Mohon tunggu...
Aimmatul Choiriyah
Aimmatul Choiriyah Mohon Tunggu... Guru - Manager english program
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya merupakan seorang penulis blog, Penerjemah, dan Pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Standart Menjadi Front Office Hotel Bintang 5

12 Agustus 2021   21:17 Diperbarui: 13 Agustus 2021   06:36 1922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo semua, Bagi kalian calon hotelier lulusan SMK perhotelan atau yang baru kuliah di kampus pariwisata, perhotelan dan kapal pesiar, mungkin memiliki goals untuk berkarir sebagai hotelier. Dalam berkarir di salah satu industri hospitaily sendiri tidak terbatas hanya di hotel darat juga lo, kalian juga bisa mencoba peluang untuk bekerja di hotel apung atau yang biasa mereka sebut kapal pesiar. Salah satu posisi strategis dan banyak diminati adalah front office. Jika kalian ingin menjadi staff front office disebuah hotel bintang lima baik di dalam maupun luar negeri kalian perlu mengetahui dan memenuhi syatat menjadi front ofice hotel bintang lima 

Tugas utama Front office bekerja adalah melayani dan membantu tamu. Utamanya, membantu para tamu seperti melakukan check-in,check-out, dan juga memberikan pelayanan produk yang dimiliki oleh hotel tempat dia bekerja. 

9 Syarat lolos seleksi front office hotel

Syarat administrasi

  1. Pria/Wanita
  2. Berusia antara 21 sampai 35 Tahun
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat.
  4. Berpenampilan menarik

Syarat lolos seleksi lanjutan

Pengetahuan dan ketrampilan hospitality : Seorang front office harus memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam memberikan service yang baik kepada para tamu, client,  new customer maupun loyal customers dalam penyambutan, berkomunikasi,  memberikan informasi,serta  memberikan pelayanan terkait kebutuhan reservasi. Jika kalian terjun dibagian ini, kalian harus Memiliki kepribadian ramah, baik, disiplin, jujur,  bertangung jawab dan taat asas. 

Mampu berkomunikasi dengan baik : Seorang front office harus memiliki skill komunikasi yang baik. Jika kalian adalah seorang lulusan sekolah perhotelan, tentunya ketrampilan hospitality telah mereka dapatkan, dan tinggal menyempurnakan ketika mereka memutuskan untuk berkarir di sebuah industri service seperti hotel khususnya hotel dengan lebel bintang 5 sudah pasti ekslusifitas pelayanan sangat diutamakan. dan memilih menjadi fornt office tentunya kalian harus memiliki profesional tinggi dan look at your best karena ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan penyambutan dan pelayanan kepada customer. 

Bahasa : Memahami bahasa indonesia dan inggris dengan baik secara lisan maupun tertulis sudah pasti penting dimiliki. Skil bahasa disini yang dimaksud adalah tau cara membedakan kapan menggunakan  bahasa formal kerja dan informal dalam sehari-hari. 

Jika kalian berkarir di hotel sekelas bintang lima sudah pasti kemampuan bahasa inggris menjadi catatan khusus yang akan sangat dipertimbangan apalagi posisi yang kalian ambil adalah posisi strategis dan yang pertama dijumpai para tamu, client dan juga customer dalam maupun luar negeri.

jika kalian belum mahir dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, setidaknya kalian mengetahui part-part dari bahasa inggris yang digunakan di dunia kerja yang related dengan pekerjaan yang kalian ambil.

kampung inggris LA bisa menjadi solusi tidak hanya untuk masalah bahasa, tetapi juga how to be good at communication person dan juga membuat kalian lebih mampu dan confident menggunakan bahasa inggris dengan benar yang related dengan kebutuhan industri.

Mampu menggunakan komputer :  Seorang front office harus familiar bekerja by mobile dan juga komputer. sebagai staff yang bekerja di depan dan melayani tamu tentunya pekerjaanya juga akan bersinggungan data. oleh sebab itu mereka harus mengusasai teknis dasar menggunakan komputer seperti Office untuk lebih memudahkan dalam penginputan data customer.

Mampu dan memiliki komitmen kerja : Seperti yang kita tau bahwa bekerja disebuah hotel terutama hotel terkenal dan berbintang lima umumnya memiliki pekerjaan yang sangat sibuk, dan sempurna tanpa kesalahan satupun. Jika kalian melakukan kesalahan dan sampai menimbulkan komplain dari costumer, maka kalian harus siap bertanggungjawab untuk menyelesaikannya.

Oleh sebab itu di hotel dibuat sistem shift agar semua staff nya dapat beristirahat dan tetap terlihat prima saat menjalankan pekerjaan mereka.

Nah itulah tadi syarat-syarat menajdi fornt office di hotel bintang lima. Jika kalian mengetahui point lain yang belum saya sebutkan diatas, kalain bisa tulis dikolom komentar ya.. Thanks and see ya!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun