Mohon tunggu...
Aira Mikha
Aira Mikha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Trisakti School of Management

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Seberapa Penting Budaya Organisasi?

17 Agustus 2021   23:53 Diperbarui: 18 Agustus 2021   00:01 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menurut Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn (2001 : 391), Budaya Organisasi adalah sistem yang mereka percaya dan suatu nilai yang dapat dikembangkan dari suatu organisasi yang mana hal itu menuntun perilaku anggota organisasi itu sendiri.

Di setiap perusahaan pasti memiliki suatu budaya atau kultur atau kebiasaan masing-masing perusahaan yang membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya. Budaya organisasi tersebut biasanya memang ditujukkan untuk menunjukkan identitas perusahaan dan menambah nilai perusahaan melalui anggota timnya.

Namun, sebenarnya budaya organisasi ini juga dapat bersifat blunder dan malah menjadi boomerang ketika budaya yang ada dalam perusahaan itu buruk. Ketika budaya atau kebiasaan yang terjadi dalam perusahaan itu buruk, maka dapat tersebar ke eksternal perusahaan dan menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan kedatangan tamu atau pun klien, maka tamu atau klien tersebut pasti akan bertemu dengan front office perusahaan terlebih dahulu, seperti satpam dan resepsionis. Ketika front office berpakaian rapi dan berbicara dengan sopan kepada tamu atau klien, maka itu termasuk salah satu budaya organisasi yang baik dalam perusahaan.

Tetapi ketika front office berpakainnya tidak rapi dan tidak memperlakukan tamu atau klien dengan baik, maka itu juga dapat menjadi boomerang bagi perusahaan terutama memberikan kesan buruk pada tamu atau klien. Hal tersebut bisa dikategorikan sebagai budaya organisasi karena apa yang dilakukan anggota tim, mencerminkan bagaimana budaya organisasi di dalam perusahaan.

Jika kita beralih kepada hal yang lebih besar, maka ada beberapa kasus budaya organisasi yang terkait dengan sikap kepemimpinan. Kasus tersebut seperti budaya organisasi yang berubah ketika adanya perubahan pemimpin. Hal itu wajar dan bisa saja terjadi karena belum tentu pemimpin yang baru menyetujui semua budaya organisasi yang selama itu sudah berjalan.

Di satu sisi, hal tersebut dapat menjadi hal positif ketika pemimpin tersebut merubah budaya organisasi yang mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti kebutuhan eksternal perusahaan. 

Mengapa hal tersebut bisa dikatakan positif? Ada kalanya ketika budaya organisasi "kaku", maka itu malah menjadi penghambat perusahaan untuk berkembang. Jika begitu, baik adanya untuk mengubah budaya organisasi yang ada.

Namun, di sisi lain juga hal tersebut dapat menjadi negatif ketika pemimpin tersebut mengubah budaya organisasi yang ada dengan budaya organisasi keinginannya sendiri, tanpa melihat aspek-aspek atau indikator-indikatornya. Ia hanya membuat budaya organisasi sesuai keingannya tanpa mempertimbangkan dampaknya, tanpa memedulikan anggota timnya.

Di kasus lain, ada yang dinamakan dengan "culture gap". Culture Gap sendiri adalah kondisi di mana adanya kesenjangan budaya organisasi yang ada. Biasanya culture gap terjadi ketika suatu perusahaan diakuisisi oleh perusahaan lain, alias merger. Kedua perusahaan yang melakukan merger tersebut pasti memiliki budaya organisasi masing-masing dan berbeda antara satu dengan lainnya. 

Merger yang dilakukan biasanya akan berdampak positif terutama demi perkembangan perusahaan. Namun, jika kita melihat dari sisi anggota timnya, maka perbedaan kondisi kerja dan budaya organisasi tersebut malah dapat berdampak negatif. 

Studi oleh perusahaan konsultan seperti McKinsey & Company, Hay Group, dan lainnya menunjukkan bahwa kinerja menurun hampir 20 persen pada perusahaan yang diakuisisi, kemudian terdapat 90 persen yang tidak memenuhi ekspektasi. 

Salah satu cara agar proses kerja sama antar anggota tim dapat berhasil, perusahaan perlu mempertimbangankan 4K, yakni koneksi, kontrol, karier, dan kapabilitas.

Pada intinya, budaya organisasi sangat penting karena itu mencerminkan suatu perusahaan dan dapat menambah nilai dari perusahaan itu sendiri. Tentunya dalam menciptakan budaya organisasi yang baik, harus didukung dan disepakati oleh semua anggota tim termasuk pemimpinnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun