight)
- Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)
- Perilaku bertujuan (purposive behavior)