Kampus Mengajar Batch 4 kembali berjalan tahun ini yang disambut antusias oleh 14.504 mahasiswa dari seantero Indonesia. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 1 Agustus 2022 dan telah selesai per tanggal 2 Desember 2022 lalu. Tim kami merupakan salah satu dari banyak tim yang telah terjun dalam kegiatan ini. Sebanyak 4 (empat) mahasiswa terdapat pada tim kami yang bertugas di SMP Daarun Ni'mah Kota Depok, diantaranya yakni Ahmad Zidane (UNEJ), Syarifah Helmiah Alamry (UNSIKA), dan Ajeng Dias Azzahra serta Tiara Amanda yang masong-masing berasal dari UNINDRA. Kami datang membawa asa yang diamanahkan kepada kami yakni meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Selain itu, kami juga membawa misi untuk mengembangkan adaptasi teknologi dan membantu administrasi.
      Pada pelaksanaanya, tentu banyak sekali dinamika yang terjadi. Pengamatan awal kami lakukan melalui observasi dan beberapa kali mewawancari unsur-unsur sekolah sepert kepala sekolah, guru, perangkat sekolah, dan tentunya siswa SMP Daarun Ni'mah. Kami menemukan bahwa banyak permasalahan fundamental yang menghambat siswa dalam proses pembelajaran,diantaranya adalah kurangnya kesadaran akan literasi, pola belajar guru yang membuat siswa tidak nyaman, kegiatan ekstrakurikuler dan keorganisasian OSIS yang tidak terorganisir dengan baik, sampai masih adanya beberapa siswa yang belum bisa membaca dan berhitung layaknya siswa SMP.
      Untuk memberantas permasalahan tersebut, kami hadir dengan program-program yang sebelumnya telah kami rapatkan bersama dengan dosen pembimbing lapangan kami, yakni bapak Hafifuddin, M.M, yakni diantaranya :
a. Festival Bulan Bahasa
Program ini merupakan program di bidang literasi yang dibuat dalam rangka perayaan bulan bahasa dan Sumpah Pemuda yang bertepatan di bulan oktober. Festival bulan bahasa dengan tajuk 'Sastra Aksara Gala' ini menampilkan drama teatrikal dengan bahasa indonesia yang merupakan penampilan speial dari tiap kelas di SMP Daarun Ni'mah.
b. Pengaktifan Perpustakaan
Pengaktifan perpustakaan di SMP Daarun Ni'mah merupakan program di bidang literasi dimana dalam program ini, kami merapihkan perpustakaan, menata ulang, hingga pengadaan buku sehingga perpustakaan dapat menjadi layak untuk dijadikan ruang membaca siswa.
c. Perayaan HUT RI
Program ini bergerak di bidang literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Pada bulan kemerdekaan, agustus lalu, kami membantu sekolah dalam menyiapkan perayaan 17 agustus mulai dari persiapan panitia, menyiapkan acara sampai dengan pelaksanaan. Tidak hanya itu, kami juga mengajarkan panitia (OSIS) tentang menyusun acara yang baik, membuat desain untuk banner dan membuat proposal kegiatan.
d. Regenerasi OSIS
Program ini bergerak di bidang literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Pada program ini mencakup beberapa kegiatan yaitu Open Recruitment OSIS, Debat Paslon Ketos Waketos, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, LDKO serta sertijab. Program ini bertujuan untuk mengenalkan serta mengajarkan siswa tentang pentingnya berdemokrasi.
e. Kita Baca Kita Hebat
Kita Baca Kita Hebat adalah Program mingguan yang kami laksanakan tiap minggunya untuk siswa agar lebih giat lagi membaca. Kami mengontrol hasil bacaan para siswa dengan kartu control yang akumulasinya akan dijadikan sebagai acuan Duta Membaca
f. Duta Membaca
Duta Membaca merupakan program apresiasi kepada siswa yang memiliki progress membaca terbaik. Kami melakukan penobatan setiap hari senin setelah upacara.
g. PAPIN (Papan Pintar)
Papan pintar merupakan program simulasi belajar menggunakan permanan, yakni semacam undian soal bagi para siswa pada mata pelajaran matematika kelas 8.
h. MADING (Majalah Dinding)
Majalah Dinding merupakan program mingguan yang bersifat informatif atas peristiwa yang terjadi pada sewaktu-waktu. Mekanisme program ini dijalankan secara bergantian antar kelas.
i. Mengajar Di Kelas (IPS, Bahasa Inggris)
Saya pribadi turut membantu mengajar dalam pelajaran IPS dan Bahasa Inggris, saya mengajar IPS di kelas 8 dan mengajar Bahasa Inggris di kelas 7.
     Â
Melalui program-program tersebut kami mengharapkan adanya suatu perubahan yang terjadi. Semua program tersebut telah berjalan dengan sesuai rencana, walaupun ada beberapa hambatan dan ketidaksesuaian hasil yang diharapkan. Tetapi kami yakin bahwa program Kampus Mengajar IV yang telah kami laksanakan di SMP Daarun Ni;mah Kota Depok telah memberi dampak kemajuan bagi sekolah terkait sebagaimana yang dicita-citakan oleh Kampus Merdeka dan Bapak Menteri Pendidikan selaku penggagas dari program ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H