sistematika surat lamaran kerja:
1. tempat dan tanggal surat
2. lampiran dan hal
3. tujuan surat
4. salam pembuka
5. alinea pembukaÂ
6. isi
7. bagian penting
8. tanda tangan dan nama
pengertian surat lamaran
jenis surat pribadi bersifat resmi yang diajukan seseorang ke perusahaan (instansi) agar diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu. Surat lamaran pekerjaan biasanya berisi identitas diri, tingkat pendidikan, nomor kontak, dan pengalaman atau kealian yang dimiliki seorang pelamar kerja. Seringkali, surat lamaran pekerjaan dikirimkan bersamaan dengan curriculum vitae atau CV. Saat melamar kerja, seseorang diharus menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar agar peluang diterima di perusahaan impian makin besar.
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
- Menggunakan bahasa yang baik dan benar
- Memakai kata-kata yang sopan
- Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat dan padat/informatif, dan tepat sasaran.
- Jaga agar tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai dengak kaidah ejaan.
- Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat, seperti: penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H