"Setiap Orang memiliki waktu yang sama dalam sehari semalam, yakni 24 jam, tidak kurang dan tidak lebih, namun setiap orang memiliki tingkat produktifitas yang berbeda meski memiliki waktu yang sama"
Waktu merupakan batas dalam kehidupan manusia, semuanya sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari semalam, tetapi setiap orang memiliki tingkat produktifitas yang berbeda satu sama lain meski memiliki waktu yang sama.
Hal menarik yang terus untuk dipelajari adalah cara mengelola waktu yang baik dan tingkat memanfaatkan waktu lebih efektif dan efisien dalam kehidupan kita sehari-hari.
Tidak semua orang bisa mengatur waktu dengan baik, begitu pula waktu pun tidak bisa diatur sesuai keinginan dan kehendak kita.
Tetapi mengelola waktu dalam setiap aktifitas  kehidupan sehari-hari dengan cara yang efektif dan efisien sangat memungkinkan kita untuk lebih produktif lagi.
Inilah yang perlu kita pahami bersama, bahwasanya mengatur dan mengelola waktu dalam berbagai aktifitas itu menjadi sangat penting, supaya terjadi keseimbangan dalam hidup kita. Dengan pola dan hidup yang seimbang akan menjadikan tingkat hidup kita lebih berkualitas lagi.
Untuk mencapai keseimbangan dalam mengelola waktu, maka beberapa tips ini barangkali bisa dilakukan untuk menjadikan aktifitas kita lebih efektif lagi.
1. Buatlah Time ScehduleÂ
Time schedule atau jadwal merupakan agenda pekerjaan yang bisa di tentukan, sehingga dengan agenda yang sudah terjadwal akan memudahkan kita tahapan untuk di selesaikan.
Banyaknya pekerjaan, seringkali membuat kita kelabakan menghadapinya, bahkan tidak dapat dipungkiri pikiran rakus untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan berimbas pada ketidakseimbangan pikiran dan tubuh menghadapinya.
Dengan membuat time schedule, setidaknya membuat list untuk beberapa pekerjaan yang menjadi skala prioritas untuk di selesaikan.
2. Membuat Skala PrioritasÂ
Waktu dan pekerjaan adalah dua hal yang tak terpisahkan, pekerjaan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.
Ada ungkapan bahwa "waktu adalah uang", tetapi waktu tidak bisa kemudian ditafsirkan demikian.
Waktu dan nilai harus memiliki keseimbangan satu sama lain, sehingga waktu itu tidak terbuang dengan sia-sia, yang kemudian membuat sebuah penyesalan dikemudian hari.
Penting bagi kita semua membuat skala prioritas mengenai aktifitas pekerjaan yang harus di selesaikan.
Fungsi dan manfaat membuat skala prioritas ini tidak lain adalah mengidentifikasi hal-hal yang paling utama untuk diselesaikan terlebih dahulu, sesuai dengan tenggat waktu yang tersisa.
Dengan mengidentifikasi aktifitas pekerjaan yang harus diutamakan untuk diselesaikan, menjadikan kita lebih mudah mengelola dan memanfaatkan waktu se efektif mungkin.
3. Menentukan target yang hendak di capaiÂ
Persoalan waktu siapapun tidak bisa menambah ataupun menguranginya, semuanya sama dalam sehari semalam ada 24 jam waktu yang ada, tetapi waktu tentunya bisa kita kelola dengan baik.
Dengan membuat jadwal dan skala prioritas dalam aktifitas sehari-hari, tentunya ada target yang hendak dicapai.
Target ini juga membutuhkan waktu yang cukup, supaya mampu untuk di capai, dan menggunakan waktu tersebut secara efektif dan efisien.
4. Lebih fokus lagi pada target yang hendak di selesaikanÂ
Konsentrasi atau fokus pada aktifitas yang sudah terjadwal dan teridentifikasi, akan menjadikan target penyelesaian sebuah pekerjaan akan lebih mudah lagi.
Dengan menentukan target dan skala prioritas dalam sebuah pekerjaan, akan menjadikan pikiran kita lebih fokus lagi, sehingga pekerjaan itu tidak keteteran dan target pun tercapai.
Dengan berusaha fokus pada pekerjaan yang diutamakan, akan menjadikan waktu yang kita gunakan lebih efektif, dan pekerjaan lebih maksimal.
5. Hindari Multitasking jika dirasa tidak mampu
Seringkali pikiran kita rakus terhadap sebuah pekerjaan, bahkan tidak sedikit orang yang melupakan waktu, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara pikiran dan kondisi tubuh.
Pikiran yang terus di forsir akan menyebabkan tubuh kita mudah lelah, dan jika pun dipaksakan akan membuat ketidakseimbangan, sehingga tubuh mudah lelah, stamina berkurang, dan bahkan akan mudah jatuh sakit, tentu hal itu tidak kita inginkan.
Multitasking memang terkesan cukup hebat, yakni melakukan sebuah kegiatan pekerjaan secara bersamaan.
Memaksakan multitasking, akan membuat pikiran dan tubuh kita bekerja lebih keras lagi, inilah yang perlu kemudian diukur dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki.
Dengan demikian jangan merasa jagoan ketika di hadapkan dengan tumpukan pekerjaan yang harus di selesaikan, Karena itu akan menjadikan diri dalam ketidakseimbangan.
6. Memanfaatkan kemampuan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaanÂ
Tidak semua pekerjaan itu bisa kita selesaikan sendiri, butuh tangan dan kemampuan orang lain untuk menyelesaikannya.
Memanfaatkan jasa orang lain menjadi sangat penting, jika hal itu memang sudah di anggap sangat perlu.
Disini pentingnya Jalinan komunikasi yang baik, dan jalinan hubungan sosial dengan orang lain.
Dengan memanfaatkan kemampuan dan jasa orang lain akan memudahkan kita untuk menyelesaikan sebuah aktifitas pekerjaan yang menumpuk di hadapan kita.
7. Luangkan Waktu yang Cukup untuk beristirahat dan Memanjakan diri
Hidup dan kehidupan ini, tidak lantas di forsir secara terus menerus, tubuh dan pikiran juga butuh istirahat yang cukup untuk menyeimbangkan kondisi tubuh.
Tubuh kita juga membutuhkan kecukupan waktu untuk beristirahat, menenangkan hati, pikiran, dan membuat tubuh menjadi santai.
Meluangkan waktu untuk beristirahat secara cukup dan dalam waktu tertentu, pikiran, hati dan tubub kita juga sangat penting untuk bersantai ria.
Disinilah pentingnya meluangkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan Memanjakan tubuh kita dari hiruk pikuk dan seabrek pekerjaan, supaya terjadi keseimbangan yang bagus.
Dengan pola meluangkan waktu beristirahat dan bersantai akan menjadikan tubuh seimbang dan lebih bugar untuk berkatifitas kembali.
Dengan demikian, itulah tujuh cara mengelola waktu dengan baik dan efisien, sehingga akan menjadikan aktifitas dalam kehidupan kita sehari-hari lebih seimbang lagi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H