Mohon tunggu...
Aida Fatiya Rahmah
Aida Fatiya Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Teknik Arsitektur

Mahasiswa Pendidikan Teknik Arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penguatan Pembelajaran Daring di MI Tahfidz Al-Fatah Kabupaten Bogor, KKN Tematik UPI 2021

28 Juli 2021   00:41 Diperbarui: 28 Juli 2021   00:46 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan KKN Tematik UPI 2021 secara daring. (dokpri)

Pandemi virus corona (COVID-19) di Indonesia memberikan sejumlah dampak pada sejumlah sektor, khususnya pada bidang pendidikan. Semenjak pandemi COVID-19 pemerintah menghentikan kegiatan belajar-mengajar tatap muka di sekolah. Pada akhirnya anak-anak harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebijakan PJJ ini membuat belajar yang sebelumnya bertahap muka dilakukan melalui daring atau online. Dalam surat edaran No 4 tahun 2020, Mendikbud, Nadiem Makarim menyebutkan belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna untuk siswa.

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa Pandemi COVID-19. Tema KKN Semester genap UPI 2021 ini yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi COVID-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM) yang bertujuan untuk menanggulangi dampak dari pandemi  COVID-19. Kegiatan KKN dimulai dari tanggal 1 Juli sampai tanggal 30 Juli 2021. Tentunya karena kebijakan PPKM saat ini, Mahasiswa diminta melaksanakan Kegiatan KKN secara daring dan bekerjasama dengan mitra (Sekolah/Desa) di daerahnya masing-masing.

Pelaksanaan KKN Tematik UPI 2021 secara daring. (dokpri)
Pelaksanaan KKN Tematik UPI 2021 secara daring. (dokpri)

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Aida Fatiya Rahmah melakukan kegiatan KKN Tematik dan memilih program membangun desa melalui bidang pendidikan berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Al-Fatah, Kabupaten Bogor. Kegiatan KKN di mulai dari memaparkan program sampai pelaksanaannya dilakukan secara daring dengan komunikasi via whatsapp. Kepala Sekolah menyambut dengan baik dan menerima kerjasama dengan mahasiswa UPI untuk melaksanakan kegiatan KKN.

Salah satu yang menjadi kendala sekolah dalam pembelajaran jarak jauh yaitu media belajar menggunakan video pembelajaran. Sebelumnya video pembelajaran hanya berupa guru menjelaskan materi saja secara lisan, karena jika menjelaskan di papan tulis, tulisan pada papan tidak terlihat di rekaman video, Maka dari itu kepala sekolah meminta mungkin mahasiswa lebih mengerti perihal multimedia dan bisa mengedit video pembelajaran agar terdapat penjelasan materi secara visual dalam video. 

Sebagai solusi untuk lebih mengefektifkan pembelajaran daring, mahasiswa upi, Aida membuat video pembelajaran interaktif dari Power Point. Kelebihannya materi pelajaran dapat disampaikan secara jelas oleh Power Point, dan ditambah adanya penjelasan  lagi berupa rekaman suara, serta desain Power Point yang menarik agar anak-anak tertarik untuk belajar dengan semangat.

Dalam bidang pendidikan, power point tidak hanya digunakan untuk presentasi tetapi dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Hal ini dikarenakan tampilan dari power point dapat dibuat menarik dan interaktif. Dan power point merupakan aplikasi yang paling mudah didapat dan sebagian besar orang mungkin bisa menggunakannya. Hasil akhir media pembelajaran ini berupa video, pemberian materi pelajaran berupa video agar anak-anak lebih fleksibel menontonnya dirumah dan bisa mengulang-ulang kembali. 

Power point sebagai media pembelajaran efektif di masa pandemi. (Dokpri)
Power point sebagai media pembelajaran efektif di masa pandemi. (Dokpri)

Power point sebagai media pembelajaran efektif di masa pandemi. (Dokpri)
Power point sebagai media pembelajaran efektif di masa pandemi. (Dokpri)
  Tahapan membuat media pembelajaran menggunakan power point antara lain :
  1. Merangkum materi bab pelajaran yang akan dibahas

  2. Mendesain power point semenarik mungkin, contohnya diberi beberapa gambar menarik yang bersangkutan dengan materi ataupun hanya sebatas hiasan, diberi animasi pada setiap kalimat/gambar, dan translation pada slide.

  3. Mempresentasikan hasil powerpoint seperti biasa tetapi direkam dengan screen recording dan voice recording (bisa menggunakan aplikasi bawaan pada laptop/pc atau aplikasi sejenis seperti bandicam) jangan lupa menggunakan microphone agar hasil suara lebih jernih.

  4. Editing video menggunakan aplikasi sejenis untuk merapikan bagian-bagian rekaman yang salah dan harus dihapus/dipotong.

Poster edukasi pendampingan pembelajaran daring. (Dokpri)
Poster edukasi pendampingan pembelajaran daring. (Dokpri)

Kegiatan lainnya berupa pembuatan media edukasi untuk siswa dan orang tua. Pembuatan media edukasi berupa poster-poster edukatif yang ditujukan untuk pendampingan siswa dan orang tua dalam melalui pembelajaran daring antara lain "Tips Sukses Dampingi Anak Belajar Dirumah", "Kegiatan Menyenangkan agar tak jenuh selama belajar dirumah", dan sebagainya. Poster-poster edukasi tersebut diharapkan dapat sedikit memberikan informasi dan manfaat untuk para orang tua khususnya lebih semangat dalam membimbing anak melalui pembelajaran jarak jauh ini.

kegiatan webinar parenting. (dokpri)
kegiatan webinar parenting. (dokpri)

Selain melakukan pembuatan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan membuat media edukasi untuk pendampingan siswa dan orang tua melalui pembelajaran daring Pada Jum'at, 23 Juli 2021 ikut melaksanakan pendampingan orang tua dengan mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh salah satu kelompok KKN UPI dengan tema 'Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar di rumah' bersama narasumber Ika Mustika Sari, S.Pd., M.Pfis. yang merupakan dosen pendidikan fisika UPI dan ibu rumah tangga. Diharapkan para orang tua dapat memaksimalkan perannya dalam membimbing anak selama belajar di rumah, karena pada masa pandemi ini peran orang tua sangatlah  penting dalam suksesnya pembelajaran daring karena orangtua/wali murid lah yang akan selalu mendampingi anak-anaknya dirumah.

Walaupun dengan segala keterbatasan dan kekurangannya melaksanakan kegiatan KKN secara daring di masa pandemi COVID-19, kegiatan KKN Tematik membangun desa melalui bidang pendidikan ini dapat terselesaikan dengan baik tentunya karena dukungan semua pihak yang terlibat. Diharapkan dengan adanya KKN Tematik 2021 yang diselenggarakan LPPM UPI ini para mahasiswa yang mengikuti dapat ikut serta membantu menanggulangi dampak COVID-19 di bidang pendidikan dan ekonomi dan juga menjadi manusia yang lebih bermanfaat kedepannya. Semoga para guru dan orang tetap semangat dan selalu berkerjasama dalam mendampingi dan membimbing anak-anaknya selama pembelajaran daring dirumah.

Nama         : Aida Fatiya Rahmah

Kelompok  : 28

DPL           : Dr. Nida'ul Hidayah S.Si, M.Si.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun