PENDAHULUAN
Pada pembelajaran kali ini, akan mempelajari mengenai bagaimana cara penerapan perangkat lunak komputer (software) dengan komputasi pada pembelajaran matematika. Seperti yang telah diketahui bahwa komputasi adalah sebuah istilah atau kata dari semua atau beberapa proses mengenai cara menentukan suatu permasalahan atau pemecahan masalah dalam hal-hal tertentu. Komputasi merupakan sebuah cabang dari komputer dan pembelajaran matematika.
Pada umumnya, komputasi sangat berkaitan erat dengan bagaimana cara perangkat lunak komputer (software) bekerja dan begitu pula hubungan komputasi dengan pelajaran matematika yang di dalamnya saat mengerjakan beberapa hal-hal tertentu harus menggunakan cara-cara ataupun metode untuk mendapatkan hasilnya agar lebih jelas dan benar sesuai apa yang ditanyakan.
Secara umum, dapat diketahui bahwa komputasi yaitu sebuah cabang ilmu yang sangat memperlihatkan tentang sebuah cara tau berlangsungnya sebuah model matematika yang telah dibuat dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan sebuah komputer, khususnya dalam sistem operasi perangkat lunak komputer (software).
Karena di dalam software tersebut terdapat beberapa perangkat mengenai bagaimana cara mencari data ataupun bagaimana cara mendapatkan hasil dari permasalahan yang telah dicari. Karena apabila suatu data ataupun permasalahan dalam pembelajaran seperti membuat tabel ataupun rumus-rumus matematika, sangat mudah jika bergantung pada perangkat lunak komputer (software).
Pada dasarnya juga ilmu komputasi berbeda dengan ilmu komputer, dimana komputasi lebih berkaitan erat dengan matematika,
karena sama-sama mencari suatu permasalahan dengan menggunakan rumus atau pun sebuah model pembelajaran agar mendapatkan hasilnya, sedangkan ilmu komputer lebih mendalami tentang istilah hardware dan software serta beberapa sistem operasi lainnya seperti yang sangatsering dipakai yaitu windows, dimana pada usia manapun windows sangat sering digunakan setiap harinya.
Karena penggunaan windows sendiri sampai sekarang sangat benyak dipakai oleh kalangan manapun dan merupakan salah satu operasi perangkat yang paling gampang digunakan dan windows juga paling sering diperkenalkan di dalam sekolah-sekolah manapun diseluruh dunia. Jadi dapat disimpulkan bahwa komputasi dan komputer dapat dihasilkan melalui banyak cara dan model jika digunakan dengan semaksimal mungkin.
Ilmu komputasi sangat mempunyai kaitan penting dalam menjadikan sebuah jalan untuk pemecahan masalah dalam ilmu sains. Yang dimana walaupun didalam ilmu sains tidak terdapat matematika,
tetapi komputasi dapat menjadikan wadah melalui bagaimana jalan suatu cara metode untuk mendapatkan hasil dari pemecahan masalah tersebut agar untuk dijadikan pelajaran yang sangat penting dan mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan sekolah, mahasiswa ataupun para pekerja yang harus semaksimal mungkin dalam pengerjaannya dalam membuat tugas-tugas yang telah diberikan oleh mereka.
KAJIAN LITERATUR
Pengertian Komputasi
Seiiring berjalannya waktu, suatu ilmu yang bernama komputasi ini lebih dikenal oleh khalayak ramai dengan bidang ilmu yang mempunyai beberapa susunan model matematika dan beberapa cara untuk menyelesaikan masalah matematika seperti geometri atau matematika numerik dengam mendata melalui komputer untuk menyelesaikan suatu pemecahan masalah tersebut.
Dan biasanya komputasi juga merupakan salah satu suatu aplikasi terapan bagaimana proses sebuah komputer dalam berbagai bentuk-bentuk dalam komputasi untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti menuliskan rumus-rumus umum ataupun pembuatan data-data dalam ilmu komputasi.
Adapun jenis-jenis komputasi modern saat ini yaitu :
- Mobile Computing, yaitu komputasi bergerak yang sering disebutkan sebuah interaksi antar manusia dan komputer. Maksudnya yaitu manusia dan komputer sudah sangat berkaitan penting di era modern ini dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penggunaan yang masih dibatas normal berkemungkinan untuk membuat suatu data, suaraatau video bergerak. Komputasi dapat bergerak karena penggunaan komunikasi seluler (komputer) yang di dalamnya terdapat perangkat keras komputer (Hardware) dan perangkat lunak komputer (Software)
- Gird Computing, yaitu penggunaan sumber daya yang menggunakan beberapa komputer yang telah terdaftar dan terpisah secara mendunia untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar. Skala besar yang dimaksud disini adalah contoh nya jika data-data rahasia negara yang ingin dikirimkan melalui perangkat komputer harus melalui tingkatan dalam grid computing ini.
- Cloud Computing, yaitu komputasi awan adalah sebuah penggabungan manfaat dari teknologi komputer dan perkembangan yang ber alaskan sebuah internet. Awan merupakan gabungan antara komputasi dan internet, dimana awan yang sering tergambar di dalam diagram pada jaringan-jaringan komputer. Jadi komputasi awan ini sangat berhubungan erat dengan bagaimana kinerja komputer dengan internet, jika komputer tidak mendapatkan internet, maka komputasi tidak berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.
Pengertian Perangkat Lunak Komputer (Software)
Perangkat lunak komputer (software) adalah sebuah kata atau istilah khusus untuk data yang telah dikerjakan sesuai ketentuan dan telah disimpan secara digital melalui sebuah elektronik, elektronik tersebut yaitu komputer untuk memperlihatkan dan mencari berbagai macam informasi agar bisa dilihat dan dibaca dan ditulis menggunakan komputer.
Atau dengan sitilah lain bahwa Software ini merupakan bagian dari sistem komputryangtidak memiliki wujud tetapi dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan, karena Software tersebut merupakan salah satu perangkat dalam yang ada di dalam komputer.
Adapun karakteristik dari perangkat lunak komputer (Software) yang dapat digolongkan berdasarkan beberapa kelompok yaitu :
- Berdasarkan Fungsinya, yaitu sebagaimana kemampuan dari perangkat lunak ini sampai sejauh mana bisa untuk digunakan dengan baik dan mudah. Jadi oleh karena itu perangkat lunak ini sering digunakan setiap harinya oleh kalangan mana pun, karena di setiap buatannya kemampuan perangkat lunak ini telah di buat sebaik mungkin agar bisa dipakai dengan mudah.
- Berdasarkan Perbedaannya Dengan Hardware, yaitu perangkat lunak dari tahun ketahun tidak pernah mengenak kata “tertinggal” dari perangkat-perangkat lain. Sedangkan perangkat keras sangat berbeda, dikarenakan dalah hal perbedaan ini perangkat keras sangat mudah tergantikan dengan produk-produk lain. Misalnya pada Iphone yang memiliki processor IOS 14 kebawah. Jika tidak secepatnya diganti atau di perbaharui, maka kegunaannya tidak ada lagi jika dipakai di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu semakin lama perangkat keras ini dipakai maka tandanya performansinya akan turun dan begitu pula dengan harganya semkain lama dipakai maka semakin murah pula.
- Berdasarkan Sifat, sifat perangkat lunak ini sebenarnya sangat mudah, contohnya jika terdapat kekurangan atau kecacatan dalam perangkat tersebut maka bisa diperbaiki , dikembangkan dan dapat diperbaharui secara maksimal sehingga perangkat tersebut tidak pernah mati / tergantikan dengan perangkat-perangkat lainnya. Dan adapun hak istimewa bagi penggunanya yaitu jika mereka menginginkan sistem yang sesuai dengan mereka sendiri, maka perangkat lunak bisa dibentuk dengan sesuai yang penggunanya inginkan.
