Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memenuhi Penilaian Ujian Akhir SemesterÂ
Mata Kuliah Pengantar AdvertisingÂ
Dosen Pengampu :Â
Jamiati KN,S.I.Kom,M.I.Kom
Disusun Oleh :
Aidil Malik Ibrahim
NPM : 23010400134
PROGAM STUDI S-1 ILMU KOMUNIKASIÂ
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKÂ
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTAÂ
2024
Pengertian PeriklananÂ
Menurut Kotler dan Keller (2016),Periklanan adalah suatu bentuk sebuah komunikasi yang di bayar,yang bertujuan untuk menyampaikan pesan persuasif kepada audiens tertentu melalui media mass,dengan tujuan mempengaruhi perilaku konsumen. DSedangkan menurut Arens,Weigold dan Arens (2017),perilaku periklanan adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasiuntuk mempromosikan produk atau jasa mereka,dengan tujuan untuk menciptakan persepsi positif dimata konsumen dan mempengaruhi perilaku mereka.
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetetif,beriklan telah menjadi strategi yang tak terpisahkan dalam mencapai citra merek dan mencapaipasar yang tepat. Beriklan bukan hanya tentang mempromosikan produk atau jasa,tetapi juga merupakan langkah strategis untuk memperkuat posisisebuah merek di benak konsumen serta meningkatkan keungan.Artikel ini akan menguraikan manfaat utama dari beriklan dalam konteks membangun citra merek yang kuat dan menjangkau target pasar yang kuat dan menjangkau target pasar yang tepat.
A.Membangun citra merek yang tepat.
branding adalah salah satu elemen penting dalam membangun citra merek yang  kuat dan menarik.Branding yang baik dapat membantu merek anda di kenal oleh konsumen dan memperkuat posisi merek anda di pasar.Namun,membangun citra merek yang kuat tidaklah mudah.Diperlukan strategi efektif agar mencapai tujuannya.Berikut adalah beberapa strategi branding yang efektif uuntuk membantumembangun citra merek yang kuat.
1. Menentukan Identitas Merek Yang Jelas
Identitas merek yang jelas adalah salah satu kunci dalam membangun citra merek yang kuat. Identis merek mencakup logo,warna,dan slodgan yang konsisten.Identitas merek yang jelas akan membantu merek di kenali dan membedakan dari pesaing.
2.Membuat Konten Yang Berkualitas
konten yang berkualitas adalah salah satu faktor penting dalam membangun citra merek yang kuat,konten yang berkualitas akan membantu merek yang dikenal oleh konsumen dan memperkuat posisi merek anda di pasar,oleh karna itu. Pastikn anda membuat konten berkualitas seperti artikel,gambar,atau vidio relevan membantu memperkuat posisi anda di pasar.
3.Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen
salah satu strategi branding yang efektif dalam membangun citra merek yang kuat. Hubungan yang baik dengan konsumen akan membantu merek anda dikenal, Oleh karna itu,pastikan anda selalu merespon dengan cepat pertanyaan dan keluhan konsumen serta memberikan pengalaman kepada positif saat berintersi dengan merek anda.
4.Menggunakan Media sosialÂ
Pastikan anda menggunakan media sosial dengan efektif,gunakan media sosial dengan konsumen dan mempromosikan produk atau jasa anda.
5.Memiliki Website Yang Menarik
Website yang fungsional menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung dan memudahkan konsumen berinteraksi
B. Menentukan Strategi Pemasaran Yang TepatÂ
Beriklan juga memainkan peran penting dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis dimulai dengan mengetahui target pasar yang dituju. Strategi pemasaran pun menjadi lebih efektif dan efesien,juga menghemat biaya karna produk target dan jasa menjadi lebih tepat sasaran. Brikut adalah langkah langkah cara menentukan target pasar:
1. Memulai Dengan Asumsi
Mulailah dengan menganilisis target pasar potensial untuk produk anda
2.Mencermati Persaingan Pasar
Memahami kompetesi di pasar baik dari segi fitur harga maupun kemuahan pembelian
3.Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Memahami keinginan dan tren pasar
Â
Kesimpulan
dengan memanfaatkan iklan secara efektif,sebuah perusahaan tidak hanya dapat membangun citra merek yang kuat tetapi juga meningkatkanpotensi untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Dengan mengetahui target pasar mereka dan bagaimana cara yang baik berkomuniksi,perusahaan dapat memaksimalkan dampak dari setiap kampanye iklan yang diluncurkan dalam era dimana persaingan semakin ketat dan konsumen semakin cerdas,Beriklan adalah salah satu alat berharga untuk mencapai dan  mempertahankan keunggulan.
Referensi
Joseph Teguh Santoso, M.Kom.(2021).Bagaimana Menentukan Target Pasar. Diakses dari https://alumni.stekom.ac.id/artikel/bagimana-cara-menentukan-target-pasar
Sekar(2023).Strategi Branding yang Rfektif untuk Membangun Citra Merek yang Kuat dan Menarik.Diaksesdari https://mitramulia.com/blog/public/C_detailProduct/viewProducr/500/Strategi-Branding-yang-Efektif-untuk-Membangun-Citra-Merek-yang-Kuat-dan-Menarik
https://respository.umj.ac.id/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H