Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan peranan serta kelembagaan UMKM dalam perekonomian nasional, maka pemberdayaan tersebut perlu dilaksanakan oleh Pemerintah dan Masyarakat secara menyeluruh, sinergis dan berkesinambungan. Salah satu contoh UMKM adalah Commanditarie Vennootschap (CV).
CV merupakan badan usaha yang tidak memiliki batas modal minimal. Hal ini membuat syarat-syarat pendirian CV lebih mudah sehingga CV menjadi pilihan bagi pelaku UMKM. Pada hari selasa (13/12/2022) mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Program Studi Akuntansi berkesempatan melakukan kunjungan ke sebuah UMKM, CV Aulia Pratama yang berada di desa Plumbon, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Kunjungan UMKM CV. Aulia Pratama bertujuan untuk membantu mahasiswa mengetahui langsung tentang bagaimana sistem pengendalian manajemen CV. Aulia Pratama dan untuk mengetahui apakah ada kegiatan usaha dari CV Aulia Pratama yang bisa dikaitkan dengan Ajaran Tamansiswa.
CV. Aulia Pratama berdiri pada Bulan Oktober 2012 di Yogyakarta. CV. Aulia Pratama didirikan oleh pasangan suami istri Nurcahyo, SE dan Yuliati. Nama CV. Aulia Pratama sendiri diambil dari nama ibu Lia dan untuk pratama digunakan karena CV. Aulia Pratama sendiri merupakan perusahaan pertama yang didirikan. CV. Aulia Pratama ini memproduksi dan mendistribusikan produk aksesoris yang dapat digunakan di kendaraan roda dua dan roda empat yang disebut dengan Peredam Guncangan Mobil (PGM). Modal awal untuk mendirikan usaha ini adalah Rp 2.500.000,00. CV didirikan atas dasar visi dan misi yang diterapkan di CV. Aulia Pratama. Visi dari CV. Aulia Pratama adalah mensejahterakan masyarakat sekitar dengan harapan dapat membantu perekonomian di lingkungan usaha CV. Sedangkan misi dari CV. Aulia pratama membuka peluang kerja untuk masyarakat.
CV Aulia Pratama pada awalnya hanya terdiri dari dua karyawan. Pada saat ini, CV Aulia Pratama sudah memiliki lebih dari dua puluh karyawan. CV ini juga mempunyai beberapa agen dan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk utama CV. Aulia Pratama adalah '' Balance Sport Damper '' yang merupakan produk karet damper yang di pasang pada per mobil untuk meningkatkan kenyamanan berkendara antara lain mengatasi limbung dan amblas karena full muatan, guncangan keras di jalan berlubang, suspensi yang terlalu keras atau terlalu empuk, dan mobil yang kurang stabil saat dikendarai pada kecepatan tinggi. Untuk pemasangan nya sangat mudah. Mobil cukup didongkrak saja tanpa harus membongkar suspensi mobil, jadi semua orang bisa memasang produk ini dengan mudah. ''Balance Sport Damper'' terbuat dari bahan baku mayoritas karet murni (dari hasil bumi indonesia) dan bahan campuran khusus lainnya yang merupakan bahan import sehingga menghasilkan produk balance sport damper yang mempunyai struktur lentur, kuat, tahan air, tahan minyak, tahan panas, serta tahan tekanan dan benturan. Balance produk tidak mudah retak, pecah, sobek, patah, kaku ataupun getas. CV Aulia Pratama memberikan garansi selama dua tahun (pecah, retak, sobek karena pemakaan bisa diganti yang baru dan untuk pemakaian tahan hingga 7 tahun.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan CV. Aulia Pratama yaitu dengan melakukan penjualan melalui offline dan online. CV. Aulia Pratama mempunyai team pemasaran offline. Penjualan offline dilakukan dengan cara menyebarluaskan produk peredam guncangan mobil/motor ''Balance Sport Damper'' di berbagai pencucian mobil atau sparepart kaki-kaki mobil. Hingga saat ini CV Aulia Pratama sudah mempunyai 30 lebih outlet yang ada di Yogyakarta. Banyaknya outlet ini akan memudahkan pembelian Balance Sport Damper untuk wilayah Yogyakarta. Selain itu, konsumen juga bisa langsung membeli di kantor pusatnya yang beralamat di Jl.Ring Road Timur No. 1A, Plumbon, Kecamatan. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Â
Selain mengelola outlet CV. Aulia Pratama juga mempunyai program jemput bola atau pemasangan Balance Sport Damper dengan cara langsung mendatangi rumah pelanggan yang sudah melakukan temu janji untuk proses pemasangan. Tidak hanya itu, CV. Aulia Pratama juga aktif dalam acara komunitas-komunitas mobil yang ada di Indonesia. Untuk stretegi pemasaran melalui media online CV. Aulia Pratama mempunyai tim pemasaran online yang bertugas mempromosikan melalui media sosial seperti Marketplace di Facebook, Instagram ads, Facebook ads, Olx, Bukalapak, Shopee, Bli Bli, Lazada, Tokopedia dan di web Balance Sport Damper. Tim pemasaran online juga mempunyai tugas mengenalkan ke seluruh masyarakat di Indonesia jika Balance Sport Damper ini ada di seluruh kota-kota besar.
Ki Hadjar Dewantara memberikan kita beberapa pedoman ajarannya, yang disebut Ki Hadjar sebagai "Pedoman Operasional Praktis". Salah satunya adalah Tri Juang, yang memiliki arti berjuang memberantas kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan. Pada penerapannya CV Aulia Pratama menginginkan semua karyawan menguasai pekerjaannya dengan edukasi dan pelatihan yang berguna untuk meningkatkan kinerja karyawan, terutama bagi karyawan yang baru bekerja dan masih membutuhkan arahan. Selanjutnya CV. Aulia Pratama mulai mengadakan pelatihan atau kegiatan-kegiatan guna mengasah kinerja serta kemampuan dari karyawannya tersebut, sehingga tujuan dari memberantas kebodohan dapat tercapai.Â
 Ajaran Tamansiswa "Tri Juang" juga diharapkan mampu memberantas kemiskinan. Kemiskinan dapat diberantas sedikit demi sedikit. Untuk memberantas kemiskinan, CV. Aulia Pratama membuka lowongan pekerjaan guna mempekerjakan banyak orang demi tercapainya tujuan perusahaan itu sendiri. Tanpa di sadari hal ini merupakan salah satu implementasi dari semangat Tri Juang yang diterapkan oleh CV. Aulia Pratama karena telah memberikan peluang pekerjaan. Hal tersebut merupakan sebuah alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup.Â
Kunjungan UMKM ke CV. Aulia Pratama yang dilaksanakan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa ini juga dapat dikatakan sebagai sarana pengenalan dari mengejar ketertinggalan teknologi. Dengan berjalannya waktu teknologi semakin canggih, teknologi sangat berperan penting dalam penjualan karena jika kita memahami sistem dan tools marketing masa kini, CV. Aulia Pratama bisa menganalisa pasar dan persaingan dengan lebih mudah. Dari uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa CV Aulia Pratama secara tidak langsung telah menerapkan Ajaran Tamansiswa. Harapan CV Aulia Pratama setelah menerapkan Ajaran Tamansiswa ini yaitu, dapat membuat usahanya semakin lancar, maju dan bisa berkembang lebih besar lagi.
Disusun Oleh :
- Egi Nurpaiji (2019017150)
- Nadia Khasanah Septiani (2020017008)
- Indra (2020017104)
- Dwi Tyas Setiani (2020017105)
- Ajeng Sukmahanny (2020017107)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H