- Berdasarkan Buku Ian Sommerville, yaitu perangkat lunak dapat dirawat, dan perangkat lunak harus bisa memenuhi perubahan dari user yang membutuhkan sesuatu. Oleh karena itu seperti poin nomor 3 bahwa perangkat lunak dapat berubah seiring dengan penggunanya ingin request mengubah suatu user agar lebih baik lagi.
Adapun kesimpulan dari Penerapan merupakan sebuah perbuatan mengaplikasikan suatu teori atau ilmu-ilmu, metode dan sebagainya untuk tercapai nya sebuah tujuan yang telah ditentukan dan untuk suatu keperluan penting yang telah diinginkan oleh beberapa kelompok atau golongan yang sudah direncanakan dan disusun sebelum mereka melakukannya.
Seperti yang telah diketahui, bahwa penerapan juga merupakan suatu tindakan oleh seseorang untuk mencapai target yang telah diinginkannya. Misalnya apabila seseorang ingin berkuliah di jurusan Matematika, maka harus melakukan beberapa penerapan yang telah dipikirkan sebelumnya,
yaitu harus belajar lebih giat mengenai pelajaran Matematika, lebih mengasah cara berhitung pribadi agar jika sudah masuk di perkuliahan akan berjalan dengan semaksimal mungkin. Hal ini merupakan salah satu contoh penerapan seorang individu agar mencapai target yang diinginkannya tercapai.
Pengertian Berpikir Komputasi
Berpikir komputasi adalah sebuah metode cara menyelesaiakan sebuah persoalan untuk menerapkan teknik dalam ilmu komputer (informatika). Didalam pengertian ini menjelaskan bahwa menyajikan beberapa persoalan yang membuat siswa terdorong untuk berpikir lebih kreatif lagi dan ambisius serta kritis dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menerapkan konsep - konsep berpikir komputasional yang telah diterapkan.
Dalam pembelajaran matematika baik disekolah maupun diperkuliahan, berpikir komputasi ini seharusnya diterapkan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) di dalam kelas. Misalnya pada materi pecahan, terlalu mudah jika menggunakan cara yang sudah umum digunakan, maka diharapkan siswa dapat menerapkan aplikasi pecahan dengan membuat model baru serta lebih kreatif lagi dalam penyajian konsep-konsep yang akan diberikan didepan kelas.
Oleh karena itu, berpikir komputasi sangat berpengaruh penting dalam kehidupan masing-masing orang yang pekerjaannya harus kreatif serta kritis dalam menyelesaikan suatu persolana untuk menerapkan konsep-konsep tertentu.
Adapun 4 landasan dalam Computational Thinking yaitu :
- Decomposition (Penguraian), yaitu menangani tentang bagaimana menguraikan masalah yang sulit atau kompleks menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk dikerjakan. Contohnya di dalam matematika biasanya terdapat dua cara penyelesaian untuk mengerjakan suatu contoh permasalahan. Cara pertama lebih sering terlihat lebih mudah daripada cara kedua.
- Pattern Recognition (Pengenalan Pola), yaitu mencari berbagai pola-pola yang berkaitan atau yang sama yang terdapat dalam sebuah pemecahan permasalahan. Pengenalan pola ini biasanya dapat diketahui bila seseorang baru saja belajar mengenai sesuatu hal yang baru diketahui, maka pola-pola tertentu pasti akan diperkenalkan dengan baik sebagaimana mestinya.
- Abstraction (Abstrak), yaitu hanya fokus pada inti dari permasalahan seperti informasi penting yang akan dijelaskan selanjutnya. Dan pastinya informasi yang kurang penting harus dihiraukan keberadannya. Sama halnya dalam membuat penelitian, jurnal ataupun artikel, dibagian awal paragraf pastinya ada yang namanya abstrak, dan penulis pastinya selalu memasukkan hal-hal yang penting sebagai informasi agar lebih diperjelas.
- Algorithms (Algoritma), yaitu sebuah langkah-langkah untuk menentukan persoalan-persoalan yang akan dicari. Biasanya didalamnya terdapat prosedur suatu cara pengerjaan soal-soal tertentu. Algoritma juga sangat berkaitan erat dengan komputasi dan matematika. Karena sama-sama mencari suatu permasalahan mengenai persoalan-persoalan tertentu.
Pengertian Strategi
Strategi merupakan suatu perencanaan yang sudah dibuat dalam jangka waktu yang lama yang disusun sedemikian rupa untuk mencapai tujuan dan sasaran keinginan tertentu bagi seseorang. Strategi juga sangat berguna bagi pelajar, mahasiswa dan bekerja.
Dimana untuk mengerjakan suatu yang disusun sedemikian rupa untuk mencapai tujuan dan sasaran keinginan tertentu bagi seseorang. Strategi juga sangat berguna bagi pelajar, mahasiswa dan bekerja. Dimana untuk para pelajar dan mahasiswa mengerjakan suatu soal ataupun perlombaan harus membuat strategi atau rencana yang jelas agar inti dari strategi tersebut dapat tercapai.
Sedangkan untuk para pekerjaan, strategi sangat perlu dilakukan untuk target marketing dari sebuah perusahaan, agar perusahaan tersebut dapat dikenal dan diterima dengan baik oleh banyak orang.
Pengertian Matematika
Sebelum matematika ditemukan, matematika lebih dikenal dengan ilmu hisab yang berarti cabang ilmu. Cabang ilmu ini berarti telah mencakup studi pelajaran tentang topik-topik seperti bilangan, banyaknya rumus-rumus dan beberapa struktur yang berkaitan, serta banyaknya jenis bangun ruang dan besaran untuk mengetahui perubahannya. Maka secara garis besar matematika juga dapat disebut sebagai ilmu dari bilangan dan beberapa angka didalamnya.
Matematika memiliki banyak sekali sub-bab materi di dalam mata pelajarannya. Bahkan semuanya memiliki tingkat mudah dan susah nya tersendiri. Serta memiliki rumus-rumus yang berbeda-beda pula. contohnya seperti materi tabung di dalam matematika. Untuk mencari jari-jari, diameter, luas ataupun tinggi tabung nya saja memiliki rumus yang berbeda-beda agar mendapatkan sebuah hasil.
Walaupun seperti itu, jika kita bisa memahami dan manghafal rumus dengan baik, pasti kita dapat juga bisa mengerjakannya dengan baik pula.
Banyak orang yang mengatakan bahwa matematika merupakan suatu pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Pada zaman sekarang, matematika jarang digemari oleh pelajar dikarenakan sering dibilangdengan mata pelajaran yang sulit untuk dicari akar permasalahannya.
Padahal, matematika akan lebih mudah jika banyak-banyak dipahami apa materi yang ingin di pelajari serta juga pemahaman tentang rumus-rumus yang telah diberikan. Oleh karena itu, kita yangtumbuh di zaman sekarang, seharusnya lebih menghargai para penemuan - penemuan dahulu agar ilmu-ilmu yang telah mereka temukan dapat dipelajari-serta diperdalam hingga di masa kedepan kemudian.
BAHAN DAN METODE
Pada dasarnya bahan yang digunakan dalam membuat penelitian suatu jurnal ilmiah hanya sedikit. Salah satunya harus mempunyai alat komunikasi seperti laptop atau komputer, serta handphone. Selain itu juga kertas dan alat tulis lainnya juga sangat dibutuhkan dalam karya jurnal ilmiah ini. Karena banyak bateri yang ingin ditulis ke dalam jurnal, harus diperiksa terlebih dahulu kata-kata nya melalui smartphone ataupun alat tulis.
Adapun 5 metode dalam pembuatan artikel jurnal yaitu sebagai berikut :
Metode Penelitian Kuantitatif
Metode penelitian kuantitatif ini merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan dalam pembuatan makalah, artikel atau jurnal. Dikarenakan ciri dari metode ini lebih banyak memakai penggunaan angka serta membuat data atau grafik data tersebut. Biasanya data dan grafik selaluada di dalam sebuah artikel penelitian dibagian pembahasan materi.
Penelitian Survey
Penelitian survey ini merupakan salah satu yang juga bisa dibilang dengan metode secara langsung. Dikarenakan dengan melakukan survey, penulis artikel dapat mengetahui informasi serta banyaknya opini yang telah dilakukan dalam survey - suvey melalui perorangan ataupun pribadi. Penelitian survey ini yang nantinya akan dijadikan sebuah data grafik di dalam pembahasan nantinya.
Ekspos Facto
Metode Ekspos facto ini lebih menekankan hubungan sebab akibat dari apa yang telah kita survey pada materi yang akan kita tulis. Pada akhirnya, hasil dari metode inilah yang akan menemukan hasil atau jawaban dari apa yang telah diteliti. Oleh karena itu, metode ini bisa mendapatkan bukti baru dan bisa dijadikan sebuah materi baru atau materi tambahan untuk hasil penelitian.
Penelitian Deskriptif
Seperti pengertian dari kata “Deskriptif” yaitu menggambarkan sebuah fenomena yang sedang terjadi. Artinya pada metode penelitian ini digunakan untuk mengaitkan materi dengan fenomena apa yang sedang terjadi pada saat penulis sedang mengerjakan artikel jurnal tersebut. Dengan mengaitkan dua hal tersebut, maka bisa membuat ide tambahan bagi penulis artikel jurnal ini.
Studi Pustaka
Ketika penulis telah selesai menulis artikel jurnalnya, serta membuat hasil dan pembahasan atas pemecahan masalah dari materi yang telah dibuat. Maka Studi Pustaka sangatlah penting untuk dibuat pada halaman selanjutnya. Karena studi pustaka ini merupakan bukti nyata penulis dalam mencari hasil dan pembahasan materi dari judul yang sudah selesai.
Daftar pustaka ini juga bertujuan agar pembaca artikel jurnal ini dapat mengetahui sumber apa saja yang sebagai dasardari materi judul dari jurnal tersebut. Serta banyaknya daftar pustaka menjadi bahan untuk mengaitkan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil dan pembahasan yang akan dibuat oleh penulis artikel jurnal ini yaitu tentang Komputasi (Mobile Computing, Grid Computing, Dan Cloud Computing). Berpikir Komputasi (Decomposition, Pattern Recognition, Abstraction, Algorithms). Dan Perangkat Lunak Komputer / Software, (Perangkat Lunak Sistem Operasi, Perangkat Lunak Aplikasi, Perangkat Lunak Pemrograman, Perangkat Lunak Tambahan / Program Bantu (Utility).
Berikut ini merupakan pembahasan mengenai Komputasi.
Mobile Computing
(Komputasi Bergerak)
Seperti yang dapat dilihat pada bab pendahuluan mengenai Mobile Computing yaitu komputasi bergerak, dimana yang dimaksud bergerak disini adalah interaksi antara manusia dan komputer yang pada zaman sekarang sangat mempunyai keterkaitan khusus di setiap harinya.
Bahkan, kapasitas internet melalui komputer sudah melebihi batas di antara global dengan kehidupan manusia. Tak jarang penggunaan akses internet berlebihan juga bisa mengakibatkan pemanasan global.
Grid Computing
(Komputasi Penggunaan Sumber Daya)
Persoalan kedua gambar diatas yaitu pada penggunaan sumber daya dalam jumlah skala besar. Contohnya : seperti sebuah PC pada komputer, di dalam komputer terdapat peranan - peranan penting di setiap sistem serta banyaknya perangkat di dalam sistem tersebut. Maka agar bisa dipakai manusia dengan maksimal, komputer tersebutharus di desaign semaksimal mungkin.
