Mohon tunggu...
Akhmad Fadholi
Akhmad Fadholi Mohon Tunggu... Guru - SDN Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kab. Brebes

Olah Raga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.2.a Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

13 Juni 2023   23:51 Diperbarui: 13 Juni 2023   23:57 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MODUL 3.2

 3.2.a.JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

AKHMAD FADHOLI

SD NEGERI KEDUNGBOKOR 01

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Perkenalkan saya Akhmad Fadholi Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari  SDN Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kabupaten Brebes  Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis hasil refleksi saya selah saya menjalani modul 3.2 tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 3.2 yaitu Pemimpin Dalam Pengelola Sumber Daya

Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 3.2 dan merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman dan kesan saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 3.2 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

PERISTIWA/FACT

      

Dalam mempelajari modul 3.2 ini ada beberapa peristiwa penting atau kegiatan yang harus dilalui. Mulai dari kegiatan Mulai Dari Diri yang harus dilaksanakan secara mandiri sampai pada kegiatan aksi nyata yang harus dilaksanakan Bersama rekan sejawat  kepala sekolah. Komite , wali murid dan murid Berikut saya paparkan satu persatu kegiatannya.

Kegiatan Mulai Dari Diri

Dalam kegiatan ini CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal CGP tentang ekosistem sekolah dan peran Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Adapun pertanyaan mengenai Ekosistem yang ada di sekolah, Apa saja Sumber daya yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan, Merefleksikan sosok pemimpin yang ideal, dan diakhiri dengan harapan dari CGP setelah mempelajari modul ini. Awalnya CGP merasa bahwa Sumber Daya yang ada di sekitar sebatas benda hidup (biotik), Namun ssetelah mempelajari modul ini banyak sumber daya yang belum di eksplorasi dengan masksimal. Dan untuk kedepannya berharap mampu mengelola sumber daya dengan baik, maksimal dan bermanfaat untuk semua pihak.

Kegiatan Eksplorasi Konsep

Dalam kegiatan Eksplorasi Konsep CGP aktif dalam menyampaikan pemikirannya setelah melaksanakan pembelajaran daring. Materi dalam Modul 3.2 terkait Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam kegiatan eksplorasi konsep, Mandiri ini memiliki tujuan khusus yaitu 1. CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah. 2. CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah. 3. CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (AssetBased Community Development/ABCD). 4. CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya. Selanjutnya dalam forum diskusi Asinkronus disajikan 2 kasus, CGP diminta menjawab setiap pertanyaan dari kedua kasus tersebut dengan aturan cara menjawab diawali dengan "Jawaban kasus nomor 1 dan 2".

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Dalam Ruang Kolaborasi Sesi 1,  dalam Bimbingan Fasilitator Ibu Yuspita CGP bekerja secara kelompok  yang terdiri dari  masing masing 4 orang yaitu Akhmad Fadholi, Neneng Cursiasih, Rosikum dan Ayu sela (berkolaborasi) untuk membuat pemetaan/identifikasi mengenai semua asset yang dimiliki daerahnya. Hasil Pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, table, mindmap dll. Dan kelompok kami memilih menyajikan dalam bentuk mindmap./ Pemetaan Aset

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Pada Sesi Ini CGP mempresentasikan hasil identifikasi asset/modal yang telah didiskusikan  yang berjudul “ Perpustakaan SahabatKu “sebelumnya dengan kelompok masing-masing. Kelompok lain diminta memberikan umpan balik terhadap presentasi yang telah dilakukan. Untuk selanjutnya hasil presentasi diunggah dalam LMS.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan Demonstrasi Kontekstual

Dalam Demonstrasi Kontekstual CGP sudah melaksanakan tugas yang berkaitan dengan parakarsa perubahan dalam bentuk BAGJA.Tujuan khusus dari kegiatan Demonstrasi Kontekstual ini adalah CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada, dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada, dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video, dan dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini. Untuk selanjutnya tugas diunggah dalam LMS dengan Link You tube

https://www.youtube.com/watch?v=DuRn_eNbkWU

Kegiatan Elaborasi Pemahaan

Dalam Elaborasi pemahaman CGP menyampaikan refleksinya dan berbagi pengalaman tentang  Coaching untuk Supervisi akademik. Dalam kegiatan elaborasi pemahaman ini juga dibahas mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya melalui proses tanya jawab dan diskusi. CGP diharapkan dapat mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktu

Kegiatan Koneksi Antar Materi

Pada sesi pembelajaran kali ini, Bapak/Ibu CGP membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Dalam kegiatan ini CGP sudah menyelesaikan tugasnya tepat waktu. CGP menyampaikan refleksi diri menggunakan model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan Masa Depan) kaitannya dengan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Kemudian mengaitkan materi dari modul 2 (2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, 2.2 Pembelajara social dan emosional, dan 2.3 Coaching untuk supervise akademik) dengan modul 3.1 Pengambilan keputusa berbasis nilai-nilai kebajikan. Untuk selanjutnya di unggah pada LMS masing-masing

Di  you tube https://youtu.be/8T4efOzhCfQ

Kegiatan Aksi Nyata

Dalam kegiatan ini CGP mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratif agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Dokumentasi dari proses ini akan dinilai pada kunjungan pendampingan individu ke-6. Selanjutnya di Upload dalam LMS

 Di     https://youtu.be/K40Ej1JjMxo

PERASAAN/FEELING

Perasaan selama mempelajari modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya adalah lebih paham dan tertantang untuk semakin memahami bagaimana sikap seorang pemimpin dalam mengembangkan sumber daya yang ada. Khususnya di  linkungan sekolah saya yaitu SDN Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kab Brebes

Namun, ada perasaan cemas dan khawatir juga setelah mempelajari modul ini, saya khawatir jika saya tidak maksimal dalam memanfaatkan Sumber Daya yang dimiliki  di lingkunga sekolah meskipun sudah dipetakan dengan baik.

PEMBELAJARAN/FINDING

Pembelajaran berharga yang diperoleh dari pembelajaran di modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yakni saya lebih terbuka dan Memahami bagaimana seorang pemmimpin dalam  pengelolaan sumber daya dengan menemukenali dan mengelola Sumber Daya yang ada sebagai potensi an kekuatan  dan mampu menganalisis komunitas agar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan. Memberikan pengetahuan tentang perbedaan Defisit-Basseed Approach dan Aset-Bassed Approach serta penddekatan Pengembangan KomunitasBerbasis Aset (PKBA) dalam Pengembangan dan kemajuan  sekolah.

PENERAPAN KE DEPAN/FUTURE

 Dalam  modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya menekankan pada bagaimana Penerapan/ tindakan yang bisa saya lakukan setelah melalui pembelajaran selama dua minggu ini diantaranya menganalisis asset komunitas dan strategi pemanfaatannya sebagai wujud pengelolaan sumber daya yang ada. Melatih diri untuk semakin peka terhadap aset pada murid dan berupaya mengembangkannya dengan baik. Mengedepankan Aset-Bassd Approach dalam mengembangkan/mengelola murid, sekolah, dan lingkungan sekitar.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Guru bergerak , tergerak dan menggerakkan

Terima kasih semoga bermanfaat

=Salam dan Bahagia=

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun