oleh: Aisah Karunia Rahayu, NIM: 2002528, SPs PAUD UPI
Eksistensi Bermain Outdoor di Masa Pandemi COVID-19
Pandemi COVID-19 berdampak besar pada cara bermain anak-anak. Anak anda akan beralih dari mode offline ke mode online. Di era internet, ada dua jenis permainan anak-anak. Yang pertama adalah ketika anak-anak bermain di rumah, mereka tidak puas bermain dan bosan dan bosan. Anak-anak dipaksa bermain di luar bersama teman-temannya, terlepas dari protokol kesehatan yang harus mereka ikuti. Meskipun pemerintah mendorong masyarakat untuk memberlakukan pembatasan sosial dan mengurangi aktivitas di luar keluarga (Hamzelou, 2020; Chen & Yuan, 2020; Brussevich, et al, 2020). Akibatnya, anak menjadi tidak aktif karena banyak menghabiskan waktu bermain dan tidak mengontrol. Kedua, anak memiliki keterbatasan transfer energi dalam aktivitas bermain.
Penelitian Wang dkk (2020) dan Shahidi dkk. (2020) Selama pandemi COVID-19, anak-anak kurang aktivitas fisik, jarang bermain di luar ruangan, lebih banyak duduk di layar digital, dan lebih banyak dari sebelum pembatasan sosial COVID-19. Dia bilang dia sedang tidur waktunya. Studi lain menemukan bahwa anak perempuan menggunakan media sosial dan tidur lebih banyak daripada anak laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan 95% dalam penggunaan media sosial dan penurunan permainan di luar ruangan (Kennedy, 2020; Widnyana, et al.). Tahun 2020). Bermain di dalam ruangan atau di luar ruangan selama pandemi COVID-19 sebenarnya dapat berkontribusi atau bahkan memperburuk kesehatan anak. Namun, bermain di luar ruangan dengan banyak aktivitas fisik dan sedikit waktu luang, tidur yang cukup meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan kekebalan.
Dalam pembatasan sosial di tingkat nasional, pesan pencegahan perilaku tidak sehat dan peningkatan kesehatan harus diimbangi dengan pesan pencegahan epidemi. Ini memungkinkan untuk menerapkan "perintah di rumah" dan "perintah di rumah". Dorongan dan partisipasi orang tua sangat penting untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (Nuria, 2019). Beberapa dokumen menunjukkan bahwa selama COVID-19, orang tua tertekan oleh resesi dan harus bekerja sebagai guru dan orang tua di rumah, tetapi dukungan orang tua adalah untuk anak-anak mereka perkembangan Bornstein, 2020. Merupakan faktor penting dalam. Garbe, dkk, 2020). .. Jadi, dengan bimbingan dan kerjasama guru, orang tua dan anak, aktivitas fisik dan bermain di luar rumah dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan anak. Moore, dkk. Sesuai dengan studi tentang. (2020), Orang tua Kanada dapat menggunakan waktu luangnya untuk merencanakan waktu luang keluarganya untuk mengembangkan dan memperbaharui minatnya selama masa pembatasan sosial COVID-19. Dia menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi kesehatan mental. Ini memperburuk kesehatan dan penyakit mental (Aert, et al, 2021; Viscuso dan Mangiapane, karena banyak keluarga tetap menjaga jarak sosial COVID-19 tetapi merasakan trauma mengasuh anak dan menjaga anak-anak mereka di rumah 2020). Aktivitas fisik yang aktif dapat mengurangi beban kesehatan dan penyakit mental dengan bermain di luar ruangan. Berdasarkan interpretasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa orang tua yang menanggapi pembatasan sosial COVID-19 harus aktif dan kreatif untuk anak-anaknya, mendorong dan berpartisipasi dalam kegiatan bermain aman. Aku bisa melakukan itu. Orang tua dan anak-anak terlibat dalam hobi baru dan kegiatan menyenangkan di luar rumah, mengikuti protokol kesehatan. Anak-anak didorong untuk bermain di luar ruangan secara rutin (Lannoy, dkk, 2020). Melalui permainan tatap muka, peran orang tua dalam membimbing dan mengoordinasikan kehidupan sehari-hari anak-anaknya, seperti screen time, tidur, bangun, dan waktu keluarga yang berkualitas (Livingstone, et al, 2015; Jary, S, 2015). Pemerintah juga perlu menyediakan ruang bagi masyarakat untuk bersepeda, berjalan dan berlari, serta memelihara taman bermain terbuka yang cocok untuk anak-anak.
DAFTAR PUSTAKA
Jurnal:
Aert, dkk. (2021). Effect of The COVID-19 Pandemic During The First Lockdown In The Netherlands on The Number of Trauma-Related Admissions, Trauma Severity and Treatment: The Results of A Retrospective Cohort Study In A Level 2 Trauma Centre. BMJ open, 11(2), e045015.
Chen & Yuan. (2020). China’s Ongoing Battle Against The Coronavirus: Why Did The Lockdown Strategy Work Well?. Socio-Ecological Practice Research, 2(2), 175-180.
Garbe, dkk. (2020). COVID-19 and Remote Learning: Experiences of Parents With Children During The Pandemic. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45-65.
Hamzelou. (2020). World In Lockdown. New Scientist, 245(3275), 7. doi:10.1016/s0262-4079(20)30611-4
Jary, S. (2015). How Much Screen Time is Healthy for Children. Health Risks of Too Much Kid Screen Time. The Duston School. Diakses dari www.thedustonschool.org
Kennedy. (2020). ‘If The Rise of The Tiktok Dance and E-Girl Aesthetic Has Taught Us Anything, It’s That Teenage Girls Rule The Internet Right Now’: Tiktok Celebrity, Girls and The Coronavirus Crisis. European Journal of Cultural Studies, 23(6), 1069-1076.
Lannoy, dkk. (2020). Regional Differences In Access to The Outdoors and Outdoor Play of Canadian Children and Youth During The COVID-19 Outbreak. Canadian Journal of Public Health, 111(6), 988-994.
Moore, dkk. (2020). Impact of The COVID-19 Virus Outbreak On Movement and Play Behaviours of Canadian Children and Youth: A National Survey. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17(1), 1-11.
Shahidi, dkk. (2020). Physical Activity During COVID‐19 Quarantine. Acta Paediatrica, 109(10), 2147-2148.
Viscuso & Mangiapane. (2020). Pandemic COVID-19: Psychodynamic Analysis of A Global Trauma. Clinical Considerations Pre\Post Lock Down. Journal of Medical Research and Health Sciences, 3(6).
Wang, dkk. (2020). Mitigate The Effects of Home Confinement On Children During The COVID-19 Outbreak. The Lancet, 395(10228), 945-947.
Brussevich, dkk. (2020). Who Will Bear The Brunt of Lockdown Policies? Evidence from Tele-Workability Measures Across Countries. International Monetary Fund.
Buku:
Bornstein, M. H. (2020). Psychological Insights for Understanding COVID-19 and Families, Parents, and Children. England: Routledge Taylor and Francis Group.
Glanz, dkk. (2015). Health Behaviour: Theory, Research and Practice. San Francisco: Jossey-Bass
Livingstone, dkk. (2015). How Parents of Young Children Manage Digital Devices At Home: The Role of Income, Education and Parental Style. London: EU Kids Online, LSE
Nuria. (2019). Perilaku Hidup Sehat: Taman Kanak Kanak. Tasikmalaya: Edu Publisher
Widnyana, dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Hukum dan Sosial Kemasyarakatan. Medan: Yayasan Kita Menulis
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H