Mohon tunggu...
Ajirni
Ajirni Mohon Tunggu... Guru - Guru Produktif ATPH

Saya Ajirni, saat ini aktif mengajar di SMK Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Saya mengajar mata pelajaran produktif untuk kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. saya ingin terus mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan yang dapat membantu saya dapat menerapkan ilmu tersebut untuk mengajar lebih aktif, kreatif dan inovatif sehingga terlaksana pembelajaran yang berpusat kepada murid.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berbagi Pengetahuan terkait Pemanfaatan IT dalam Pembelajaran

24 Mei 2024   13:26 Diperbarui: 25 Mei 2024   09:37 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Yayasan Pendidikan Hafizh Cendekia Banda Aceh

Kamis, 23 Mei tahun 2024 adalah hari libur untuk seluruh guru dan seluruh pegawai di berbagai Instansi lainnya. Namun, hari libur kali ini dijadikan sebagai sebuah moment untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi guru-guru hebatnya oleh pimpinan Yayasan pendidikan Hafizh Cendekia Banda Aceh (Cgu Yunita Ningsih).

Dalam agenda rapat kerja yang telah disusun selama tiga hari kedepan (23-25 Mei tahun 2024), pimpinan yayasan yang dibantu oleh partnernya telah menyusun beberapa kegiatan diantaranya adalah diadakannya pelatihan IT bagi guru.

Pada kesempatan ini, saya diberikan kepercayaan untuk saling berbagi dengan semua guru disana... perasaan senang tidak dapat saya ungkapkan, karena dapat bertemu dan berbagi pengalaman serta pengetahuan disana.

Dalam kegiatan tersebut saya membuka kegiatan dengan sedikit mengingatkan bahwa kita guru tidak akan mampu memaksa murid, tidak akan mampu menjadikan mereka seperti kehendak kita, karena murid juga punya kehendak..

Yang bisa kita lakukan adalah terus belajar dan memotivasi diri untuk dapat menerapkan berbagai teknik dan strategi supaya kita bisa mendapatkan perhatian dari murid. Sehingga tujuan pembelajaran yang kita inginkan dapat dicapai oleh murid.

Lebih lanjut saya juga menyampaikan bagaimana Ali Bin Abi Thalib menegaskan dengan kata-kata nya "Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”

Salah satu teknik yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai platform atau fitur-fitur yang interaktif dalam pembelajaran.

Dengan demikian, proses pembelajaran dapat berlangsung dengan sangat menyenangkan. Karena kita telah mendesain proses pembelajaran yang berpihak pada murid.

Ada beberapa platform yang kami bahas dalam kegiatan berbagi pengetahuan tersebut.. diantaranya adalah Canva, mulai dari penjelasan terkait Canva, perbedaan Canva dan Canva for education, pembuatan akun canva dengan menggunakan id.madrasah/id. Belajar, memanfaatkan AI yang ada di Canva serta mengintegrasikan D-ID AI presenter dalam pembuatan video pembelajaran yang didalamnya terdapat audio dan visual. Setelah mempelajari satu pembahasan peserta pelatihan diminta untuk menyelesaikan satu video pembelajaran yang merupakan hasil kerja dari pelaksanaan pelatihan ini.

Pada tahap selanjutnya, peserta pelatihan juga dijelaskan bagaimana memanfaatkan Word wall dalam pembelajaran, diawali dengan pengenalan sampai dengan pembuatan beberapa contoh soal. Template yang ada di word wall sangat menarik untuk diterapkan dalam melaksanakan penilaian dalam pembelajaran. 

Kegiatan ini berlanjut dengan menjelaskan bagaimana caranya menggunakan Quiziz dan Puzzle maker. 

Dari empat aplikasi yang telah dipelajari oleh peserta pelatihan, Canva merupakan media yang sangat banyak fungsinya. Bukan hanya sebagai pembuatan video pembelajaran, di Canva ini juga peserta dapat menyusun LKPD, perencanaan pembelajaran, slide presentasi yang kreatif, animasi yang lucu-lucu, pembuatan sertifikat dan ID Card dalam jumlah banyak dengan sekali klik, dan banyak lainnya..

Sedangkan yang lainnya, seperti word wall, puzzle maker dan quiziz peserta dapat memanfaatkan untuk pelaksanaan penilaian bagi peserta didik.

Di akhir pertemuan, kami saling sharing pengalaman terkait bagaimana seharusnya tindakan guru ketika akan masuk ke ruang kelas,  tidak langsung memberikan materi namun lebih kepada sosial emosional murid yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Setelah salam, menyapa peserta didik, menanyakan kabar mereka (bisa pakai kartu emoji yang imut-imut disini ya), baca doa, absensi, menyampaikan tujuan pembelajaran serta manfaatnya.. kemudian berikan pretes (bisa terapkan quiziz, puzzle maker, word wall dan banyak lainnya).. kemudian terapkan model pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, berikan rangsangan baik itu dengan video, audio, gambar, tulisan atau lainnya. 

"Minta mereka untuk berpendapat setelah rangsangan diberikan", supaya mereka terlatih dan berani menyampaikan gagasannya.

Semoga ilmu yang didapatkan hari ini dapat di terapkan, karena sebanyak apapun ilmu yang telah kita pelajari namun tidak kita aplikasikan, maka yang ada hanyalah sia-sia. 

Jangan jadi guru yang duduk diam tanpa berbuat dan bertindak, sering-sering bertanya jika tidak paham, dekati mereka yang punya kelebihan ilmu, berbagilah ilmu dengan rekan kerja, saling mendukung dan memotivasi, belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Karena Manusia yang paling baik adalah manusia yang berguna bagi manusia lainnya. 

"Seorang mukmin itu adalah orang yang bisa menerima dan diterima orang lain, dan tidak ada kebaikan bagi orang yang tidak bisa menerima dan tidak bisa diterima orang lain. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR Thabrani).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun