JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Apa kabar Guru hebat? Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam berikhtiar. Salam jumpa lagi dengan saya Akhirudin Tama Karsa Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMPN 7 BANJARMASIN Kota BanjarmasinÂ
Pada postingan kali ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman dan apa yang sudah saya pelajari selama proses pendidikan guru penggerak di materi modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.3 Visi Guru Penggerak.
1. Facts (Peristiwa)
Pada minggu ke dua yaitu tanggal 15 September 2023 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dan besok harinya tgl 16 September di adakan lah Lokal Karya 1 Bertempat di SMPN 6 Banjarmasin .Kegiatan yang saya ikuti dalam lokakarya tersebut diantaranya; Pembukaan dan persiapan lokakarya yang diisi dengan perkenalan, ice breaking, dan pembuatan kesepakatan kelas bersama pengajar praktik, diskusi dengan materi tentang nilai, peran, dan kompetensi guru penggerak, diskusi tentang komunitas praktisi dan menganalisis pemetaan komunitas praktisi, dan materi pemahaman peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi dan melihat potensi komunitas praktisi.di sana banyak pengalaman berharga bersama Pengajar Praktek, Teman-teman dari berbagai instansi yg berbeda . Saat perkenalan yg dimana ada 3 orang Pengajar Praktek yaitu Ibu Khoraton Nisa , Ibu Nadiah ,dan Bapak H. Sotikno mereka orang-orang yang luar biasa memberikan inspirasi bagi saya saat membersamai kami di lokalkarya 1 kemaren.
Foto - Foto Kegiatan Lokal Karya 1 Di SMPN 6 BanjarmasinÂ
a. Mulai dari Diri
Pada kegiatan ini, saya diajak untuk membuat gambaran imajiku tentang murid impian di masa depan. pada alur ini saya melakukan refleksi secara mandiri untuk menggambarkan murid dan lingkungan belajar untuk 5 sampai dengan 10 tahun lagi serta saya diarahkan dapat merumuskan visi sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
b. Eksplorasi Konsep
Pada kegiatan eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid dan saya diberi pengantar tentang paradigma inkuiri apresiatif. saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. disini saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu B-uat pertanyaan, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana dan A-tur eksekusi. Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Terdapat dua topik dalam diskusi asinkron yaitu berbagi Visi Murid Impian dan berbagi tugas kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif.
c. Ruang Kolaborasi
Pada Tanggal 19 September  2023 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi dengan fasilitator saya yaitu Ibu Ridha Herdiani . Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Forum diskusi kelompok dilaksanakan pada tanggal 19 September 2023, sedangkan presentasi hasil diskusi kelompok dilaksanakan pada tanggal 20 September 2023. dengan Tugas Rukol Deadline pada tanggal 26 September 2023.
d. Demonstrasi Kontekstual
Pada tanggal 22-25 September kita mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan saya mendapatkan tugas tentang penerapan inkuiri apresiatif dengan membuat Prakarsa Perubahan dengan tahapan BAGJA. Tugas tugas yang ada di LMS segera diunggah demi untuk meningkatkan pemahaman CGP tentang materi yang telah dipelajari. Tugas yang dibuat bisa dalam bentuk artikel, PPT maupun Vidio, tergantung kreativitas dan minat CGP yang dirasa mampu Tugs di kumpulkan terkahir/ deadline pada tanggal 28 September 2023 Alhamdulillah tugas selesai Dalam waktu sebelum deadline saya sudah kumpulkan dengan semangat dan selalu belajar serta berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada di LMS.Â
e. Elaborasi Pemahaman
Pada tanggal 26 September 2023, saya mengikuti vcon dengan Instruktur Bapak Muhammad Passawolongi Dari Disdikbud Kab. Barru dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3. Disini saya belajar mengenai bagaimana menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan merealisasikan rencana perubahan tersebut ditempat saya berkarya.
f. Koneksi Antar Materi
Pada kegiatan pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, dam 1.3. Tugas di bagian ini adalah menjawab kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan profil pelajar Pancasila pada murid-murid dengan paradigma inkuiri apresiatif. Selain itu, saya juga harus merevisi dan merumuskan dengan penuh keyakinan visi yang dapat memberikan semangat dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya.
g. Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.3. yang diterapkan secara nyata dengan melakukan Prakarsa Perubahan dengan membuat kegiatan pembelajaran yang meningkatkan daya kreasi siswa untuk menghasilkan karya-karya digital dalam pembelajaran.Â
2. Feelings (Perasaan)
Setelah mempelajari Modul 1.3 dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, akhirnya saya dapat memahami bagaimana merumuskan visi guru penggerak. Selama saya mempelajari Modul tersebut, saya merasakan perasaan yang tertantang, senang, dan semangat. Saya merasa sangat tertantang dengan melihat waktu pengerjaan dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah. Saya merasa senang karena dapat berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk membuat presentasi tentang pembuatan prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA. Saya semangat karena dapat mempelajari materi tentang visi guru penggerak yang mencerahkan dan menginspirasi bagi saya dalam mempraktikan di sekolah.
3. Findings (Pembelajaran)
Pada Modul 1.3 ini saya dapat mempelajari dan memahami bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, tiru, dan modifikasi. Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.
4. Future (Penerapan)
Setelah mempelajari serta memahami materi dalam modul 1.3. tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan inkuiri apresiatif untuk melaksanakan manajemen perubahan di sekolah dengan mewujudkan visi saya yaitu "Terwujudnya generasi cerdas dan berkarakter, mandiri, kreatif, dan berprestasi yang mampu menjawab tantangan masa depan" dan menerapkan Prakarsa Perubahan yang sudah saya rumuskan yaitu "Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Literasi dan Berdaya Saing Global Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila " dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat terwujudnya karakter profil pelajar Pancasila.
Demikian refleksi dwi mingguan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Salam Guru Penggerak!
Tergerak, Bergerak, Menggerakkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H