Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Berbagi Bukan Menggurui

Dikelola oleh Akbar Fauzan, S.Pd.I, Guru Milenial Lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Mengulik Sisi Lain Dunia Pendidikan Indonesia | Ketua Bank Sampah Sekolah, Teknisi Asesmen Nasional ANBK, Penggerak Komunitas Belajar Kurikulum Merdeka | Omnibus: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri Diterbitkan Bentang Pustaka

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Inovasi Lingkungan dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi di Sekolah

4 November 2023   19:22 Diperbarui: 10 November 2023   23:10 1162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menyiram tanaman di sekolah. (SHUTTERSTOCK/ZOOM TEAM via Kompas.com)

Dalam mengemban semangat Sustainable Development Goals (SDGs), upaya bersama menuju dunia yang lebih baik dan berkelanjutan menjadi semakin penting. Salah satu aksi nyata yang dapat kita lakukan adalah melalui perilaku sehari-hari terkait pengelolaan sumber daya air. 

Berbagai cara bijak mesti ditempuh dan dibiasakan terkait pengelolaan air baik dari lingkungan rumah, apalagi di lingkungan sekolah yang cocok untuk mengintegrasikan proses pendidikan yang dampak positifnya sangat dibutuhkan dalam keberlanjutan kehidupan.

Untuk lingkungan sekolah, terutama yang telah bergabung dalam program Adiwiyata (sekolah berwawasan lingkungan), maka akan memiliki peran krusial dalam menanamkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan air.

Sekolah memfokuskan diri pada lingkungan akan memprioritaskan program-program yang mendukung ketersediaan air bersih dan keberlanjutan penggunaannya. 

Langkah-langkah konkret biasanya diimplementasikan mulai dari pengumpulan air hujan, penerapan teknologi ramah lingkungan dan sederhana untuk penghematan air, hingga mengedukasi siswa tentang manfaat dan cara pengelolaan sumber daya air.

Pendidikan berperan penting dalam perubahan perilaku generasi yang positif. Untuk itu, sekolah mengintegrasikan melalui kurikulum sekolah yang memberikan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan air dan bagaimana menjaga memanfaatkannya dengan bijak. 

Lingkungan sekolah dapat menjadi contoh nyata dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan. Siswa diajak untuk terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dan pengelolaan sumber daya air.

Yang paling penting dari adanya program-program tersebut di sekolah tidak hanya mengajarkan kepedulian lingkungan kepada siswa, tetapi juga mendorong kesadaran dan aksi nyata dalam menjaga air sebagai sumber kehidupan. 

Dengan demikian, semoga anak didik dapat menjadi agen perubahan mulai saat ini serta juga pembawa perubahan di masa depan mengemban semangat Sustainable Development Goals (SDGs) secara berkesinambungan.

Melihat beberapa aksi nyata pengelolaan air di sekolah

Pengelolaan air di sekolah melalui kolam penampungan. (foto Akbar Pitopang)
Pengelolaan air di sekolah melalui kolam penampungan. (foto Akbar Pitopang)

1. Kolam air dan ekosistemnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun