Mohon tunggu...
Aji Ahmad
Aji Ahmad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bangun dan Semangat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Perilaku Komunikasi Dalam Game Mobile Legends

30 November 2024   09:04 Diperbarui: 30 November 2024   09:04 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Abstrak 

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak perilaku komunikasi pemain game online mobile legends bang bang dengan terhadap fitur chat in-game.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan pada Penelitian ini meliputi; dampak positif yang ditimbulkan yaitu fitur ini bisa membuat kerjasama antar tim lebih kompak, pemain juga bisa menemukan orang baru melalui fitur ini. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah sering keluar kata-kata kasar antar pemain.

Pendahuluan 

Mobile Legends Merupakan salah satunya Game Online Mobile yang banyak diminati dan menjadi  salah satu game populer di Asia. Para pemain banyak menghabiskan waktu untuk mengejar tingkat rangking mereka yang  dimulai dari Warrior, Elite, Master, Epic, Legend, Mytic, dan Mytical Glory.

Mobile Legends sampai saat ini selalu menambahkan banyak fitur yang beragam setiap perkembangannya. Salah satunya fitur yang berhubungan dengan komunikasi adalah fitur chat in-game Mobile legends. Fitur chat in-game ini membuat para pemain bisa saling berkomunikasi kepada player lain baik dalam loby maupun dalam gameplay. 

Metode Penelitian 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi lapangan. Penelitian lapangan merupakan salah satu bentuk penelitian kualitatif untuk melihat peristiwa atau fenomena yang terjadi pada Masyarakat (Prastowo, 2012, p. 203).

Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan human relations, suatu uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan tingkah laku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi tertentu dalam suatu konteks setting tertentu yang dikaji dari sudut pandang yang utuh, komprehensif dan holistik. Bogdan and Taylor (dalam Ruslan, 2013:215).

Pembahasan 

Dampak Positif dan Negatif Game Online Mobile Legends

Virtual interaction is aspatial (Interaksi Virtual itu Special)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun