Oleh :
H. AHMAD TURMUZI
Calon Guru Penggerak Ankatan 4 -- Kabupaten Lombok Timur
 Pada minggu ketiga ini, pembelajaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 Kabupaten Lombok Timur, masih dilanjutkan dengan sisa materi modul  1.1, yaitu 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi -- Kesimpulan dan Refleksi Penikiran Ki Hajar Dewantara (KHD), dan 1.1.a.10. Aksi Nyata -- Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara di Kelas dan Sekolah.
Materi 1.1.a.9 dilaksanakan pada Senin, 1 Nopember 2021. Pada fase ini, CGP diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari pembelajaran 1 (satu) hingga pembelajaran 6 (enam) dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah dipelajari. CGP diarahkan untuk dapat memetik benang merah dari materi yang sudah dipelajari. Pada dasarnya CGP didorong untuk memiliki kesadaran tentang pentingnya mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan mempedomani filosofi KHD. Untuk mengetahui sejauh mana telah memahami materi yang telah dipelajari, CGP diberikan tugas berupa Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran KHD. CGP diberikan kebebasan untuk memilih media tayang untuk hasil tugasnya.Â
Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas masing-masing CGP. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya. Saya memilih menulis sebuah artikel dan saya unggah ke dalam laman blog Kompasiana dengan judul "Kesadaran Mewujudkan Merdeka Belajar". Berikut ini alamat link untuk atikel tersebut.Â
Tugas ini memberikan ruang kepada para CGP untuk mengasah kemampuan berpikir dan kreatif dalam berkarya melalui pilihan media yang disarankan. Saya sadar ini tidak mudah. Tapi saya berkeyakinan, di sekeliling kita pasti ada orang-orang hebat yang bisa menunjukkan jalan terang menuju ke arah itu. Dan itu saya rasakan, membantu.
Setelah menyelesaikan tugas koneksi antar materi, kemudian pada Selasa, 2 Nopember 2021, pembelajaran dilanjutkan dengan materi 1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran KHD di Kelas dan Sekolah. CGP diberikan tugas untuk merancang aksi nyata. Tugas ini merupakan bentuk implementasi dari materi yang sudah dipelajari dalam modul 1.1 tentang fisolofi pendidikan Indonesia KHD. Karena ini merupakan tugas dalam bentuk aksi nyata, saya tidak dapat menyelesaikan tugas ini dalam waktu satu hari.Â
Saya butuh waktu banyak hari untuk dapat menyelesaikannya. Untuk menyelesaikan tugas ini, kami mendapat penjelasan dan arahan dari fasilitator melalui grup whatsapp. Setelah melalui pertimbangan, saya memilih tugas melakukan aksi nyata di kelas dan sekolah. Aksi nyata penerapan pemikiran KHD di kelas, saya lakukan melalui pembelajaran diskusi kelompok aksi (aktif, kreatif, sederhana, inovatif). Sedangkan aksi nyata di sekolah, saya lakukan dengan merekam pelaksanaan program-program kegiatan yang mendukung terwujudnya karakter pelajar Pancasila (profil pelajar Pancasila). Bagi saya, menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan, tidaklah gampang. Tapi saya harus tetap belajar, berusaha dan bekarya, sampai batas kemampuan yang saya bisa. Apalagi ada fasilitator dan teman-teman CGP lainnya yang energik dan memberikan inspirasi bagi saya.
Ketika mulai merancang program aksi nyata, kegiatan pembelajaran modul 1.2 dimulai. Kegiatan pembelajaran modul 1.2 mulai pada Rabu, 3 Nopember 2021, diawali dengan kegiatan 1.2.a.1 Pendahuluan Modul 1.2. Kegiatan dalam pendahuluan ini adalah menonton vidio  pengantar dari instruktur. Kemudian dialanjutkan dengan kegiatan 1.2.a.3. Mulai Dari Diri -- Nilai dan Peran Guru Penggerak. Disini, kami diberi tugas menyimak sebuah tayangan dan penjelasannya mengenai trapesium usia. Selanjutnya, setiap CGP diharuskan membuat trapesium usia sendiri melalui aplikasi yang telah disediakan di Learning Management System (LMS). Ini dimaksudkan agar setiap CGP dapat mengenal dirinya sendiri melalui trapesium usia. Lewat trapesium usia, CGP mengingat kembali peristiwa masa lalu yang bisa diambil pelajarannya untuk pembelajaran yang dilakukannya saat ini.