[caption id="attachment_341196" align="aligncenter" width="640" caption="Sumber: kursrupiah.net"][/caption]
Sejauh mata memandang, lantai dua Gandaria City tenant-tenantnya berisi kebutuhan perut. Namun ada yang lain. Letaknya di pojok. dekat dengan gerai masakan Jepang atau di sebelah kanannya.
Jika masuk ke gerai yang lain itu, saya tak menemukan deretan meja kursi santapan makanan. Saya juga tak akan melihat deret makanan jadi, terpajang di kotak kaca. Apalagi hanya sekedar kertas menu masakan pesanan, dicari sampai menanyakan petugasnya di situ tidak bakal ketemu.
Mengapa gerai ini unik sendiri, berani membuka usaha jasanya di antara bisnis foodcourt? Setidaknya ada dua pilihan jawaban yang bertentangan. Tindakan bunuh diri atau sebaliknya, inovasi out of the box.
Untuk pilihan pertama, rasanya sangat tidak mungkin karena pemilik gerai itu pemain lama yang berbisnis di usaha jasa. Tidak hanya sekedar pemain lama, namun usaha jasanya sudah jadi industri dan ternama. Artinya, ada tujuan-tujuan tertentu yang (lagi-lagi) out of the box dan tentunya sangat bermanfaat.
Sebagai pemain lama, tentu pemilik gerai itu sangat paham dengan nilai inovasi bisnis yang mempunyai dua prinsip. Dua prinsip tersebut harus dilaksanakan sekaligus agar banyak customer menyukainya lalu berlanjut ke loyalitas tanpa batas. Dua prinsip inovasi bisnis itu adalah: Produk bisnis hasil inovasi bermodel baru dan produk bisnis itu harus berguna bagi orang banyak.
Kembali ke lantai dua di Mall Gandaria City Jakarta, lokasi gerai unik itu berada. Apa saja model baru yang diterapkan pemain lama di tenant itu pada produk jasa keuangannya? Tidak lain dan tidak bukan adalah model inovasi yang berbentuk branchless and paperless.
Branchlessadalah model inovasi baru yang meniadakan model lama berbentuk kantor formal. Mudahnya, bedakan antara arti kantor formal dan gerai. Nah kalau sudah tahu bedanya, berarti tahu mana yang model inovasi lama dan mana yang model inovasi baru.
Perbedaan yang mencolok antara kantor formal dan gerai terletak pada karyawan yang melayani customer atau pelanggan baru. Jika masuk ke gerai jasa keuangan yang terletak di lantai dua Gandaria City, di depannya Anda tidak akan pernah berhadapan dengan security, beda kan dengan kantor formal di pinggir jalan misalnya? Tidak hanya securityyang menghilang dari model kantor informal itu, tetapi juga banyak karyawan (yang biasanya duduk di belakang meja siap melayani anda atau customer lainnya), berganti menjadi hanya segelintir orang petugas jaga (Duty Officer) saja.
Itulah salah satu model inovasi terbaru dari gerai yang bernama myBCA. Tidak asing dengan nama BCA? Ya kepanjangan dari singkatan BCA tidak lain dan tidak bukan adalah Bank Central Asia, salah satu bank swasta terbesar yang telah 57 tahun melayani nasabahnya.
Kembali ke salah satu model inovasi baru dari myBCA, yaitu branchless. Jika tidak ada banyak karyawan BCA yang melayani di sana lalu apa saja yang akan anda temui di myBCA? Anda akan menemukan peralatan ataumesin yang mengandalkan teknologi, di antaranya:
Digital Information. Letaknya yang di depan membuat mesin ini berfungsi seperti resepsionis. Sebagaimana jobdesk seseorang resepsionis, mesin digital informasi mengenalkan kepada saya yang baru datang di myBCA dengan profil dan informasi dasar segala produk BCA
Mesin ini menggunakan teknologi layar sentuh untuk mengeksplorasi berbagai macam profil dan informasi produk. Jika ada informasi produk BCA yang penting bagi saya tapi tak sempat membaca atau mengeksplorasinya lebih lanjut, di mesin ini ada fitur pengiriman informasi ke email pribadi.
FlazzMachine. Sesuai dengan namanya, mesin ini menjual otomatis kartu "dompet mini berjalan" Flazz. Jika saya sedang membutuhkan kartu prabayar multifungsi, maka saya bisa membeli kartu Flazz di mesin yang fungsinya mirip vending machine ini. Setelah memasukkan uang tunai, maka mesin ini akan secara otomatis mengeluarkan kartu Flazz sesuai pilihan.
Halo BCA Video Call. Di lapis ketiga myBCA terdapat Halo BCA Video Call. Jadi jika adapertanyaan, kebutuhan atau kendala seputar tabungan atau kartu kredit BCA (seperti blokir ATM, menaikkan limit kartu kredit BCA, dsb), kita tinggal angkat telepon dan nantinya di layar di depan kita akan muncul Agent Halo BCA yang siap membantu.
Begitu terhubung dengan layanan video call, saya bisa bertanya atau minta disolusikan apa saja yang terkait dengan BCA. Saya tak perlu khawatir berbicara lama dengan Agent Halo BCA by video call karena tidak dikenakan biaya pulsa percakapan.
Digital Form. Dengan menggunakan teknologi layar sentuh, mesin ini berfungsi untuk melakukan transaksi melalui klikBCA (internet banking) dan digital form. Digital form adalah layanan formulir digitl dari BCA yang melayani transaksi pengajuan kartu kredit, pengajuan KPR, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Sepeda Motor (KSM).
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berderet rapih menempel di dinding myBCA.
 [caption id="attachment_341197" align="aligncenter" width="800" caption="Searah jarum jam berputar; Digital Information, Flazz Machine, Halo BCA dan Digital Form"]
Lima mesin teknologi tadi membuat myBCA benar-benar disebut layanan jasa keuangan BCA yang branchless. Walaupun branchless, saya tidak khawatir kehilangan rasa aman dan nyaman karena di myBCA saya malah masih mendapat dua rasa itu ditambah privasi makin terjaga, mudah dan flexibel serta excited mencoba pengalaman baru.
Paperless and useful
Sesudah beriteraksi dengan lima mesin di myBCA, saya penasaran dengan dua ruang yang mirip kotak kamar berdinding dan berpintu kaca.
Setelah masuk ke dalam ruang berkaca ini, saya baru tahu mesin ini bernama Video Banking BCA. Mesin ini adalah tempat untuk membuka Tahapan Xpresi. Selain itu juga bisa untuk aplikasi kartu kredit serta layanan ganti kartu Paspor Tahapan Xpresi dan pengajuan key BCA.
 [caption id="attachment_341206" align="aligncenter" width="800" caption="Searah Jarum Jam Berputar; Dua Kamar Tahapan Xpresi, Layanan Panduan Video Dari Agent Halo BCA, Digital Scan Dan Tandatangan Serta Digital Cash Payout (Alat Menabung) Dan Digital Sensor Pengaktifan Key BCA"]
Tentu saya berinteraksi dengan Video Banking BCA ini karena memang saya ingin memaksimalkan layanan one stop service di myBCA. Setelah berinteraksi sekitar 25 menit, jadilah rekening Tahapan Xpresi. Kerennya, Tahapan ini tanpa buku tabungan. Jadi selain branchless,di myBCA nyaris saya tak menemukan media kertas yang digunakan untuk bertransaksi (paperless).
Bentuk inovasi bisnis di myBCA membuat saya berpikir ketika makan siang di salah satu Foodcourt masih di lantai dua Gandaria City."Seandainya para pemilik gerai-gerai masakan dan makanan siap saji dan santap ini, tahu dan mengerti ada Tahapan Xpresi yang mengedepankan e-banking, sangat dimungkinkan perilaku transaksi mereka dengan para pelanggannya akan berubah."
 Cara lama yang menggunakan alat gesek kartu debet akan berganti menjadi tranfer antar rekening melalui KlikBCA dan M-BCA. Dalam bisnis, tentunya inovasi tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Jadi, kita tunggu saja inovasi-inovasi apa lagi yang akan datang?
 [caption id="attachment_341204" align="aligncenter" width="448" caption="Kartu Debet Dan Key BCA Tahapan Xpresi Serta Bonus Jam Digital Berwarna-Warni"]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H