Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Guru Pendidikan Pancasila bertugas di SMPN 44 Jakarta, Ketua MGMP Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur, Komite SMKN 1 Cikarang Barat, Konsultan Hukum, CGP Angkatan 10, bisnis, hobbi menulis tentang dunia pendidikan, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. beberapa tulisan tertuang dalam https://www.kompasiana.com/akhmadi23750, https://akhmadijpr.com/, https://akhmadiblog.blogspot.com/, https://www.facebook.com/akhmadijpr.akhmadijpr/

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Penilaian Akhir Semester (PAS)

1 Desember 2020   12:31 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:42 558
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 30 November 2020 kami memulai kegiatan PAS sesuai kalender akademik yang kami susun dan tetap mengacu kalender pendidikan dari dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. pada kesempatan ini kami menggunakan Aplikasi Portaldik.id, produk anak bangsa yang cukup membantu untuk pelaksanaan PJJ/BDR dan kegiatan PAS. Untuk melaksanakan kegiatan ini tentunya ada beberapa tahapan persiapan yang diharus lalui, antara lain :

1. Pra Pelaksanaan PAS

Pada kegiatan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu : 

a.  Surat tugas Panitia

Setiap kegiatan harus dibuat Kepanitiaan, surat tugas Panitia dibuat kurang lebih 2 minggu sebelum pelaksanaan diadakan dibuatkan.  Untuk surat tugas membuat soal untuk guru diberikan  1 bulan sebelum pelaksanaan dengan harapan guru membuat soal tidak terburu-buru dan tetap memperhatikan kaidah penulisan soal yang baik dan benar. 

b. Mengagendakan rapat 

Rapat dlaksanakan 1 minggu sebelum pelaksanaan. Rapat sangat diperlukan untuk menampung semua pendapat, ide-ide yang sifatnya membangun. melalui Rapat ditentukan berbagai macam hal diantaranya, membahas aplikasi yang kita gunakan. kami sepakat untuk menggunakan aplikasi Portaldik.id. Aplikasi ini tidak perlu di download tinggal masuk ke https://portaldik.id/login dan memasukkan username dan pasword cukup sederhana dan simpel. Penekanan pada kepanitiaan ada beberapa guru dan karyawan yang ditunjuk sebagai operator tentunya dipilih berdasarkan kemampuan yang cukup dibidang IT. 

c. Input Soal

Berdasarkan pembagian tugas dikepanitian, ditentukan tim operator yang memiliki tugas menginput soal di Portaldik. akun admin Portaldik digunakan saat ujian yang sifatnya serentak. Jumlah soal 50 butir soal kecuali IPA dan Matematika 40 soal dengan 4 option jawaban. Soal diseting dengan waktu 120 menit, sistem acak dan penskoran. 

d. TRYOUT/SIMULASI

Sebelum pelaksanaan PAS kami melaksanakan Tryout/simulasi dengan tujuan mengetahui sejauh mana masalah yang dihadapi. Pastikan akun siswa sesuai dengan kelasnya artinya jangan sampai siswa salah masuk ke kelas yang lain. Hasil Tryout/simulasi di download dan diberikan ke wali kelas. wali kelas dapat cek and ricek nama  siswa yang mengikuti ujian, jika siswa tidak mengikuti ujian pasti tidak ada namanya. Data siswa yang tidak mengikuti ujian, walas dapat mengambil langkah menghubungi orangtua siswa, apabila orangtua siswa tidak dapat dihubungi, wali kelas dapat melakukan kunjungan ke rumah (home visit) kerjasama dengan Guru BK dan kesiswaan. Sehingga masalah yang dihadapi siswa dapat diketahui dengan jelas dan pasti. Apabila Permasalahan yang dihadapi siswa dapat diketahui, pihak sekolah dapat mengambil kebijkan yang tepat.

2. Pelaksanaan PAS

Pelaksanaan PAS dapat berjalan dengan baik apabila tahap pra pelaksanaan dilakukan dengan maksimal. Sukses dan tidaknya dapat diperhitungkan, apabila pra pelaksanaanya baik, sekitar 95% insyaallah akan berhasil. Berdasarkan pengalama di hari pertama masalah biasanya bermunculan hal ini sangatlah wajar. Ujian yang bersifat tatap muka saja masih mengalami masalah apalagi dengan kondisi sekarang yang menuntut ujian menggunakan aplikasi dengan sistem daring. Tetapi optimislah, semua kegiatan akan berjalan dengan baik apabila kita sungguh-sungguh mengerjakan dan ikhlas. Tim kerja harus kompak. saling membantu, saling menghormati, saling melengkapi, saling mengingatkan dan saling berbagi. Dalam Tim kerja hendaknya dihindari ego individu, tidak boleh mengedepankan pendapat sendiri dan dijadikan pendapat yang seolah olah benar 100%.

3. Evalusai dan tindak lanjut

Setelah kegaiatan PAS terakhir bukan semata -mata berakhir sudah semua kegiatan. Evaluasi dan Tindaklanjut tetap dilaksanakan agar mengetahui masalah-masalah yang dihadapi, gendala teknis apa saja yang terjadi, semuanya harus dicatat dengan baik dan dicarikan solusi untuk pemecahannya sehingga untuk ujian selanjutnya akan lebih baik dan kondusif. permasalahan yang ada tentunya dapat dipilah-pilah dengan tujuan mempermudah penangan yang sifatnya dapat segera diatasi atau menunggu waktu dan biaya. Hal ini dapat dibahas dalam Tim manajemen sekolah. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat terutama bapak/ibu Guru yang akan melaksanakan ujian di sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun