Mohon tunggu...
Akbar
Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

manggelewa Dompu Ntb

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pentingnya Strategi Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19

22 Januari 2022   08:49 Diperbarui: 22 Januari 2022   13:31 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PEMASARAN DIGITAL

Apa itu pemasaran digital?

           Sederhananya, pemasaran digital hanya itu: Pemasaran. Itu hanya terjadi secara online.

Ini termasuk email, situs web, mesin pencari, dan media sosial.

Setiap pemasar yang baik akan memberi tahu Anda bahwa Anda harus berada di tempat audiens Anda berada. Di dunia modern, itu berarti online.

Baik itu nongkrong di media sosial atau mengirimkan buletin email mingguan, ini membantu Anda untuk mengenal audiens Anda dan membuat mereka mengenal Anda.

       Wakil Dekan I FEB UMM, Widayat,Dr.,MM. menyampaikan pentingnya teknologi informasi bagi manusia dalam berbagai aspek. Semakin ke sini, teknologi semakin erat dengan kegiatan manusia.

      Hal ini membuat teknologi seakan mempunyai dua sisi yang berbeda, dapat menjadi peluang dan juga ancaman. "Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika mampu memanfaatkannya, maka itu bisa jadi peluang yang bagus. Begitupun sebaliknya," kata Widayat dalam pesan resmi yang diterima Republika, Selasa (15/12).

          Praktisi Bisnis Digital, Arif Bawono mengajak para peserta untuk menjadi detektif. Memecahkan beberapa kasus dan masalah di dunia bisnis. Ia juga mengajak para peserta untuk mengambil kesimpulan terkait perlu atau tidaknya sebuah bisnis mengambil langkah digital.

    "Salah satu caranya yakni melalui Google Bisnis sebagai media pemasaran yang murah meriah,"

       Jenis pemasaran digital

   1.   Optimasi Mesin Pencari

       Optimisasi Mesin Pencari, atau SEO bisa terasa sangat teknis dan banyak yang harus dipahami.

Yang terlibat adalah mengoptimalkan konten dengan cara yang membuatnya berperingkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, atau disingkat SERP.

       Ketika bisnis Anda berada di bagian atas hasil untuk istilah pencarian tertentu, ada lebih banyak peluang untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa naik satu posisi dalam hasil pencarian meningkatkan rasio klik-tayang Anda hampir sepertiga.

          Apa yang diciptakannya adalah sesuatu yang disebut "lalu lintas organik".

        Hal yang paling diuntungkan dari SEO adalah situs web Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakannya di deskripsi YouTube dan Postingan Media Sosial.

         Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan SEO Anda adalah:

Meneliti kata kunci yang relevan dengan niche Anda dan menulis posting blog atau konten web yang menargetkannya. Mengikuti strategi ini dalam jangka panjang akan membantu Anda untuk "memperingkat" kata kunci ini dan mendatangkan lalu lintas organik.

           Membangun backlink ke situs web Anda. Ini adalah tautan masuk dari situs web lain ke situs Anda dan membantu membangun otoritas Anda sebagai sumber informasi tepercaya. Anda mungkin berpikir tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memengaruhi ini, tetapi memang ada. Posting tamu di situs web lain, menulis konten relevan yang bagus yang menurut orang lain cukup membantu untuk referensi, dan berjejaring dengan pembuat konten lain adalah ide yang bagus.

      Memastikan situs web Anda ramah seluler dan memuat dengan cepat juga merupakan faktor SEO penting yang sering diabaikan.

  2. Pemasaran media sosial

        Pemasaran media sosial berarti menggunakan akun media sosial bisnis Anda untuk mempromosikan merek Anda, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan membuat prospek.

Beberapa saluran media sosial yang dapat Anda gunakan adalah:

- Instagram

- Facebook

- LinkedIn

- Pinterest

- Indonesia

- Youtube

        Bisnis akan sering mempekerjakan Manajer Media Sosial untuk menangani akun mereka untuk mereka.

      Ada juga alat yang dapat Anda gunakan yang membantu Anda mengotomatiskan proses posting sebagai Hootsuite. Anda dapat membuat konten dalam batch tanpa harus khawatir melakukannya setiap hari. Alat-alat ini sering kali dilengkapi dengan analitik bawaan untuk membantu Anda melihat seberapa baik kinerja konten Anda.

 3. Bayar per klik iklan

            Bayar per klik, atau PPC, adalah proses mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda melalui iklan berbayar.

           Google Ads adalah contoh yang bagus untuk ini. Jika Anda pernah mencari sesuatu di Google, Anda akan sering melihat bahwa hasil teratas mengatakan "Iklan".

Itu berarti bahwa sebuah bisnis telah membayar Google untuk berada di posisi teratas hasil pencarian. Anda kemudian membayar iklan ini berdasarkan per klik. Yaitu setiap kali seseorang mengklik iklan Anda, Anda membayarnya.

       Berapa biaya ini akan sangat bervariasi berdasarkan seberapa kompetitif kata kunci yang Anda targetkan.

Bentuk lain dari iklan berbayar yang mungkin Anda kenal adalah:

Iklan Instagram/Facebook

Iklan YouTube

Pesan Bersponsor di LinkedIn

iklan Pinterest

Iklan Twitter

  4 . Email Pemasaran

          Pemasaran email adalah media yang sangat berharga untuk digunakan dalam berhubungan dengan audiens Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pemasaran email sebagai bagian dari strategi pemasaran digital Anda, Anda perlu mendorong orang untuk mendaftar agar ada di daftar email Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan seperti menawarkan unduhan gratis di situs web Anda atau menjanjikan kode diskon untuk mendaftar.

         Ketika Anda telah membangun daftar email Anda, itu seperti debu emas jika Anda memeliharanya dengan baik.

Statistik menunjukkan bahwa itu masih memberikan pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada bentuk pemasaran lainnya.

               Orang-orang di daftar email Anda telah memilih untuk berada di sana. Alhasil, Anda memiliki ratusan bahkan ribuan calon pelanggan yang bisa langsung Anda hubungi. Tidak ada bentuk pemasaran lain yang seperti itu.

Bagaimana Anda bisa menggunakan pemasaran email untuk terlibat dengan daftar Anda?

Mengirim buletin reguler

Menawarkan promosi atau diskon untuk pelanggan baru dan pada acara-acara khusus

email tindak lanjut "keranjang terbengkalai"

Pemasaran afiliasi

   5. Pemasaran konten

    Pemasaran konten melibatkan pembuatan dan kemudian pemasaran konten untuk menumbuhkan lalu lintas Anda, menghasilkan arahan yang diharapkan berubah menjadi pelanggan.

Ini konten yang Anda berikan secara gratis. Anda melakukannya karena Anda tahu itu berharga bagi audiens target Anda dan ingin mereka terlibat dengannya.

Pemasaran konten ini juga diharapkan dapat membantu Anda membangun citra merek dan kesadaran sebagai hasilnya.

Konten yang dapat Anda gunakan dalam strategi Anda meliputi:

Posting blog di situs web Anda

Infografis

Ebook

Pemasaran Konten dibuat paling efektif ketika Anda menggabungkannya dengan SEO seperti yang disebutkan di atas. Lagi pula, membuat konten yang bagus tidak ada gunanya jika tidak ada yang melihatnya.

Manfaat pemasaran digital

Ini membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas daripada yang mungkin dilakukan melalui metode pemasaran tradisional.

Anda dapat mengambil pendekatan yang jauh lebih bertarget. Dengan pemasaran digital, Anda dapat mengidentifikasi audiens tertentu dan menargetkan mereka dengan pesan yang dipersonalisasi. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan fitur dalam iklan PPC atau media sosial yang memungkinkan Anda memilih siapa yang melihat iklan Anda berdasarkan berbagai variabel.

Ini biasanya lebih hemat biaya daripada pemasaran tradisional karena Anda dapat melacak keberhasilan kampanye Anda setiap hari. jika kampanye tidak berfungsi, Anda dapat mengubah atau menjedanya secara instan tanpa harus menunggu hingga kampanye berakhir terlebih dahulu. Ini membantu Anda untuk lebih waspada dengan pengeluaran Anda dan menghindari membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak bekerja.

Dengan strategi pemasaran digital yang baik, Anda dapat bersaing dengan bisnis besar. Dengan memanfaatkan SEO dalam konten Anda, Anda dapat mulai menentukan peringkat di mesin pencari untuk kata kunci yang Anda targetkan. Ini bisa berarti peringkat konten Anda lebih tinggi di Google daripada salah satu pemain besar di niche Anda.

Pemasaran Digital memberi Anda hasil yang dapat diukur. Anda dapat menganalisis informasi yang Anda dapatkan dari kampanye tentang bagaimana orang menemukan Anda, berapa banyak yang membuka email Anda, siapa yang mengunjungi halaman apa di situs web Anda, dll.

Ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda secara real-time dan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan Anda secara langsung. Interaksi ini menguntungkan Anda dan pelanggan.

Seorang pemasar digital

              Banyak bisnis mempekerjakan pemasar digital untuk, yah...menangani pemasaran digital mereka.

Tujuan umumnya adalah untuk membangun kesadaran merek sekaligus menghasilkan prospek.
        Peran pemasar digital sangat bervariasi dan di mana mereka memfokuskan waktu mereka akan sering bergantung pada tujuan strategis perusahaan.

Sebagai gambaran umum, peran tersebut mungkin mencakup campuran dari tugas-tugas berikut:

Mengelola akun media sosial perusahaan

Mempersiapkan dan memposting konten SEO di situs web

Membuat materi pemasaran email seperti buletin atau penawaran promosi

Memelihara dan menganalisis kampanye iklan yang sedang berlangsung

Di perusahaan besar, bisnis akan sering mempekerjakan tim pemasar digital.

Hampir tidak mungkin bagi satu orang untuk melakukan semua hal di atas dan setiap tugas akan membutuhkan tingkat pengalaman dan keahlian. Seorang pemasar digital biasanya akan berspesialisasi dalam salah satu dari dua bidang. Misalnya, manajer media sosial, spesialis SEO, dan pakar pemasaran email adalah contoh pemasar digital.

       Meskipun mereka mungkin memiliki jabatan pekerjaan yang berbeda, tujuannya akan selalu sama: Meningkatkan volume lalu lintas ke situs web perusahaan dan menghasilkan prospek baru.

Pemasaran digital memiliki banyak komponen berbeda, menjadikannya pilihan karier yang bagus

Jadi, apakah Anda memerlukan strategi pemasaran digital?

      Dengan hampir 5 miliar orang di seluruh dunia di internet, pertanyaannya adalah apakah Anda mampu melakukannya tanpa strategi pemasaran digital?

Ini membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang dimungkinkan dengan teknik penandaan tradisional. Tidak hanya itu, audiens yang Anda jangkau lebih cenderung membeli produk Anda dari Anda karena mereka sudah tertarik dengan apa yang Anda jual.

         Jika Anda tidak memiliki strategi pemasaran digital yang solid, Anda kehilangan ratusan, ribuan, bahkan jutaan pelanggan potensial. Sebaliknya, mereka pergi ke bisnis yang menjangkau mereka secara online.

Selain hal di atas, kehadiran digital membantu Anda membangun citra dan kesadaran merek. Pelanggan mencari Anda secara online. Mereka mengharapkan Anda memiliki situs web dan/atau akun media sosial.

Jika Anda ingin tetap kompetitif di area bisnis khusus Anda, Anda harus berinvestasi dalam pemasaran digital.

         Industri yang sedang berkembang

        Pemasaran digital harus berada di garis depan strategi keseluruhan bisnis apa pun. Ini memungkinkan Anda untuk berada di tempat pelanggan Anda berada dan terlibat dengan mereka dalam "kehidupan nyata" dan waktu nyata. Lebih mudah dari sebelumnya, Anda dapat mempersonalisasi pesan Anda dan memastikan Anda menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat, yang belum pernah mungkin terjadi sebelumnya.

       "Apalagi di era revolusi industry 4.0 yang memberikan banyak akses dan pilihan digital untuk memulai sebuah bisnis atau usaha.

       Sudah saatnya kita mengikuti perkembangan zaman. "Kurangi pemasaran produk secara tradisional, sekarang kita harus melek digital,"

      Oleh : AKBAR Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun