Mohon tunggu...
Ahmed Tsar Blenzinky
Ahmed Tsar Blenzinky Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger | Content Creator | Sagitarius

Co-Founder BRid (Blogger Reporter Indonesia) | Sekarang Lebih Aktif di https://ahmedtsar.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengapresiasi Iklan Kompasiana

30 Januari 2010   03:13 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:11 616
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Koleksi Pribadi

Minggu pagi tanggal 17 Januari 2009 ketika membaca Kompas, saya masih belum sadar ada iklan Kompasiana. Padahal saya membolak-balik koran itu untuk membaca artikel khas Kompas Minggu, berulang-ulang. Saya baru disadarkan ketika membaca postingan admin. Melihat iklan tersebut, terbersit pertanyaan: apa pesan dan maksud dari iklan tersebut?

Ada kajian tersendiri untuk mengetahui jawaban ini. Di antaranya copywriting. Maksudnya selain sebagai komponen pembuat iklan, copywriting juga berfungsi membedah iklan yang sudah diinformasikan. Ada sebuah buku bagus untuk memandu seseorang dalam membaca iklan. Yakni, Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Buku ini ditulis oleh Agustrijanto.

Anda tertarik membuat iklan? Ya, untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda hasilkan terus-menerus. Ternyata untuk memproduksi iklan, diperlukan seperangkat pertanyaan yang disebut creative brief. Menurut penulis, creative brief mendeskripsikan lembaran-lembaran kertas yang berisi berbagai rambu kreatif (hlm.61).

Akan tetapi, sebelum membuat iklan ada baiknya kita mengapresiasi dua iklan Kompasiana dengan alat creative brief  juga. Jadi, kalau kita mampu mengisi creative brief, secara tidak langsung kita akan terasah untuk membuat iklan. Berikut isi dari creative brief:

Objective : _________________________________________________

(tujuan yang ingin dicapai dari perencanaan iklan ataupun desain)

Product Brief Summary (analisa produk)

Product Identity (identitas produk)

Fisik : _________________________________________________

(karakter produk dari sisi fisik)

Non fisik : _____________________________________________

(karakter produk dari sisi non fisik)

Positioning : _________________________________________________

(penempatan produk di pasar dengan mengacu pada sesuatu hal yang khas dari produk tersebut)

Differentiation : _________________________________________________

(ciri khas produk dibanding dengan produk lain)

Market Share : _________________________________________________

(area pemasaran produk)

USP (Unique Selling Point) : ______________________________________

(faktor khas produk yang memiliki daya jual tinggi)

Consumer Benefits (alsan-alasan tentang keuntungan)

Rational : _________________________________________________

(Keuntungan yang didapat konsumen dari sisi rasional)

Emotional: ________________________________________________

(Keuntungan yang didapat konsumen dari sisi emosional)

Client mandatories: _______________________________________________

(catatan order dari klen baik secara fisik maupun non fisik)

Media characteristics : _____________________________________________

(analisa karakter media yang akan digunakan dari sisi ujuran, warna penyebaran dan lain-lain)

Strategic approaches : _______________________________________________

(gaya, strategi pendekatan atau pun cara berkomunikasi yang akan digunakan dalam perencanaan iklan atau desain)

Adv. Message : ________________________________________________

(pesan utama yang akan disampaikan oleh iklan atau deain yang dibuat)

Theme : ______________________________________________________

(tema kreatif atau ide dasar dari perencanaan iklan atau desain)

Concept/idea : ________________________________________________

(alasan dari pengambilan tema atau ide dasar)

Consideration aspects : _________________________________________

(hal-hal yang harus menjadi pertimbangan dalam merancang iklan atau desain. Hal tersebut bisa bertolak dari target audience, jenis dan karakter media, penempatan di media dan lain-lain).

COPYPLATFORM

(platform yang medasari terbentuknya suatu karya copywriting yang didasari adv.message, theme, concept/idea, consideration aspects dan communication approaches).

Promised : _________________________________________________

(janji dan keuntungan yang ditawarkan oleh produk kepada audience)

Copy elements : ____________________________________________

(unsur-unsur yang melekat kuat dalam suatu karya copy)

Headline : ___________________________________________

(pemilihan judul yang mewakili inti dari komunikasi secara keseluruhan disertai alasannya)

Sub headlines : _____________________________________________

(pemilihan sub judul yang mewakili inti dari komunikasi secara keseluruhan disertai alasannya)

Body Copy : _______________________________________________

(pemilihan teks secara keseluruhan disertai alsannya)

Slogan /tag lines : ___________________________________________

(pemilihan slogan yang mewakili produk yang disertai alsan-alasannya)

Sumber : Buku Copywriting (Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan) karya Agustrijanto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun