Belakangan ini saya sering mendapatkan keluhan dari pembeli. Â Buku-buku bekas original yang saya jual ternyata harganya hampir sama dengan buku baru. Â
Komplain ini saya terima karena beban ongkos kirim yang sangat besar.  Apalagi buku original itu belum layak dikatakan sebagai  barang langka seperti Wiro Sableng karya Bastian Tito.Â
Nah, masalah ini akhirnya terjawab setelah menemukan pogram Q9 Sameday Service di sosial media. Â Program ini milik Pos Indonesia dengan jasa pengiriman sekaligus jemput ke rumah. Program Q9 Sameday Service ini hanya digunakan untuk pengiriman di dalam kota saja dengan batas maksimal barang sampai 9 jam saja.
Kenapa sih Q9 Sameday Service jadi solusi?
Sebagai penjual atau pengirim barang, tentu yang saya cari adalah harga murah.  Dalam program Q9 Sameday Service,  batas pengiriman termahalnya adalah Rp 15 ribu. Artinya ini setengah harga  dari jasa pengiriman pada Gojek dan Grab.
Sesuai instruksi dari program Q9 Sameday Service di sosial media, saya hanya perlu telepon call center Pos Indonesia 1500261 untuk memesan layanan.
Layanan di Jam Sibuk
Tidak sampai satu jam setelah saya memesan layanan, pak pos yang menyebut dirinya O-Rangers datang. Karena penasaran saya melontarkan pertanyaan singkat ke O-Rangers tentang jam layanan Q9 Sameday Service.
Kata O-Rangers, layanan Q9 Sameday Service hanya berlaku dari pukul 08.00 sampai 16.00. Kalau pesanan di waktu mepet seperti pukul 15.30, O Rangers akan menawarkan untuk pengiriman pada esok hari. Kalaupun pengirim tidak mau, O-Rangers bakal pamit untuk pergi.
Bisa Bungkus Barang  Â
Saking lama berbicang, saya baru ingat barang yang saya kirimkan belum dipaketkan. Â O-Rangers tiba-tiba menyanggah saya sambil menawarkan pemaketan kiriman. Â Pemaketan itu, katanya, sudah ada dalam program Q9 Sameday Service. Â Sebelum barang dikirimkan, O-Rangers akan pergi ke kantor pos terdekat untuk pemaketan kiriman.
Tidak Perlu Bayar Cash
Karena barang harus dipaketkan dulu, saya dibebani biaya tambahan. Â Biaya itu tidak bisa dipatok oleh O-Rangers. Yang jelas, kata si O-Rangers, pemaketan barang tersebut sangat murah. Untuk pembayaran jasa dan paket barang, saya diminta melakukan transfer sejumlah harga di resi. O-Rangers akan mengirimkan resi dan nomor rekening melalui pesan WhatsApp atau aplikasi lainnya sesuai keinginan pengirim. Â
Notifakasi Barang Sampai
Berselang dua jam, saya mendapatkan pesan singkat.  Pesan tersebut berasal dari Pos Indonesia yang menyebutkan barang saya sudah sampai dengan nama  dan nomor telepon penerima. Beruntung rasanya dapat program Q9 Sameday Service. Selain mengurangi beban harga, program Q9 Sameday Service bisa digunakan untuk pengiriman yang mendesak dan di jam sibuk kerja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H