Mohon tunggu...
Ainatuz Zahroh
Ainatuz Zahroh Mohon Tunggu... Guru - PGSD 17 UNISNU

Salam kenal semuanya yang telah membaca artikel saya, meskipun terdapat kekurangan dalam penulisan yang saya tulis mohon dimaklumi ya semua.... love, kritik dan saran sangatlah saya hargai karena dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis yang saya punya. terimakasih semuanya. Instagram: a_ainzzz

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mendekor Ruang Belajar untuk Meningkatkan Semangat pada Saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

27 Juni 2020   23:18 Diperbarui: 27 Juni 2020   23:44 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak dapat ditolak fakta permasalahan dunia sekarang ini disebabkan oleh virus jenis baru yang dibawah dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Virus ini adalah virus Corona atau Covid-19. 

Di masa pandemi Covid-19 semua jenjang pendidikan di negara yang terdampak Covid-19, termasuk juga indonesia mulai dari pendidkan Paud hingga Perguruan Tinggi sekalipun sistem pembelajaran serentak dilakukan menggunakan ponsel ataupun laptop yang tentunya menggunakan koneksi jaringan internet. 

Sesuai dengan perintah yang dikeluarkan Kemendikud terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease atau kita sebut Covid-19.

Menurut Arifin (2010) Pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik “guru” dengan pelajar, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa. 

Hal ini tentunya sedikit banyak mengubah proses pembelajaran yang awal mula dilakukan didalam kelas menjadi belajar di rumah. Untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran di masa pandemi ini tentunya pendidik dan peserta didik harus mampu menguasai teknologi supaya pembelajaran tetap berlangsung dengan semestinya.

Pembelajaran yang dilakukan dirumah atau sering di sebut daring ini tentunya ada kelebihan dan kekurangnnya. kelebihan dalam hal ini ialah mengindari penyebaran covid-19 yang lebih luas agar peserta didik tetap terjaga kesehatannya. Sedangkan kelemahannya ialah tidak sesuainya saat pembelajaran daring berlangsung seperti metode belajar yang digunakan pendidik. 

Sedikit banyak pendidik hanya memberikan banyak tugas rumah tanpa adanya  komunikasi dua arah dan kontrol sehingga sangat menyulitkan peserta didiknya. 

Selain itu pembelajaran daring yang dilakukan peserta didik membutuhkan kuota internet, dalam hal ini tidak semua orang mampu membeli kuota internet dan jikapun mampu jaringan internet kurang mendukung sehingga pembelajaran daring kurang berjalan baik untuk dilakukan di desa terpelosok atau desa yang jaringan internetnya buruk.

Dalam pembelajaran daring pendidik membiarkan pelajarnya membuat berkreativitas pada pembelajaran yang pelajar dapatkan saat daring berlangsung. 

Masa pandemi covid-19 ini walaupun pembelajaran dilakukan secara daring dirumah, kita sebagai masyarakat harus tetap melakukan hal-hal positif, menaati peraturan dengan dirumah saja dan tentunya tidak lupa menjaga kesehatan. Akan tetapi masih banyak pelajar yang malas belajar di masa pandemi ini. 

Menyikapi rasa malas yang sering datang saat proses pembelajaran daring berlangsung, perlulah pelajar menyadari pentingnya pelajaran yang didapatkan, meskipun sedikit banyak pada saat pembelajaran daring mengalami kejenuhan karena kurangnya komunikasi yang baik dan kurangnya pengertian dari kedua orang tua mengenai pembelajaran daring ini, sedikit banyak orang tua hanya tau bahwa anaknya diliburkan tanpa adanya proses pembelajaran, hal ini sering terjadi pada kedua orang tua yang tidak memperharikan anaknya ataupun orang tuanya yang sudah berumur dan sering lupa.

Sebagai penulis yang juga mengalami hal seperti kejenuhan dan juga bosan karena pembelajaran daring yang dilakukan hanya seperti itu saja dan kurang membangkitkan minat belajar. Maka untuk mengantisipasi rasa malas yang sering terjadi tiba-tiba saya mendekor ruang belajar sedemikian rupa, supaya pada saat pembelajaran daring berlangsung tidak merasa jenuh. 

Saya menempelkan beberapa kata-kata motivasi di dinding dan juga note kecil diatas laptop, buku catatan atau di tempat yang sering dilihat. Adanya ruang belajar yang khusus saya buat saat pembelajaran daring ini, membuat sedikit banyak menambah semangat saya dalam mengikuti pembelajaran daring.

Perlu diperhatikan dalam mendekor ruang belajar haruslah membuat kita nyaman dan juga tenang. Saya menempelkan kertas dan note yang berisi motivasi, kerugian saat tidak belajar dan lain-lain. 

Tidak hanya itu saya juga memersiapkan air minum dan beberapa snack jika merasa lapar (hal ini dikarenakan sering kali saya lupa waktu untuk makan dan minum karena terlalu fokus dalam belajar), kipas angin jika gerah, dan kadang kala saya mendengarkan musik sambil mencatat hal-hal penting saat menerima materi, jika saya kelelahan saya akan berhenti sebentar dengan cara meregangkan bdan dan mencuci muka supaya segar kembali. 

Hal ini haruslah ada kesungguhan dari diri sendiri, jika tidak ada kesungguhan maka dekorasi untuk memotivasi belajar akan sia-sia saja, maka dari itu kata-kata motivasi, pergaulan di dunia internet dan juga seringnya mendengarkan perkataan motivasi sangatlah membantu dalam mengingatkan kita untuk kembali semangat belajar di masa pandemi  Covid-19 ini. 

Kata-kata motivasi yang saya gurnakan hanya untuk mendorong semangat saya dalam belajar. Walaupun sudah mendekor ruang belajar sedemikian rupa, tapi gangguan saat pembelajaran daring sangatlah banyak, karena daring dilakukan dirumah. 

Salah satunya jika saya sedang melakukan pembelajaran daring, saya memberi papan atau penanda didepan pintu kamar jika saya sedang belajar atau tidak. Karena gangguan belajar yang paling banyak terjadi adalah perintah dari orang tua. Maka dari itu sebelumnya saya selalu memberi tahu orang tuaa, jam-jam di saat pembelajaran daring berlangsung supaya meminimalisir gangguan belajar.

dok.istimewa
dok.istimewa

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun