Mohon tunggu...
Ainur Rohmah
Ainur Rohmah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Digital Marketing untuk UMKM

24 Agustus 2024   19:47 Diperbarui: 24 Agustus 2024   19:49 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 (dokpri) KKN
 (dokpri) KKN

 (dokpri) KKN
 (dokpri) KKN

A. Marketing

marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan secara online untuk mempromosikan produk atau jasa kepada khalayak yang lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial, situs web dan platform e-commerce. Digital Marketing membuka peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang.

B. Peran Digital Marketing Bagi UMKM

Digital marketing memiliki peran penting dalam meningkatkan eksposur dan daya saing UMKM. Tidak ada batasan geografis, sehingga bisnis kita dapat diakses oleh siapa saja, dimanapun mereka berada. Digital marketing juga membantu menciptakan keterlibatan yang lebih tinggi dengan konsumen melalui interaksi yang personal dan kreatif.

C. Keunggulan Digital Marketing

- Memberikan kemudahan dalam promosi

Hal pertama yang akan kamu peroleh ketika memasarkan produk usaha secara digital adalah kemudahan dalam melakukan promosi produk. tidak perlu berkeliling kota untuk menyebarkan selebaran atau memasang pamflet di pinggir jalan

- Jangkauan target pasar lebih luas

Memberikan jangkauan target secara meluas. Artinya, jangkauan konsumen yang kamu peroleh melalui pemasaran produk ini tidak terbatas. Semua pengguna media sosial atau pengikutdari media digital yang kamu gunakan bisa melihat postingan yang kamu unggah.

- Evaluasi yang mudah

Ketika menggunakan teknik pemasaran konvensional maka kamu tidak bisa melihat berapa jumlah viewers yang kamu pasang. Namun, berbeda dengan penggunaan promosi produk secara digital yang bisa memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengevaluasi produk yang dipasarkan.
Dalam hal ini, biasanya pemasaran produk secara digital tidak hanya menampilkan iklan suatu produk tetapi juga berfungsi sebagai media bagi konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Selain itu terdapat pula fasilitas berupa pengisian kolom komentar yang nantinya juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk promosi produk berikutnya.

- Efektif dan murah

Penggunaan media digital sebagai promosi produk merupakan hal yang akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Keuntungan ini berupa biaya pengeluaran yang murah dan sistem pemasaran produk yang efektif. Sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya pengeluaran dan bisa memperbesar pemasukan melalui pemasaran produk yang optimal.

- Meningkatkan eksistensi produk

Digital marketing juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan eksistensi produk usaha yang kamu miliki secara online. Dengan adanya sistem pemasaran produk yang mudah dilakukan dan cepatnya informasi yang tersebar. Maka hal ini mampu memberikan jangkauan konsumen yang luas bagi para pelaku usaha.
Selain itu, kemudahan akses bagi konsumen untuk mencari produk usaha yang kamu pasarkan juga akan membuat brand produk semakin banyak dikenal. Oleh karena itu, sebagai generasi muda kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk mempromosikan brand produk usaha yang miliki.

D. Strategi Digital Marketing

- Membangun konten dan Branding di Platform Media Sosial

- Bangun toko online dengan paltform E-commerce

- Ingat bahwa digital marketing membutuhkan komitmen dan sabar

KESIMPULAN

Penggunaan teknologi digital telah memengaruhi semua aspek kegiatan manusia, termasuk pemasaran. Pemasaran berbasis digital digunakan untuk memperoleh konsumen, membangun preferensi mereka, promosi merek, memelihara konsumen, serta meningkatkan penjualan yang pada akhirnya meningkatkan profit. Digital marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet, dan memungkinkan penjual untuk memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan geografis. Digital marketing juga merupakan cara komunikasi dua arah yang dapat menimbulkan awareness dan engagement masyarakat terhadap produk dan merek tertentu. Platform yang sering digunakan untuk digital marketing adalah media sosial, terutama Whatsapp dan Instagram. Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun