**Social-Emotional Learning (SEL)** dan **CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)** adalah dua konsep yang sangat penting dalam pengembangan sosial emosional di lingkungan pendidikan. Keduanya berfokus pada pemberian keterampilan yang diperlukan bagi siswa untuk mengelola emosi, membangun hubungan yang sehat, dan membuat keputusan yang baik, yang pada akhirnya dapat mendukung keberhasilan akademik mereka.
### 1. **Social-Emotional Learning (SEL)**
**Social-Emotional Learning (SEL)** adalah proses yang memungkinkan individu untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mengenali dan mengelola emosi, mencapai tujuan positif, merasakan dan menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun hubungan yang sehat, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab.
#### **Komponen Utama SEL**:
Menurut banyak model SEL, terdapat lima keterampilan dasar yang harus dikembangkan dalam proses ini:
1. **Self-awareness (Kesadaran Diri)**: Kemampuan untuk mengenali emosi diri, memahami bagaimana emosi tersebut mempengaruhi perilaku, dan memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan serta keterbatasan diri.
2. **Self-management (Manajemen Diri)**: Kemampuan untuk mengelola emosi, mengontrol impuls, mengatur stres, dan memotivasi diri untuk mencapai tujuan, terutama dalam situasi yang penuh tekanan atau frustrasi.
3. **Social awareness (Kesadaran Sosial)**: Kemampuan untuk memahami dan menghargai perspektif orang lain, serta merasakan empati terhadap orang lain, baik di dalam maupun di luar lingkungan sosial kita.
4. **Relationship skills (Keterampilan Hubungan)**: Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat, mengkomunikasikan diri secara efektif, bekerja dalam tim, serta menyelesaikan konflik secara konstruktif.
5. **Responsible decision-making (Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab)**: Kemampuan untuk membuat pilihan yang tepat, dengan mempertimbangkan pertimbangan etis, sosial, dan tindakan yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain.
#### **Manfaat SEL**:
- Meningkatkan kesejahteraan emosional dan sosial siswa.
- Membantu siswa mengatasi stres dan kecemasan.
- Meningkatkan keterampilan sosial yang penting dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa.
- Mendukung keberhasilan akademik dengan meningkatkan fokus dan motivasi siswa.
- Mengurangi perilaku buruk seperti bullying atau kekerasan.
### 2. **CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)**
**CASEL** adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan, penerapan, dan penelitian mengenai **Social-Emotional Learning (SEL)**. CASEL mendukung implementasi SEL di sekolah-sekolah di seluruh dunia dengan menyediakan kerangka kerja dan sumber daya yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengintegrasikan SEL dalam pembelajaran sehari-hari.
#### **Kerangka Kerja CASEL**:
CASEL mengembangkan **"The CASEL 5"** sebagai kerangka kerja untuk pengembangan SEL yang berfokus pada lima kompetensi utama yang juga dijelaskan dalam konsep SEL sebelumnya:
1. **Self-awareness (Kesadaran Diri)**: Mengenali dan memahami emosi diri sendiri, serta bagaimana hal tersebut memengaruhi pemikiran dan perilaku.
 Â
2. **Self-management (Manajemen Diri)**: Mengelola emosi, mencapai tujuan, dan mengatasi stres atau tantangan.
 Â
3. **Social awareness (Kesadaran Sosial)**: Memahami perspektif orang lain, merasakan empati, dan berinteraksi secara positif dengan orang-orang dari latar belakang yang beragam.
 Â
4. **Relationship skills (Keterampilan Hubungan)**: Membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan mendukung, serta menyelesaikan konflik secara positif.
 Â
5. **Responsible decision-making (Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab)**: Membuat keputusan yang positif dan etis, dengan mempertimbangkan dampaknya pada diri sendiri dan orang lain.
#### **Tujuan dan Fokus CASEL**:
- **Penerapan di Kelas**: CASEL membantu sekolah untuk menerapkan SEL secara sistematis melalui kurikulum dan program yang berbasis pada bukti. Mereka menyediakan alat dan pedoman untuk mengintegrasikan SEL dalam pembelajaran sehari-hari, yang membantu siswa tidak hanya berkembang secara akademik, tetapi juga secara sosial dan emosional.
 Â
- **Kemitraan dengan Sekolah dan Komunitas**: CASEL bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk sekolah, distrik, dan komunitas untuk menciptakan sistem dukungan yang memfasilitasi pembelajaran sosial emosional.
- **Penelitian dan Pengembangan**: CASEL berkomitmen untuk melakukan penelitian yang mendalam untuk mengevaluasi efektivitas program SEL dan untuk terus mengembangkan pendekatan berbasis bukti yang dapat diterapkan di berbagai jenis sekolah.
#### **Manfaat Implementasi SEL Berdasarkan CASEL**:
- **Peningkatan Kesejahteraan Siswa**: Membantu siswa mengembangkan keterampilan untuk mengelola stres, emosi, dan hubungan interpersonal.
- **Meningkatkan Keberhasilan Akademik**: Siswa yang memiliki keterampilan SEL yang baik cenderung lebih sukses dalam belajar karena mereka dapat mengelola kecemasan, motivasi, dan fokus dengan lebih baik.
- **Mengurangi Perilaku Buruk**: Program SEL yang efektif dapat mengurangi perilaku negatif, seperti bullying dan perundungan, serta meningkatkan keterampilan menyelesaikan konflik.
### Perbedaan antara SEL dan CASEL:
- **SEL** adalah proses pembelajaran yang difokuskan pada pengembangan keterampilan sosial emosional, sedangkan **CASEL** adalah organisasi yang mendukung dan mengembangkan penelitian serta praktek SEL di sekolah-sekolah dengan menyediakan alat, sumber daya, dan kerangka kerja.
- **CASEL** menciptakan pedoman untuk implementasi dan evaluasi SEL di tingkat sekolah dan lebih berfokus pada aspek sistemik yang melibatkan seluruh komunitas sekolah (guru, siswa, orang tua, dan staf).
### Kesimpulan
**Social-Emotional Learning (SEL)** adalah pendekatan yang vital dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa, yang berdampak positif pada kesejahteraan mereka dan keberhasilan akademik. **CASEL**, sebagai organisasi yang mendukung penerapan SEL, memainkan peran penting dalam menyediakan pedoman, riset, dan alat yang membantu sekolah-sekolah di seluruh dunia untuk menerapkan SEL secara efektif. Dengan adanya kerangka kerja CASEL dan penerapan SEL di dalam kelas, siswa tidak hanya memperoleh keterampilan akademik tetapi juga keterampilan hidup yang esensial untuk mengelola emosi, berinteraksi secara positif, dan membuat keputusan yang bijaksana.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI