Mohon tunggu...
Ainun Jariyah
Ainun Jariyah Mohon Tunggu... Guru - Berkarya terus. Terus berkarya

Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pengembangan Alat Edukatif Anak Usia dini

8 November 2021   14:28 Diperbarui: 8 November 2021   14:57 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Alat Permainan merupakan salah satu kebutuhan utama untuk mendampingi tumbuh kembang anak. Tidak harus mahal dan tidak harus beli, namun dengan membuat memanfaatkan barang-barang yang ada, membuat guru dan orang tua menjadi kreatif dan inovatif. 

Alat Permainan Edukatif termasuk bagian dari media pembelajran, karena APE dirancang untuk dimainkan untuk anak dengan tujuan untuk bermain dan  belajar. 

erta fungsi APE untuk  menstimulus lima aspek tumbuh kembang anak. bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya terkait perngertian dan fungsi Alat Permaian Edukatif (APE). Setelah APE dirancang, dibuat dan dimainkan selanjutnya perlu diketahui hasil dari ada nya pengadaan Alat Permainan Edukatif ini, sesuai atau tidak dengan apa yang ditargetkan. 

Apakah berhasil atau tidak anak bisa melakukan sesuai perintah dan peraturan permainan ? Namun sebelum ada evaluasi tersebut perlu diketahui untuk membuat angket pertanyaan evaluasi APE tersebut. seperti :

1. Ketepatan media pembelajaran, artinya Media pembelajaran yang dipilih atas dasar tujuan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan 

2. Dukungan terhadap isi bahan ajar. Artinya media pembelajaran memberikan dukungan tersampikannya materi pembelajaran kepada peserta didik dan dapat difahami oleh peserta didik 

3. Perolehan media pembelajaran. Maknanya media pembelajaran mudah didapati baik itu dibeli atau pun membuat sendiri.

4. Ketrampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran, bagaimana guru bisa menjelaskan serta mendampingi anak secara teratur. dan sesuai tahap apa yang mau di capai. Namun dalam guru dapat menggunakan media pembelajaran juga perlu diketahui bahwa apapun media nya. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran menjadi hal yang penting karena guru selaku fasilitator dan pembimbing

5. Tersediannya waktu untuk menggunakannya. Maknanya media pembelajaran 

nah... jadi untuk pemilihan angket pertanyaan untuk menemukan sebuah hasil evaluasi maka perlu merujuk pada kriteria pembuatan angketnya. jadi sesuai apa yang ditargetkan.

Penilian dari fungsi alat permainan edukatif dimaksud untuk mengembangkan atau menstimulus setiap aspek perkembangan anak baik fisik motorik, bahasa dan kognitif melalui bagaimana proses perkembangannya. 

Selain itu unutk evaluasi yang efektif pada pembuatan alat permainan edukatif dapat diketahui dari tujuan, prinsip dan tahapan atau langkah-langkahnya. Melalui evaluasi pengembangan media alat permainan edukatif yang efektif dapat dijadikan bahan perbaikan kembali. 

Pendidik memang dituntut untuk mampu mengetahui dan memahami mengenai evaluasi media pembelajaran. Dipertegas dengan pendapat Zaman dan Eliyawati selain penggunaan media pembelajaran, kegiatan lain yang harus diperhatikan terkait dalam pengelolaan media pembelajran tersebut adalah kegiatan penilaian atau evaluasi.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun