"Om, Arza (8 bulan) itu sudah bisa saya bacakan cerita apa gak ya?" Pesan whatsapp yang saya terima pagi itu dari saudara mengingatkan beberapa pertanyaan yang saya dapatkan ketika mengisi kelas parenting di berbagai lembaga PAUD. Kebanyakan ibu-ibu muda yang tertarik dengan manfaat bercerita ke anak memiliki dua pertanyaan besar, kapan saya harus memulai cerita ke anak; dan bagaimana memulainya?
Waktu yang tepat untuk bercerita
Tahukah kita bahwa indera pendengaran manusia telah berkembang sejak dalam kandungan? Â Artinya tidak ada istilah terlalu dini untuk bercerita bagi anak-anak. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa semakin cepat kita mulai membaca untuk anak, maka semakin besar dampak positifnya bagi berbagai aspek perkembangannya.Â
Jika ada pertanyaan apakah bayi sudah mengerti dan paham atas pembicaraan kita? Jawabannya sangat sederhana, coba saja perhatikan bayi jika orang di sekitarnya sedang berbicara padanya, apakah mereka merespon? Tentu saja mereka tidak memahami arti setiap perkataan yang mengarah pada mereka, namun ritme bicara dan jenis suara yang berbeda akan membantu mereka untuk mengembangkan pendengarannya. Proses inilah yang meletakkan dasar untuk keterampilan mendengar kemudian hari.
Selain meletakkan pondasi keterampilan mendengarkan, kata-kata yang didengar bayi pada  minggu-minggu, bulan dan tahun pertama juga dikatakan baik bagi pengembangan kemampuan bahasa mereka nanti.Â
Penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang baik juga dapat membantu anak untuk menjadi lebih baik di sekolah. Lebih dari itu semua, bercerita kepada bayi dapat membangun kualitas hubungan anak-orangtua. Bayi dan anak-anak pada umumnya menyukai perhatian penuh (tidak terbagi) dari orangtua mereka, mengajak mereka berkomunikasi (cerita) dan memberinya pelukan disebut sebagai pondasi rasa aman dan kelekatan (attachment) antara bayi dan orangtua. Beberapa penelitian juga menyebut kualitas hubungan antara bayi-orangtua membangun rutinitas tidur bayi menjadi lebih baik.
Jadi, tidak masalah berapapun usia bayi Anda, bercerita memberikan manfaat bagi mereka dan tentunya bagi Anda juga.
Anda tidak harus mahir menuturkan cerita secara ekspresif atau bahkan membuat cerita untuk anak bayi Anda. Terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan tentang aktivitas ini. Jika Anda tidak mampu bercerita tanpa teks (buku), maka ambillah buku cerita dan mulailah membacakan untuknya. Jika Anda kesulitan mendapatkan buku cerita, silahkan mencari di internet. Kalau opsi tersebut juga tidak memungkinkan karena gawai Anda tidak selalu terkoneksi internet, maka Anda bisa bercerita tentang kisah Anda sendiri. Cerita keseharian, waktu kecil, atau bahkan cita-cita masa depan Anda.
Apapun opsi yang Anda ambil, bercerita merupakan alat komunikasi yang paling fantastis untuk perkembangan anak kita. Buku lama Snow dan Ferguson berjudul talking to children (1977) merangkum banyak penelitian yang mengatakan bahwa apa yang diberikan orangtua saat bercerita dapat mendorong kemampuan bicara (conversation) dan membangun narasi bercerita anak-anak kita.
Mulailah dengan bermain
Bermain dan rutinitas anak merupakan dasar yang membentuk perkembangan bahasa anak. Ahli perkembangan anak Jarome Bruner dalam bukunya Actual Minds, Possible Worlds (1986) juga menyakini bahwa anak membangun kemampuan naratifnya melalui aktivitas bermain dan ritual keseharian seperti makan, minum, tidur dan lainnya. Itulah penting untuk memulai percakapan sedini mungkin untuk menjembatani perkembangan cara berpikir anak-anak kita.
Suatu ketika saya terkaget karena mendengar anak pertama saya (waktu itu berusia 2 tahun 5 bulan) mengoceh saat duduk di atas kloset untuk buang air besar.Â
Saat saya intip ternyata dia memainkan dua tangannya untuk memainkan sebuah skenario. "Hey, jangan, jangan disana banyak paku, nanti kena kaki lo. Tuh kan jatuh. Sini-sini tak berikan obat", begitu kira-kira percakapannya tentu dengan bahasa yang masih sangat kabur. Meskipun dengan bahasa yang sangat sederhana, tindakan tersbut memiliki tema dasar yang bermakna, terdapat karakter, emosi dan juga akhir cerita. Kisah anak saya tersebut menunjukkan aktivitas keseharian penting dalam memantik kemampuan gramatikan anak.
Mulailah bercerita dengan hal-hal sederhana dan keseharian mereka, sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Kita bisa mulai menceritakan makanan enak, dapur, sapu, kebersihan dan masih banyak lagi. Saya pernah menulisnya dalam istilah banter.
Ceritakan masa lalu dan cita-cita
Cara lain anak-anak dalam mengeksplorasi bentuk naratif melalui cerita-cerita masa lalu yang didapatkan bersama orangtua dan pengasuh mereka. Seperti halnya permainan simbolis, menceritakan kisah-kisah tentang masa lalu tampaknya menjadi semacam transaksi intersubjektif di mana anak dan orangtua bersama-sama membangun cerita.
Sembari bernostalgia, orangtua dapat membawa anak-anak mereka untuk merenungkan, berkontribusi, membayangkan masa lalu, dan akhirnya menginternalisasi narasi tersebut untuk diperbandingkan dengan keadaannya. Cerita masa lalu tidak harus berfokus pada kejadian yang dramatis saja, Anda bisa menceritakan baju kesayangan Anda saat anak-anak sedang memakai baju sehabis mandi. Cerita tentang masa lalu akan semakin kolaboratif seiring perkembangan anak-anak kita.
***
Mengakhiri perdebatan quality or quantity time
Jika pendidikan diturunkan salah satunya melewati buku, maka pengalaman dapat dituturkan lewat cerita, begitu motto Tale-A-Tale sebuah laman cerita di India.
Jika di antara dari kta masih ada yang terjebak dengan perdebatan waktu berkualitas dengan anak, terdapat pertanyaan sederhana harus kita lemparkan, "apakah yang paling kita ingat sewaktu kecil?" Semoga akan banyak yang menjawab mendapatkan cerita dan dongeng dari orangtua kita. Artinya, hentikan perdebatan tentang seberapa banyak waktu yang kita butuhkan untuk membangun waktu berkualitas dengan anak. Jawabannya sederhana, maukah kita menyisihkan sedikit waktu kepada anak-anak kita untuk berkomunikasi, terlebih memberikan mereka cerita-cerita.
Cerita tidak hanya datang dalam bentuk buku. Masyarakat Nusantara adalah satu contoh masyarakat yang memiliki tradisi cerita lisan lebih kuat tinimbang cerita tulis. Satu hal yang penting adalah bahwa cerita dapat membentuk percakapan keseharian menjadi lebih kaya. Perbedaan budaya antar masyarakat dari cara bercerita dan bentuk cerita mencerminkan kepribadian, budaya, dan minat. Semakin kaya repertoar gaya bercerita seorang anak, semakin banyak kemungkinan bagi anak itu untuk mengembangkan membentuk kepribadian kuat sebagai cermin dari mental, keluarga, dan lingkungan masyarakatnya.
Terdapat satu pertanyaan lagi yang belum sempat saya tuliskan, yaitu bagaimana melihat tahapan perkembangan anak-anak kita saat menyimak cerita. Insyaallah akan saya tulis pada tuisan selanjutnya hehe.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H