Cloud Computing
(Komputasi Awan)
Komputasi awan ini merupakan banyaknya peranan penting dalam penggunaan internet antara komputer, layaknya seperti awan yang bisa mengendalikan semesta, begitu pula komputasi awan ini. Tetapi jika tidak ada internet maka komputasi awan tidak dapat berjalan dengan baik.
Contohnya yaitu : penggunaan aplikasi google drive yang sekarang bisa dengan mudahnya mengunduh atau mengupload suatu data file pribadi ataupun bisa diakses semua orang menggunakan daya internet.
Berikut ini merupakan pembahasan mengenai Berpikir Komputasi.
Conh soal berpikir komputasi :
Dapat dilihat dari 2 contoh soal diatas mengenai Berpikir Komputasi. Bahwa di setiap soal awalnya menjelaskan beberapa pernyataan dari apa yang akan ditanyakan. Lalu baru diberi contoh - contoh nya lagi tentang pernyataan yang telah dibuat.
Dengan pernyataan dan contoh tersebut, maka kita diajak berpikir mengenai apa yang ditanyakan. Oleh karena itu berpikir komputasi ini bisa jadi guru ataupun dosen yang memberi pertanyaan akan mengetahui pola pikir pita masing-masing melalui sebuah pernyataan.
Decomposition (Penguraian)
=
Sama seperti namanya, Decomposition merupakan penguraian dari sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Atau untuk mencari solusi pemecahan masalah.
Contoh nya : dikehidupan sehari-hari, dengan tidak di sengaja kita sangat sering melakukan proses kegiatan decomposition. Salah satunya yaitu ketika kita ingin mencuci baju menggunakan mesin cuci, secara tidak sadar kita langsung mengambil sabun, pewangi dan mengalirkan air ke dalam mesin cuci. Hal ini artinya decomposition tersebut telah berada di dalam mindset kita untuk melakukan hal-hal yang sudah sering kita lakukan setiap harinya.
Pattern Recognition (Pengenalan Pola)
Contoh sederhana dari pattern recognition yaitu: ketika kita melihat sebuah rumah seseorang. Mengapa kita dapat mengetahui bentuk rumah seperti itu? Hal tersebut karena dari sejak kita kecil, bentuk rumah yaitu yang mempunyai atap, dinding yang kokoh, pintu, jendela ataupun pagar. Jadi pengenalan pola inilah yang menjadi dasar bahwa kita dapat mengingat sesuatu dalam jangka panjang.
Abstraction (Abstrak)
Abstrak merupakan salahsatu metode berpikir yang sering dipakai oleh programmer disaat menulis sebuah program. Layaknya seorang mahasiswa jurusan teknik, metode abstrak ini sangat sering digunakan dalam pembuatan koding pada saat mata kuliah tertentu.
Contohnya : saat membuat data pribadi untuk melamar kerja yang harus menggunakan nama, alamat nomor telepon ataupun foto ktp, maka lebih baik menggunakan penggunaan metode abstrak berikut ini.
Algorithms (Algoritma)
Algoritma dalam kehidupan sehari-hari lebih berkaitan dengan prosedur kerja yang kita lakukan, yaitu dari memulai suatu pekerjaan sampai dengan selesai. Hal itu harus dibuat terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatannya.
Contohnya :
Berikut ini merupakan pembahasan mengenai Perangkat Lunak Komputer (Software).
Perangkat Lunak Sistem Operasi
Perangakat ini merupakan panggabungan antar pengguna, hardware dan software aplikasi supaya mendapatkan daya guna secara bersamaan. Contoh dari perangkat lunak sistem operasi ini yaitu operasi yang sering sekali digunakan oleh pengguna setiap harinya, yaitu Microsoft Windows, Linux, Mac, IOS Apple, Google Android, dan OS Windows Phone.
Dimana sistem operasi ini merupakan inti yang paling banyak digunakan diseluruh dunia salah satu yang paling terbanyak yaitu Microsoft windows.
Contoh soal : apa saja struktur dari sistem operasi? Sistem operasi sendiri terdiri dari beberapa komponen-komponen. Beberapa komponen tersebut yaitu manajemen proses, manajemen memori utama, sistem jaringan dan sebagainya.
Perangkat Lunak Aplikasi
Seperti yang kita ketahui bahwa kata “Aplikasi” pada zaman sekarang pasti sudah banyak yang sudah mengenalnya. Aplikasi sendiri sudah ada pada alat-alat komunikasi contohnya komputer, laptop ataupun smartphone dalam merk apapun. Perangkat lunak aplikasi ini sangat berfungsi dalam kehidupan manusia untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan, mahasiswa, pelajar di dalam bidang nya masing-masing.
Banyaknya aplikasi didalam perangkat lunak komputer biasanya membuat salah satu aplikasi tersebut jarang digunakan oleh penggunanya. Oleh karena itu jika kita sudah mempunyai sebuah komputer ataupun laptop, bisa memilah mana yang bakalah lebih sering digunakan. Karena jika terlalu banyak menggunakan aplikasi juga bisa menyebabkan laptop / lomputer kita bermasalah karena sistem dan perangkat komputer nya terlalu penuh.
Perangkat Lunak Pemrograman
Biasanya, perangkat lunak pemrograman tugasnya selalu mengatur sistem pada perangkat keras komputer. Dengan mengatur dan mengontrol perangkat keras, sehingga perangkat lunak pemrograman dan aplikasi dapat melakukan tugasnya sesuai apa yang telah diatur.
Contoh pemakaian perangkat lunak pemrograman yaitu ketika pengguna ingin melakukan save (simpan) data melalui Microsoft Office, biasanya dengan mudah bisa melalkukan dengan menekan keyboard Ctrl+S. Serta jika ingin mencopy beberapa kalimat, maka pengguna tersebut bisa dengan mudah memblock kalimat mana yang ingin di copy lalu menekan Ctrl+C. Maka kalimat yang ingin di tempel akan langsung rapi di halaman yangtelah ditentukan oleh penggunanya.
Perangkat Lunak Tamabahan / Program Bantu (Utility)
Program bantu ini sangat berpengaruh penting oleh banyaknya pengguna. Program yang digunakan untuk mengisi setiap kekurangan pada data-data ataupun tulisan dari sebuah file dan dapat menampilkan kembali suatu sistem yang telah terhapus. Karena di saat membuat suatu tulisan bisanya banyak sekali kemungkinan - kemungkinan buruk yang akan terjadi. Salah satunya sebuah data-data penting yang jika hilang harus membuat dari awal terlebih dahulu.
KESIMPULAN
Komputasi merupakan sebuah cabang ilmu yang tujuaannya mempunyai banyak arti, yaitu sebagai aplikasi, cara-cara, dan bisa mengendalikan beberapa perangkat-perangkat guna mencapai hasil yang diinginkan. Begitu pula dengan berpikir komputasi, berpikir komputasi yaitu salah satu metode cara berpikir dalam pemecahan masalah. Bagaimana kita menyelesaikan masalah tersebut dapat dipelajari dalam pelajaran komputasi.
Komputasi sangat terikat hubungannya dengan komputer. Dimana untuk menyelesaikan suatu data minimum dan maksimum serta membuat suatu data grafik harus dilakukan dengan pembahasan numerik menggunakan aplikasi atau program di dalam komputer.
Layaknya aplikasi tersebut, aplikasi komputer didapat melalui adanya perangkat lunak komputer (software) yang didalamnya terdapat macam-macam sistem / perangkat yang bisa menyelesaikan beberapa kegiatan melalui komputer.
Dalam perangkat lunak komputer (Software), terdapat banyak sekali aplikasi yang tujuannya sebagai sistem operasi, alat untuk pemrograman serta sebagai daya bantu tambahan jika salah satu dari aplikasi tersebut tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, pada zaman sekarang perangkat lunak ini sangat berpengaruh dalam pertumbuhan telekomunikasi di dunia.
Karena dengan sifatnya yang tetap, maka sistem tersebut dapat terus dipakai dimana pun serta dalam perkembangan zaman nantinya. Hanya saja dalam beberapa tahun kedepan harus memperbaharui kembali perangkat-perangkat yang sekiranya sudah tidak dapat digunakan jika tidak di perbaharui ulang.
Oleh karena itu dalam pembelajaran berpikir komputasi di dalam matematika sangat berpengaruh penting dengan menunjukkan bagaimana cara kita berpikir untuk menggali soal - soal matematika menggunakan rumus-rumus tertentu. Bahkan tak jarang kemungkinan kita harus membuat sendiri rumus-rumus matematika agar dapat mendapatakan hasil dari soal yangtelah diberikan.
Di dalam kehidupan sehari hari juga berpikir komputasi sangat penting untuk dipelajari. Banyak cara penyelesaian permasalahan di dalam kehidupan sehari – hari dapat terselesaikan apabila kita mempelajari cara berpikir komputasi. Tak hanya itu, cara untuk melakukan kegiatan melalui step by step juga sering ditemukan dalam pembelajaran berpikir komputasi. Bagaimana cara memasak dengan baik, belajar serta banyak kegiatan lainnya.
DAFTAR BACAAN
Susanty , Meredita. 2020. Berpikir Komputasional Dan Pemrograman Dengan Phyton. Jakarta Selatan. 190 Halaman.
Iswanto, Dedy,ST.,MM. 2018. Aplikasi Komputer. 260 Halaman.
Cahdriyana, Rima Aksen. Dkk. 2020. Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. Vol.11, No.1. Halaman : 50 - 56.
Anistyasari, Yeni. Dkk. 2020. Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman Dan Berpikir Komputasi : Sebuah Studi Literatur. Vol.02, No.02. Halaman : 37 – 44.
Ansori, Miksan. 2020. Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) Dalam Pemecahan Masalah. Vol.3, No.1. Halaman : 112 – 126.
Kawuri, Kunthi Ratna. Dkk. 2019. Penerapan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswakelas X MIA 9 SMA Negeri 1surakarta Pada Materi Usaha Dan Energi 6. Vol.9, No.2. Halaman : 116 – 121.
Julianti, Nurma Haya. Dkk 2022. Computational Thinking Dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa. Vol.2, No.1. Halaman : 47 – 57.
Yasin, Mohammad. 2020. Assesmen Penulisan Jurnal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi (Journal Writing Assessment To Improve Computational Thinking Ability). Halaman : 1 – 21.
Ramhmadhani, Luthfiyani Indah Putri, Dkk. 2021. Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. Halaman : 289 – 297.
Kamil, Muhammad Rijal. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek Padamateri Pola Bilangan. Vol.12, No.2. Halaman : 259 – 270.
Malik, Syaeful. Dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching Andlearning. Halaman : 1 – 6.
Tresnawati, Dewi. Dkk. 2020. Edukasi Cara Berpikir Komputasi Melalui Tantangan Bebras 2020 Di Garut. Vol.1, No.2. Halaman : 181 – 186.
Septanto, Henri. Dkk. 2020. Komputerdan Informatika. Vol. 15, No.1. Halaman : 99 – 109.
Ansori, Zainal. Dkk. 2019. Pelatihan Pengenalan Perangkatkeras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa – Siswi SDN 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Vol.1, No.1. Halaman : 55 – 63.
Jamaludin, Jaja. Dkk. 2021. Penggunaan Software Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Literatur. Vol.7, No.1. Halaman : 96 – 105.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H